Kita Sering Membuang Uang Tanpa Sadar

Kita Sering Membuang Uang Tanpa Sadar

BIBLIOTIKA - Ada begitu banyak orang yang tanpa sadar membuang-buang uangnya untuk hal-hal yang tak memberikan manfaat atau yang hanya sekedar bersifat memuaskan nafsu atau kecanduannya semata. Apa yang menyangkut sebagai ‘kecanduan’ ini tidak sekedar hal-hal yang terkesan negatif, namun segala hal yang kita lakukan secara berulang-ulang atau secara terus-menerus pun bisa mengakibatkan kecanduan.

Masuk kafe atau diskotik, misalnya. Tidak semua orang yang masuk ke kafe memang membutuhkan hiburan musik live atau suasana yang tenang, dan tidak semua orang yang masuk diskotik memang membutuhkan hiburan. Ada begitu banyak dari mereka yang masuk ke kafe atau diskotik hanya karena didorong oleh perasaan kecanduannya; mereka sepertinya akan menderita sakit kepala kalau tidak melakukannya.

Kemudian berkirim SMS yang tak bermanfaat—itu pun bisa menjadi suatu candu yang terus-menerus menggerakkan orang untuk melakukannya dan terus melakukannya. Ada orang yang sepertinya akan menderita sakit perut kalau tidak berkirim SMS dalam satu harinya.

Saya sendiri tidak berlangganan koran secara harian, namun saya selalu ‘memborong’ koran edisi Minggu. Jadi, setiap minggu sekali, saya akan datang ke toko buku dan kemudian membeli sejumlah koran yang terbit pada hari Minggu. Biasanya ditambah beberapa majalah atau tabloid yang kebetulan memiliki headline menarik.

Aktivitas membeli koran pada hari Minggu ini karena didasari oleh kenyataan yang saya ketahui bahwa koran-koran edisi Minggu lebih banyak memuat ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dan saya lebih suka membaca hal-hal seperti itu dibanding hanya sekedar menikmati berita.

Namun, seiring dengan tingkat kesibukan saya, lama-lama saya tak memiliki waktu lagi untuk menikmati isi koran-koran Minggu itu, namun saya sudah tak bisa melepaskan diri untuk tidak membelinya. Di sinilah ‘kecanduan’ itu bekerja.

Yang kemudian terjadi adalah bahwa saya membeli koran-koran dan majalah itu pada hari Minggu dan kemudian seringkali hanya menjadi onggokan bacaan yang tak sempat saya sentuh. Yang menggerakkan hal itu kemudian bukan lagi faktor kebutuhan akan pengetahuan dan informasi baru, namun hanya sekedar karena kecanduan semata-mata.

Jadi, kinilah saatnya untuk mengevaluasi ‘kecanduan-kecanduan’ yang mungkin juga Anda alami, yang selama ini telah menggerogoti sekian banyak uang Anda. Ketika sesuatu dilakukan karena kebutuhan, maka uang yang dikeluarkan memang tidak terbuang percuma karena faktor ‘kebutuhan’ memang mendatangkan manfaat yang memang dibutuhkan.

Tetapi ketika sesuatu dilakukan karena kecanduan semata, maka uang yang dikeluarkan menjadi hanya terbuang percuma karena faktor ‘kecanduan’ tidak mendatangkan manfaat selain hanya sekedar kepuasan atau hanya semacam perasaan ‘terbebaskan’.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.