Kiat Sehat Sambil Berhemat Uang

Kiat Sehat Sambil Berhemat Uang

BIBLIOTIKA - ‘Penyakit’ pada jaman sekarang yang banyak dikeluhkan orang adalah soal berat badan yang tak terkendali. Kelebihan berat badan ini memiliki banyak penyebab, dan salah satunya adalah karena hobi ngemil. Bukan hal yang aneh lagi kalau melihat orang yang duduk menonton televisi sambil menikmati snack atau makanan ringan.

Ngemil sudah menjadi kebiasaan banyak orang di masa kini, bahkan kebiasaan ngemil ini juga seringkali dilakukan ketika melakukan aktivitas kerja sehari-hari. Sebagaimana bentuk ‘kecanduan’ yang lain, orang yang sudah kecanduan ngemil pun sepertinya tak bisa atau sulit melepaskan kebiasaan itu.

Bertolak dari kenyataan semacam itulah, saat ini ada begitu banyak produksi makanan ringan yang bisa kita dapatkan di toko atau supermarket manapun. Saat ini, orang dapat menikmati camilan enak dengan mudah, kapanpun ia menginginkannya. Karena namanya makanan ringan, tentu saja tidak mengenyangkan. Snack atau makanan ringan memang tidak berfungsi mengenyangkan, namun hanya sekedar untuk memenuhi ‘kecanduan’ ngemil.

Kalau kebetulan Anda juga ‘terjangkit’ penyakit ngemil ini, tak ada salahnya untuk mulai mengubah kebiasaan tersebut. Tentu saja Anda mungkin merasa kesulitan untuk menghapusnya atau meninggalkannya sama sekali.

Karenanya, solusi untuk hal ini adalah mengubah makanan yang dikonsumsi sebagai camilan itu. Kalau selama ini Anda biasa mengkonsumsi makanan ringan buatan pabrik yang tersedia di toko-toko, ubahlah camilan Anda dengan jajan atau camilan buatan sendiri.

Sebagaimana yang Anda tahu, makanan-makanan ringan produksi pabrik selalu melibatkan bahan kimiawi yang belum tentu positif bagi tubuh. Selain itu, kandungan bahannya juga terkadang kurang menguntungkan bagi kesehatan.

Karenanya tidak heran kalau orang yang biasa mengkonsumsi snack kemudian mengalami masalah dengan berat badan. Jika Anda membuat makanan ringan sendiri, maka Anda bisa memperhitungkan bahan-bahannya, kadar kalori, penggunaan gula, dan lain-lainnya, yang tentunya akan lebih sehat untuk dikonsumsi.

Dengan membuat dan menikmati jajanan atau camilan sendiri, Anda juga akan banyak menghemat pengeluaran Anda. Makanan ringan yang Anda beli di toko mungkin tidak mahal, namun bukankah Anda membelinya secara berulang-ulang? Karenanya, lebih baik hentikan saja mengkonsumsi makanan ringan produksi pabrik yang belum tentu menyehatkan, dan buatlah jajanan sendiri di rumah.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.