Kiat Menyesuaikan Simcard dengan Kebutuhan

Kiat Menyesuaikan Simcard dengan Kebutuhan

BIBLIOTIKA - Ada cukup banyak orang yang beberapa kali ganti kartu atau ganti operator karena merasa belum cocok dengan layanan yang diberikan oleh operator yang digunakannya. Tentu saja hal semacam itu cukup merepotkan selain juga membutuhkan banyak biaya. Cukup merepotkan, karena setiap kali ganti operator dan ganti kartu, maka secara otomatis nomor handphone pun berubah, dan itu artinya perlu mengabari banyak orang yang biasa berhubungan atas perubahan nomor tersebut.

Nah, selain hal-hal yang telah diungkapkan di atas, ada baiknya pula untuk memilih kartu sim (kartu perdana) dari suatu operator dengan menyesuaikannya dengan profesi kita sehari-hari.

Untuk menentukan kelebihan dan kekurangan suatu kartu dari suatu operator sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit. Pertama, yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan dari diri kita sendiri yang akan menggunakan layanan dari operator tersebut. Kebutuhan itu mencakup budget atau dana setiap bulannya untuk keperluan pulsa, tingkat aktivitas dan mobilitas, serta juga lingkungan tempat kita tinggal.

Berapakah jumlah anggaran dana yang perlu kita keluarkan dan berapakah yang kita miliki setiap bulannya untuk keperluan pengeluaran pulsa? Hal ini tentunya amat berkaitan dengan tingkat pendapatan kita dalam setiap bulannya.

Jika anggaran untuk keperluan pulsa handphone ini tergolong minim atau kecil, maka pilihan yang baik tentu saja adalah menggunakan jenis layanan prabayar. Namun, apabila penggunaan handphone kita membutuhkan anggaran yang cukup besar dan kita memiliki anggaran untuk itu, maka layanan pascabayar akan lebih baik untuk dipilih.

Selain itu, tingkat aktivitas dan mobilitas sehari-hari akan mencerminkan kegiatan yang biasa kita lakukan. Kegiatan ini biasanya berhubungan dengan aktivitas kerja. Ada beberapa jenis pekerjaan yang menuntut tingkat bepergian yang tinggi. Nah, apabila kita termasuk orang yang sering mengadakan perjalanan ke luar kota, maka pilihan atas kartu pascabayar akan menjadi lebih memudahkan, karena kita tidak akan repot mengisi pulsa di tengah perjalanan ketika pulsa habis.

Selain hal-hal di atas, faktor dari pengguna handphone juga perlu diperhatikan. Kita perlu merumuskan terlebih dulu jenis yang manakah diri kita; apakah seorang pebisnis, mahasiswa, ibu rumahtangga, pekerja kantoran, atau salesman yang biasa beroperasi di lapangan dan lain-lain.

Bagi para pebisnis atau para pelaku bisnis, maka komunikasi biasanya merupakan sesuatu yang penting dalam sehari-harinya. Kalau kita termasuk golongan ini, maka kita pun membutuhkan apa yang disebut sebagai ‘tingkat keterhubungan yang tinggi’. Para pelaku bisnis ini biasanya adalah sosok-sosok yang mengandalkan informasi yang cepat, yang paling cepat, sehingga komunikasi merupakan kebutuhan utama sehari-hari.

Karena selalu membutuhkan informasi terbaru yang dilakukan dengan cara berkomunikasi, maka para pelaku bisnis membutuhkan layanan operator yang menjangkau wilayah yang luas agar kebutuhan komunikasinya dapat lancar terhubung kemana saja. Para pelaku bisnis ini tentu ingin mendapatkan layanan kualitas suara yang baik, sekaligus juga memerlukan layanan pembayaran yang mudah. Hal itu dapat dijadikan sebagai acuan dalam memilih operator yang dapat memberikan jenis layanan semacam itu.

Yang patut diperhatikan di sini adalah bahwa ada beberapa operator yang tidak dapat beroperasi roaming secara internasional, bahkan nasional. Roaming adalah kondisi menerima telepon di saat si pengguna berada di luar daerah lokal areanya. Nah, simcard atau kartu seluler yang biasanya tidak dapat digunakan untuk roaming adalah simcard jenis prabayar, khususnya untuk roaming internasional.

Dengan kondisi tersebut, maka tentunya kaum pebisnis haruslah mendapatkan layanan operator yang memiliki jangkauan luas, dan hal ini tentunya akan lebih dapat diberikan oleh jenis kartu yang pascabayar. Kalau ada fitur yang memberikan layanan bebas roaming tentu saja dapat dipertimbangkan sebagai salah satu keuntungan.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tidak terlalu membutuhkan mobilitas yang tinggi, seperti misalnya mahasiswa, pekerja kantoran dan ibu rumahtangga?

Karena yang biasanya dibutuhkan oleh golongan ini adalah kelancaran komunikasi semata-mata, maka yang perlu ditekankan cukuplah pada keluasan jangkauan wilayah yang ditawarkan oleh operator saja. Selama area komunikasi mereka dapat dijangkau oleh layanan operator, maka itu sudah dapat dibilang cukup.

Mengenai kepraktisan atau kemudahan, itu bisa dikatakan relatif. Ada orang-orang yang menganggap layanan prabayar lebih praktis, namun ada pula yang menganggap layanan pascabayar yang lebih praktis. Jadi, mengenai hal ini dikembalikan kepada masing-masing orang.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.