Kiat-kiat Meningkatkan Minat Baca (2)

 Kiat-kiat Meningkatkan Minat Baca

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah beberapa manfaat apabila kita menjadi anggota dari sebuah perpustakaan umum:

Kita dapat meminjam buku apapun yang kita sukai dan kita inginkan, dan kita dapat memiliki pilihan yang sangat beragam karena perpustakaan umum menyediakan koleksi bacaan yang cukup kaya.

Karena perpustakaan umum memberlakukan batas waktu peminjaman (biasanya antara satu hingga dua minggu), maka kita pun secara tidak langsung akan belajar berdisiplin dalam hal membaca buku. Berbeda dengan meminjam buku milik teman yang biasanya tanpa dibatasi waktu tertentu, meminjam buku di perpustakaan akan melatih kedisiplinan kita dalam menyelesaikan suatu bacaan terhadap suatu buku.

Kita akan selalu termotivasi untuk terus membaca, karena perpustakaan umum biasanya selalu berusaha untuk menambah koleksi-koleksi bacaannya dengan buku-buku terbaru.

Di perpustakaan umum, kita akan menemukan orang-orang yang juga menyukai aktivitas membaca, sehingga hubungan pertemanan yang dijalin melalui perpustakaan umum biasanya juga semakin mendorong motivasi kita untuk terus membaca.

Carilah topik bacaan yang disukai

Untuk mulai mencintai aktivitas membaca, memilih bacaan dengan topik yang disukai akan dapat mendorong kita untuk terus melakukan aktivitas membaca. Setiap orang pastilah memiliki minat, hobi atau kesukaan terhadap sesuatu. Memilih buku bacaan yang sesuai dengan minat akan membantu menumbuhkan kesenangan pada aktivitas membaca, karena sesuatu yang dibaca tersebut benar-benar sesuai dengan minat kita.

Karena itu, carilah buku-buku dengan topik yang kita sukai terlebih dulu agar kita memiliki semangat dalam membacanya. Kalau kita menyukai dunia teknologi, misalnya, carilah buku-buku yang berhubungan atau membahas masalah teknologi. Tidak perlu langsung mencari buku-buku yang berat. Pilih saja buku-buku yang membahas topik itu secara ringan terlebih dulu agar kita tidak lelah sewaktu membacanya.

Nantinya, sedikit demi sedikit, setelah kebiasaan membaca kita semakin tumbuh, bacaan kita pun akan semakin berkembang dengan sendirinya. Kalau pada awalnya kita hanya dapat menikmati buku-buku yang ringan, nantinya pun akan berkembang hingga kita dapat menikmati buku-buku yang berat. Kalau pada awalnya minat kita hanya pada satu objek tertentu saja, nantinya pun minat kita akan semakin berkembang.

Rencanakanlah jadwal secara khusus

Sebagaimana yang telah disinggung di bab sebelumnya, yang menjadikan aktivitas membaca seringkali sulit dilakukan adalah karena tidak adanya rencana atau jadwal khusus dalam melakukannya. Karenanya, untuk mengatasi hal itu, buatlah rencana atau jadwal khusus untuk kegiatan membaca.

Pada awalnya, kita tidak perlu memberati diri untuk membaca hingga dalam waktu lama. Untuk tahap awal, membaca satu jam sehari pun sudah cukup. Jika itu dapat dibiasakan, lama-lama waktu yang satu jam itu pun akan semakin bertambah seiring dengan makin tingginya minat kita pada aktivitas membaca.

Kita dapat meluangkan waktu khusus untuk membaca kapan pun sesuai dengan keinginan atau kondisi kita. Bisa pagi hari, siang, sore atau malam hari. Yang paling penting di sini bukanlah waktunya semata-mata, melainkan kedisiplinan dalam melaksanakan jadwal yang telah kita rencanakan.

Jadi, kalau umpama kita sudah menentukan bahwa malam hari jam delapan adalah jadwal untuk membaca, lakukanlah hal itu dan belajarlah disiplin mematuhinya.

Kunjungi toko dan bazar buku

Pada saat ini, keberadaan toko buku sudah banyak di berbagai tempat. Begitu pula acara bazar buku sangat sering diadakan di berbagai kota.

Sesekali, sewaktu jalan-jalan ke swalayan untuk berbelanja, mampirlah ke toko buku untuk melihat-lihat buku-buku terbaru. Di antara semua buku yang ada di sana, pasti setidaknya ada satu buku tertentu yang membuat kita tertarik ingin membacanya. Apabila memang begitu kenyataannya, tak ada salahnya pula untuk membelinya. Jika membeli sepotong baju itu sesuatu yang baik, membeli sebuah buku juga tidak kalah baiknya.

Tapi membeli buku saja tidak cukup. Sebagaimana kita membeli baju untuk dipakai, buku yang dibeli pun tentu harus dibaca. Tentu akan sia-sia kalau kita mengeluarkan uang untuk membeli buku kalau kemudian buku itu tidak sempat dibaca dan hanya digeletakkan di atas meja.

Ketika ada bazar buku diadakan, tak ada salahnya pula untuk mengunjunginya, baik sendirian ataupun bersama kawan-kawan. Di bazar buku biasanya terdapat diskon yang cukup besar untuk buku-buku yang dijual di sana, dan kita bisa menghemat banyak uang. Selain itu, di bazar buku juga tersedia banyak pilihan buku karena biasanya bazar semacam itu diikuti oleh berbagai macam penerbit buku.

Dengan mengunjungi toko atau bazar buku semacam itu, kita akan merasakan semacam kegairahan membaca karena kita berada di tengah-tengah hamparan buku sekaligus orang-orang lain yang juga menyukai membaca buku. Meskipun kegairahan semacam ini tidak secara otomatis menumbuhkan minat kita dalam membaca, tapi setidaknya kita akan mulai merasakan ketertarikan terhadap buku. Dari situ, kita bisa mulai memupuk semangat dan kecintaan diri sendiri untuk juga ikut menyukai membaca buku.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.