Kiat Hemat dengan Mengurangi Barang Mubazir

 Kiat Hemat dengan Mengurangi Barang Mubazir

BIBLIOTIKA - Apakah Anda suka mendengarkan musik dan kemudian secara rutin mengalokasikan sejumlah uang untuk membeli kaset-kaset lagu terbaru? Atau CD musik terbaru? Sekarang Anda perlu berhenti sejenak untuk melihat dan mencermati kaset-kaset dan CD musik yang telah Anda miliki, dan Anda bisa menanyakan pada diri sendiri, “Apakah kaset-kaset dan CD musik yang telah kumiliki ini masih kunikmati? Apakah lagu-lagu lama itu masih kudengarkan?”

Seringkali, orang membeli kaset dan CD musik untuk dinikmati sesaat dan kemudian menjadi bosan setelah beberapa lama, lalu kaset dan CD-CD itu pun hanya menjadi onggokan barang yang tak lagi berguna. Masih untung kalau kaset-kaset dan CD itu dirawat dengan baik hingga masih bisa dimanfaatkan, namun tidak jarang orang menjadi malas merawatnya karena merasa tak lagi membutuhkannya.

Memang selalu ada musik atau lagu terbaru yang ingin selalu kita dengarkan. Namun seringkali pula musik atau lagu-lagu baru itu hanyalah sekedar tren sesaat, sesuatu yang populer dalam waktu singkat (tidak abadi).

Karenanya, ketika kita membeli kaset atau CD untuk mendengarkan musik-musik jenis itu, maka manfaat kaset atau CD itu pun menjadi hanya sesaat; ketika lagu atau musik itu masih populer, maka kita masih mendengarkannya, namun ketika kita sudah merasa bosan atau jenuh dan lagu itu sudah tak lagi populer, maka kita pun meninggalkannya dan berganti mendengarkan musik atau lagu yang terbaru, yang sedang populer.

Karenanya pula, daripada membuang uang hanya untuk sesuatu yang bermanfaat dalam waktu sesaat, mengapa tidak memanfaatkan alternatif yang ada? Misalnya, kalau Anda memang menyukai mendengarkan musik atau lagu-lagu terbaru, mengapa tidak menikmati radio saja?

Setiap kali ada lagu baru, stasiun-stasiun radio pasti akan mengudarakannya dan kita bisa ikut menikmatinya. Tentu saja ini akan lebih murah sekaligus lebih praktis. Anda tak perlu membeli kaset dan mengeluarkan uang, Anda pun akan selalu bisa menikmati lagu-lagu terbaru.

Ada jenis-jenis lagu atau musik tertentu yang memang selalu kita dengarkan, tak peduli itu masih tren ataukah sudah tak lagi populer. Ini biasanya jenis lagu atau musik yang disebut ‘evergreen’ atau lagu-lagu abadi. Untuk jenis lagu atau musik-musik seperti ini, memang tak ada salahnya kalau kita mengeluarkan uang untuk membeli kaset atau CD-nya, karena manfaat dari kaset atau CD itu tidak hanya sementara.

Saya sendiri mengoleksi kaset-kaset musiknya Kitaro, karena saya selalu suka mendengarkan musiknya Kitaro, tak peduli itu album lama ataukah album baru. Namun, saya akan berpikir-pikir kalau harus membeli kaset atau CD musik yang hanya menjadi bagian dari tren sesaat yang akan segera membuat saya bosan mendengarkannya.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengeluarkan uang dengan tujuan mendapatkan kaset lagu atau CD musik tertentu, bayangkanlah sejenak apakah Anda akan menikmati kaset dan CD itu dalam waktu lama, ataukah akan segera menjadi bosan setelahnya.

Apabila kemungkinannya adalah yang pertama, silakan teruskan niat untuk mendapatkan kaset atau CD itu. Namun jika jawabannya yang kedua, yakni Anda akan segera bosan setelah lagu atau musik itu kehilangan tren atau musimnya, maka batalkan saja niat Anda. Putar saja radio dan nikmati lagu baru itu di sana.

Begitu pula dengan rencana pembelian CD game, atau VCD dan DVD film terbaru. Berhentilah sejenak dan tanyakanlah pada diri sendiri, apakah game itu akan terus membuat Anda bergairah memainkannya ataukah kemudian Anda akan menjadi bosan dan tak bergairah lagi setelah beberapa lama? Apakah VCD atau DVD film yang akan Anda beli itu hanyalah film yang akan Anda tonton satu kali kemudian selesai ataukah Anda akan terus menyukai menonton film-film itu?

Jika Anda hanya terbiasa tertantang dengan suatu permainan game dan kemudian menjadi bosan setelah beberapa kali memainkannya, mengapa tidak pergi saja ke swalayan atau mal yang menyediakan permainan game itu? Kalau Anda hanya menyukai menonton suatu film satu atau dua kali dan kemudian malas untuk menontonnya lagi, mengapa tidak menyewa di rental DVD saja? Itu tentu jauh lebih murah dan Anda bisa menghemat banyak pengeluaran Anda.

Semua barang yang kita beli dan kita miliki biasanya memiliki dua tipe; tipe yang pertama adalah barang yang memiliki manfaat selamanya, dan tipe yang kedua adalah barang-barang yang hanya memiliki manfaat sementara atau temporer, lalu berubah menjadi barang mubazir. Kalau hanya untuk menikmati manfaat yang temporer sifatnya, mengapa harus menghambur-hamburkan uang kita?

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.