Jangan Membuang Uang untuk Membeli Penyakit

Jangan Membuang Uang untuk Membeli Penyakit

BIBLIOTIKA - Mungkin terdengar aneh, bahwa di dunia ini banyak orang yang senang membuang-buang untuk membeli penyakit. Mereka melakukannya melalui obat-obatan yang terus-menerus dikonsumsi, padahal manfaatnya masih belum pasti.

Yang dimaksud dengan ‘obat-obatan’ di sini bukanlah obat-obatan terlarang, karena tanpa adanya nasihat pun Anda tentu sudah paham untuk menyadari bahwa itu merusak dan perlu dijauhi. Jadi, yang dimaksud di sini adalah obat-obatan yang biasa kita konsumsi ketika menderita sakit-sakit ringan tertentu. Atau bisa pula ‘obat-obatan’ yang biasa disebut sebagai ‘penunjang stamina tubuh’ atau suplemen makanan.

Seperti pada hal lainnya, konsumsi obat-obatan atau suplemen makanan yang dilakukan secara rutin juga bisa mengakibatkan kecanduan. Kecanduan itu bisa saja terjadi karena memang obat atau suplemen itu mengandung suatu zat yang membuat konsumennya menjadi kecanduan apabila dikonsumsi secara berlebihan, atau juga karena orang yang mengkonsumsinya menjadi kecanduan karena alasan psikologis, sebagaimana orang bisa kecanduan koran atau kecanduan memancing ikan.

Karenanya, biasakanlah untuk meneliti zat-zat yang terkandung di dalam obat-obatan atau suplemen yang biasa Anda konsumsi dan yakinilah bahwa obat atau suplemen tersebut tidak akan membawa dampak yang tak diinginkan. Jika Anda ragu akan hal itu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Pernahkah Anda melihat orang yang setiap harinya selalu mengkonsumsi pil-pil tertentu? Pil-pil yang dikonsumsi itu bisa pil obat sakit kepala, pil obat sakit pegal, pil obat sakit perut ataupun lainnya.

Atau, pernahkah Anda menyaksikan orang yang terbiasa mengeluh cepat letih kalau tidak mengkonsumsi suplemen tertentu? Orang-orang semacam ini sepertinya sudah sangat tergantung pada pil atau suplemen yang biasa dikonsumsinya. Hidup mereka seperti tak bisa lepas dari mengkonsumsi pil-pil atau suplemen itu, meskipun mungkin tubuh mereka tidak membutuhkannya.

Yang terkadang mengerikan adalah; pil-pil atau suplemen tertentu yang terlalu banyak dikonsumsi memiliki kemungkinan untuk berubah menjadi racun di dalam tubuh. Pil-pil dan suplemen itu dibuat dan diproses secara kimiawi, dan zat-zat yang bersifat kimiawi terkadang (bahkan seringkali) tak bisa diuraikan seluruhnya oleh tubuh, sehingga kemudian mengendap di dalam tubuh untuk kemudian menjadi racun. Ketika hal semacam itu yang terjadi, maka kesehatan yang dicari berubah menjadi penyakit.

Jadi, sebelum Anda membeli dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, baik berbentuk pil, serbuk, minuman atau apapun juga yang dianggap sebagai obat atau suplemen kesehatan, ingatlah selalu bahwa harapan kesehatan bisa berubah menjadi penyakit apabila sarana yang digunakan dapat mengakibatkan kecanduan dan hal-hal lain yang lebih menakutkan. Karenanya, jangan buang-buang uang untuk membeli penyakit!

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.