Hidup dengan Benar Bisa Menghemat Banyak Uang

Hidup dengan Benar Bisa Menghemat Banyak Uang

BIBLIOTIKA - Hiduplah dengan benar. Ini bukan intruksi manajemen atau nasihat spiritual, namun dapat menghemat pengeluaran kita. Melakukan segalanya dengan benar akan ikut menghemat banyak uang kita, khususnya dalam jangka panjang. Apa yang dimaksud dengan ‘melakukan segalanya dengan benar’ ini?

Pernahkah Anda memperhatikan jarum spidometer di sepeda motor Anda? Sepeda motor-sepeda motor standar keluaran baru biasanya dilengkapi dengan tanda seberapa banyak gigi transmisi yang harus digunakan untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tertentu.

Namun anehnya, banyak sepeda motor yang baru dua tahun dibeli dari dealer-nya, namun sudah tak maksimal lagi kinerja mesinnya. Kalau ukuran kecepatan maksimal yang tertera di spidometernya mencapai 120 KM/Jam, maka sepeda motor itu hanya dapat dipacu maksimal sampai hanya 80 KM/Jam.

Apa penyebabnya? Salah satu penyebab umumnya adalah karena penggunaan yang tak benar; orang lebih sering ‘memanjakan’ sepeda motornya dengan menggunakan gigi transmisi maksimal namun dengan kecepatan yang minimal. Ini tak jauh beda dengan orang yang banyak makan namun jarang bergerak. Akibatnya, bukannya energi fisiknya makin kuat namun malah semakin lemah.

Kalau Anda membeli kendaraan baru, baca buku manualnya dan patuhi semua intruksi di dalamnya. Cermati bagaimana seharusnya kendaraan baru itu dikendarai, seberapa kecepatan yang diijinkan atau disarankan, dan jangan tergoda untuk melanggarnya dengan alasan apapun. Perhatikan pula bahan bakar dan oli pelumas yang seperti apa yang diijinkan untuk kendaraan tersebut, berapa lama waktu servis yang disarankan, dan hal-hal lain yang menyangkut kendaraan tersebut.

Seringkali, orang yang sudah sering mengendarai kendaraan akan merasa lebih pintar dari buku manual. Mungkin mereka mengandalkan pengalaman yang telah dimiliki. Padahal, tidak setiap kendaraan tertentu bisa diperlakukan sebagaimana kendaraan yang lainnya. Setiap pabrik memiliki cara yang berbeda dalam merakit kendaraannya, dan itu artinya setiap kendaraan juga berkemungkinan untuk memiliki sistem kerja yang berbeda.

Seorang teman saya pernah harus mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk sesuatu yang sepele. Ceritanya, kendaraan yang biasa digunakannya untuk berangkat dan pulang kerja mengalami sedikit gangguan, dan lampu-lampu motornya tak bisa menyala. Ini tentu saja mengganggu dalam berkendara meski sepeda motornya masih bisa dikendarai.

Ketika dibawa ke bengkel, masalahnya adalah karena accu motornya sudah aus dan harus diganti. Si petugas bengkel menyatakan bahwa kalau teman saya mau sedikit meluangkan waktu untuk terbiasa memanaskan mesin kendaraannya sebelum digunakan, hal semacam itu bisa dihindari.

Hanya beberapa menit memanaskan mesin kendaraan sebelum digunakan, dan Anda bisa terhindar dari mengeluarkan uang yang tak perlu. Ini juga bagian dari melakukan segalanya dengan benar. Bandingkan waktu yang digunakan dengan uang yang dapat dihemat, dan Anda tentu akan memilih melakukannya dengan benar, bukan?

Selain kendaraan, contoh yang paling jelas menyangkut hal ini adalah komputer. Setiap orang yang sudah akrab atau setidaknya cukup mengenal komputer pasti tahu bahwa cara paling cepat untuk merusakkan sistem komputer adalah dengan mematikannya secara tidak benar.

Karenanya, orang pun akan selalu mengingat untuk menggunakan shut down untuk mematikan komputer mereka. Hanya beberapa detik yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem yang benar ini, dan komputer pun bisa terhindar dari kerusakan yang mungkin timbul.

Nasihat lain agar ‘melakukan segalanya dengan benar’ menyangkut komputer adalah tidak sering memati-nyalakan komputer. Kalau memang Anda perlu meninggalkan komputer sebentar, sebaiknya biarkan saja komputer itu tetap hidup atau menyala daripada Anda matikan untuk kemudian nanti Anda nyalakan lagi.

Selain akan membuat kinerja mesin komputer menjadi berat, komputer yang sering mati-menyala dalam waktu singkat akan membuat tagihan listrik kita meningkat. Mesin komputer membutuhkan energi listrik yang cukup besar untuk menyalakan monitor, tak jauh beda dengan saat kita menghidupkan televisi.

Kemudian mengenai perawatan komputer yang benar. Anda tentu sudah tahu tentang sistem defrag yang telah disediakan dalam sistem komputer untuk menjaga kinerja komputer Anda. Manfaatkan itu, dan rutinlah melakukannya. Ini juga hanya membutuhkan waktu yang sebentar namun memberikan manfaat yang besar.

Selain kendaraan dan komputer, barang apa lagi yang biasa kita gunakan sehari-hari? Jawabannya tentu saja; ponsel.

Ponsel pun membutuhkan aturan untuk ‘melakukan segalanya dengan benar’. Sebagaimana halnya dengan komputer, ponsel pun sebaiknya tidak sering dihidup-matikan karena akan menyedot dan memboroskan baterai. Setiap kali ponsel dinyalakan, maka energi baterai yang dibutuhkan setara dengan energi yang digunakan ponsel yang menyala selama tiga jam.

Selain itu, biasakan untuk menggunakan charger yang sesuai dengan merek dan jenis ponsel. Meskipun ada beberapa charger ponsel tertentu yang bisa digunakan untuk ponsel yang berlainan merek, namun upayakan untuk tidak tergoda menggunakannya. Kemudian, biasakan untuk mematikan ponsel ketika men-charge baterai, dan tunggu sampai benar-benar penuh; jangan cabut charger sebelum proses pengisian berhenti, karena itu akan mempercepat kerusakan baterai, charger, sekaligus ponselnya.

Terakhir, upayakan untuk selalu menjauhkan ponsel dari benda-benda yang mengandung magnet; energi magnet bukan hanya akan mempercepat keausan baterai, tetapi juga akan merusakkan LCD ponsel.

Tips-tips yang diulas secara sekilas di atas tentunya masih terlampau sedikit, dan contoh-contoh yang digunakan di sini juga hanya sekedar contoh kasus. Artinya, Anda dipersilakan untuk mencari contoh-contoh yang lain, dengan cara-cara penggunaannya yang benar. Pendeknya, apapun saja yang kita gunakan, apabila digunakan dan diperlakukan secara benar, maka bukan hanya barang itu akan menjadi awet serta memberikan kinerja yang optimal, namun juga akan menghemat dan menyelamatkan kantong kita.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.