Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Emas

  Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Emas

BIBLIOTIKA - Harga emas dipengaruhi oleh cukup banyak faktor, sehingga apabila kita melakukan investasi dengan emas maka kita harus tahu betul kapan membeli dan kapan menjualnya agar dapat diperoleh keuntungan yang maksimal.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya mempengaruhi pergerakan harga emas.

Tingkat permintaan

Sebagaimana halnya pada perdagangan umum, maka tak jauh berbeda dengan yang terjadi pada komoditas emas. Ketika tingkat permintaan naik, maka harga akan naik. Begitu pula kalau tingkat permintaan turun, maka harga pun akan menjadi turun.

Contoh paling jelas menyangkut hal ini adalah yang terjadi pada tahun 1998 ketika bank-bank sentral di Eropa menyatakan akan mengurangi jumlah cadangan emas yang mereka miliki sehubungan dengan rencana pemberlakuan mata uang Euro. Ini berarti bahwa tingkat permintaan emas mengalami penurunan, dan harga emas pun otomatis menjadi turun.

Situasi ekonomi

Dari total jumlah emas yang berhasil diproduksi, maka sebagian besar (sekitar 80 persennya) digunakan dalam industri sebagai perhiasan. Karenanya, ketika tingkat ekonomi mengalami kenaikan dan keinginan atau bahkan kebutuhan orang akan perhiasan menjadi naik, maka secara otomatis harga emas akan menjadi naik. Begitu pula apabila sebaliknya yang terjadi.

Umumnya, emas biasa digunakan sebagai alat pelindung nilai terhadap inflasi.

Situasi politik

Ketika terjadi krisis pada politik dunia yang dapat mengakibatkan perang, maka harga emas biasanya akan meningkat naik. Mengapa? Karena akan terjadi ketidakstabilan dari perusahaan-perusahaan tertentu, khususnya pada perusahaan-perusahaan yang berskala internasional. Contoh paling nyata dari hal ini adalah ketika terjadi perang teluk dan invasi Amerika ke negara Irak pada tahun 2003 yang telah berlalu.

Pada waktu itu, para pelaku pasar beralih investasi dari pasar uang dan pasar saham ke investasi emas, sehingga pada waktu itu pun permintaan terhadap emas menjadi naik, dan otomatis harga emas ikut melambung.

Perubahan kurs

Menurunnya atau melemahnya kurs dolar AS biasanya menjadikan harga emas dunia menjadi naik.

Ini terjadi karena lemah atau turunnya mata uang dolar membuat harga emas menjadi lebih murah jika diukur dengan mata uang lain, dan karenanya permintaan emas pun cenderung akan meningkat, terutama pada emas yang berbentuk perhiasan. Karena tingkat permintaan yang naik, maka harga pun menjadi ikut naik.

Perubahan suku bunga

Hal lain yang ikut mempengaruhi naik-turunnya harga emas secara pasti adalah naik-turunnya suku bunga. Ketika suku bunga naik, maka orang biasanya akan lebih memilih jenis investasi seperti deposito karena lebih menjanjikan keuntungan dalam bentuk bunga yang jumlahnya naik. Karenanya, ketika suku bunga bank mengalami kenaikan, maka biasanya permintaan terhadap emas pun akan turun dan harga emas akan ikut turun.

Begitu pula sebaliknya. Ketika suku bunga bank mengalami penurunan, maka orang akan mengambil simpanan mereka di bank dan memilih untuk menggantinya pada investasi lain yang lebih menjanjikan keuntungan; dan biasanya salah satunya adalah emas. Ketika hal itu terjadi, maka permintaan terhadap emas akan naik, dan begitu pula harganya akan ikut mengalami kenaikan.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.