File-file Sampah yang Perlu Dihapus dari Harddisk

File-file Sampah yang Perlu Dihapus dari Harddisk

BIBLIOTIKA - Beberapa file yang tidak penting, atau yang terkenal dengan sebutan file sampah seringkali menempeli harddisk komputer kita dan ini kemudian menjadikan ruang penyimpanan di harddisk pun menjadi berkurang karena tersita. Berikut ini adalah beberapa ekstensi file yang dapat dihapuskan dari harddisk dan Anda bisa membuangnya.

Namun, meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati dalam membuang file-file ini karena bisa jadi di waktu mendatang Anda masih membutuhkan file-file tersebut. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membuang atau menghapus sebuah file, ada baiknya kalau diteliti terlebih dulu isinya, apakah masih penting ataukah tidak.

Nah, file-file ekstensi yang layak untuk dihapuskan dari harddisk di komputer kita adalah sebagai berikut:

.avi

Ini merupakan file film. Beberapa file yang memiliki ekstensi ini biasanya telah ada sebagai bagian dari Windows ketika kita membeli sebuah perangkat komputer. Apabila Anda biasa menggunakan kamera video, maka hampir bisa dipastikan kalau file-file berekstensi ini akan sangat banyak ditemukan di dalam harddisk komputer Anda.

Nah, file dengan ekstensi .avi ini memiliki ukuran yang lumayan besar sehingga berpotensi menyempitkan ruang penyimpanan yang ada di dalam harddisk. Karena itu, untuk dapat menghemat tempat di harddisk, buang saja beberapa file .avi jika memang benar-benar sudah tidak diperlukan lagi.

.bak

Ini merupakan file lama. Artinya, file dengan ekstensi ini akan muncul ketika versi baru dari sebuah program software diinstal atau terinstal di komputer.

Terkadang program komputer yang baru ini akan menamai kembali atau rename versi yang lama dengan ekstensi .bak ini. Tetapi, Anda harus berhati-hati dalam menghapus file yang berekstensi .bak ini.

.chk

Ini merupakan file backup dari ScanDisk. Ketika ScanDisk dihidupkan atau diaktifkan dan sebuah cluster yang hilang tertemukan, maka file ini akan terbentuk secara otomatis.

.cnt

Ini merupakan file yang sifatnya berhubungan dengan menu Help. File ini akan terbentuk ketika Anda membuka ikon help dari sebuah program.

.fts

Ini merupakan file yang memiliki sifat help related. Apabila pengguna komputer melakukan pencarian dengan menggunakan file help, maka file berekstensi .fts ini akan terbentuk secara otomatis agar pencarian file yang sama di waktu yang akan datang bisa lebih cepat.

Karena itu, file ini tidak terlalu diperlukan apabila Anda jarang menggunakan file help.

.gid

Ini merupakan file help related. Hampir sama dengan file yang berekstensi .fts di atas. Ketika seorang pengguna komputer menjalankan file help, maka file ini akan terbentuk dengan sendirinya agar proses pencarian di masa mendatang akan bisa lebih cepat.

File ini juga perlu dibuang secara teratur agar tidak terus menumpuk di harddisk.

.grp

Ini merupakan file pada Program Manager. Apabila kita biasa menggunakan program Manager, maka file dengan ekstensi .grp ini akan terbentuk secara otomatis. Karena itu, apabila Anda kebetulan tidak pernah menggunakan fasilitas ini, buang saja file-file tersebut.

.old

Ini merupakan ekstensi dari file lama yang pernah kita gunakan di komputer. File ini sama sekali tidak berguna sehingga bisa dihapuskan dari harddisk komputer.

.temp

Ini adalah file yang biasanya terbentuk karena adanya bug atau kita sering keluar dari Windows tanpa melakukan shut down terlebih dulu.

File macam ini benar-benar mengotori harddisk Anda. Banyak program yang ada di komputer yang memiliki temporary file ini untuk tujuan meningkatkan kecepatan akses.

.~mp

Ini merupakan temporary file. Sifatnya hampir sama dengan file berkestensi .tmp.

.$$$

Ini merupakan file lama yang tidak terpakai lagi.

.000

Ini juga merupakan file lama yang sudah tidak terpakai lagi.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.