Fakta-fakta Unik Bahasa Inggris

Fakta-fakta Unik Bahasa Inggris

BIBLIOTIKA - Tahukah kamu? Di dalam bahasa Inggris, ada fakta-fakta unik yang perlu kamu tahu. Beberapa fakta unik itu adalah sebagai berikut:

“Stewardesses” adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang dapat diketik di keyboard komputer hanya dengan menggunakan tangan kiri. Sedangkan “lollipop” adalah kata terpanjang yang dapat diketik dengan hanya menggunakan tangan kanan.

Tidak ada kata dalam bahasa Inggris yang bersajak atau berima dengan “month”, “orange”, “silver”, “purple”, “angst” dan “scalp”.

“Dreamt” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang berakhiran huruf “mt”.

Kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” menggunakan  setiap huruf yang  ada dalam abjad, karenanya kalimat ini menjadi contoh penulisan dalam setiap font atau huruf yang digunakan dalam komputer.

Kata “racecar”, “kayak” dan “level” adalah tiga kata dalam bahasa Inggris yang dapat dibaca bolak-balik dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.

Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata “dous”, yaitu “tremendous”, “horrendous”, “stupendous” dan “hazardous”.

Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup (vokal) secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu “abstemious” dan “facetious”.

“Typewriter” adalah kata terpanjang yang dapat diketik dengan menggunakan huruf-huruf yang terdapat pada satu baris tombol keyboard komputer (baris QWERTY).

Huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf “e”. Ini merupakan fakta, baik dalam penggunaan bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan nonfiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse.

Untuk huruf konsonan atau huruf mati, yang paling sering dipakai adalah huruf “t”.

Huruf yang paling sedikit atau jarang digunakan dalam bahasa Inggris adalah “q”—bukan “z”.

Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris adalah “t”, “o”, “a”, “w” dan “b”.

Hampir setengah dari seluruh kata dalam bahasa Inggris diakhiri oleh huruf “e”, “t”, “d” dan “s”.

“The” adalah kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Kalau tidak percaya, cobalah berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama lima menit saja tanpa menggunakan kata “the”.

“Queue” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang dapat dibaca dengan cara yang sama ketika empat huruf terakhir dihilangkan.

“Almost” adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang disusun mengikuti urutan Alfabet.

“Rhythm” adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang tidak memiliki huruf vokal.

“Invisibility” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang hanya memiliki 1 buah huruf vokal yang muncul sebanyak 5 kali.

“Therein” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang terdiri atas 7 huruf namun memiliki 10 kata di dalamnya tanpa harus mengubah susunan huruf-hurufnya. Dari kata “Therein”, kita bisa membuat kata “the”, “there”, “he”, “in”, “rein”, “her”, “here”, “ere”, “therein”, “herein”.

“Abstemious” dan “facetious” adalah dua kata dalam bahasa Inggris yang memiliki keseluruhan 5 huruf vokal secara berurutan (a-e-i-o-u).

Hanya terdapat dua urutan huruf yang terdiri dari 4 huruf berurutan secara alfabetis yang dapat ditemukan pada bahasa Inggris, yaitu “RSTU” dan “MNOP”. Contohnya adalah “understudy” dan “gymnophobia”.

“Bookkeeper” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang memiliki huruf dobel 3 set secara berturut-turut.

Dari keseluruhan kata dalam bahasa Inggris yang memiliki 8 huruf, hanya ada 1 kata yang cuma memiliki 1 huruf vokal di dalamnya, yaitu “Strength”.

Hanya ada 3 kata dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan suku kata “ceed”, yaitu “proceed”, “exceed”, dan “succeed”.

“Underground” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang dimulai dan diakhiri oleh huruf “UND”.

“The sixth sick sheik's sixth sheep's sick” disebut sebagai toughest tongue twister (kalimat yang paling sulit diucapkan) dalam bahasa Inggris. Coba saja kalau tidak percaya.

“Four” adalah satu-satunya angka dimana jumlah hurufnya sama dengan angkanya.

“Rhythms” adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang tidak memiliki huruf vokal normal (a-e-i-o atau u).

“Go” adalah kalimat lengkap yang paling pendek dalam bahasa Inggris.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.