Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja (2)

Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja 1). Karenanya, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sangat disarankan untuk membaca artikel sebelumnya terlebih dulu.

Pertanyaan-pertanyaan di dalam wawancara kerja itu biasanya meliputi aspek motivasi, ketahanan terhadap tekanan atau stres, aspek inisiatif, sikap terhadap pekerjaan, aspek kepercayaan diri, kemampuan dalam berpikir analitis, kemampuan dalam pencapaian keberhasilan (achievement), aspirasi menyangkut diri, kelemahan diri, aspek sosialisasi, aspek kemandirian, dan aspek kepemimpinan.

Berikut ini adalah daftar pertanyaannya:

Aspek kepercayaan diri

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali aspek kepercayaan diri dari si pelamar kerja. Pertanyaannya antara lain:
  1. Dalam pengertian Anda, apakah sesungguhnya definisi atau makna dari kesuksesan? Seberapa besarnyakah pengaruhnya bagi hidup Anda?
  2. Dalam pengertian Anda, apakah sesungguhnya definisi atau makna dari kegagalan? Seberapa besarnyakah pengaruhnya bagi hidup Anda ?
  3. Menurut Anda, apakah yang menjadi ukuran atau standar dari sesuatu yang disebut kesuksesan?
  4. Selama ini, pekerjaan seperti apakah yang telah atau pernah Anda selesaikan dengan sukses?
  5. Dalam kesuksesan pekerjaan tersebut, apa atau bagaimana peran Anda di dalamnya?
  6. Bagaimanakah Anda memandang diri Anda sendiri saat ini? Apakah menurut Anda, sekarang Anda sudah sukses?

Kemampuan berpikir analitis

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali aspek kemampuan dalam berpikir analitis dari si pelamar kerja. Yang termasuk di dalam kemampuan berpikir analitis di sini adalah kemampuan dalam memecahkan masalah atau problem solving, dan juga kemampuan dalam membuat suatu keputusan atau decision making. Pertanyaannya antara lain:
  1. Apakah masalah paling sulit yang pernah Anda alami selama ini? Apa yang Anda lakukan dalam menghadapi masalah tersebut? Bagaimana penyelesaian masalah itu?
  2. Selama kuliah atau belajar sebelumnya, hambatan atau kendala seperti apa yang pernah Anda temukan? Bagaimana cara Anda dalam mengatasinya?
  3. Pernahkah Anda memecahkan suatu masalah yang tergolong sulit dalam hidup atau pekerjaan Anda selama ini? Ceritakanlah tentang hal itu.
  4. Pernahkah Anda memiliki masalah dengan pengambilan keputusan yang sulit? Ceritakanlah bagaimana situasinya.
  5. Pernahkah Anda membuat suatu keputusan yang sulit dalam hidup atau pekerjaan Anda selama ini? Ceritakanlah mengenai hal itu.
  6. Pernahkah Anda memecahkan suatu masalah yang sulit dalam hidup atau pekerjaan Anda selama ini? Ceritakan bagaimana kesulitannya, dan bagaimana cara Anda memecahkannya.
  7. Di dalam pekerjaan yang Anda hadapi, apakah Anda menghadapi suatu masalah sulit yang seringkali harus Anda hadapi? Bagaimana cara Anda menghadapi dan menyelesaikannya?
  8. Pernahkah Anda menyelesaikan suatu permasalahan secara bersama-sama dengan rekan Anda? Apa peran Anda dalam penyelesaian masalah tersebut?
  9. Pernahkah Anda diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas sekaligus dalam suatu waktu secara bersamaan? Apa yang Anda lakukan untuk mengerjakannya?
  10. Ketika suatu permasalahan muncul secara tiba-tiba, bagaimanakah cara Anda menyelesaikannya?
  11. Bagaimanakah cara Anda dalam mengidentifikasi datangnya suatu masalah?
  12. Bagaimanakah cara Anda dalam membuat suatu keputusan yang tergolong penting?
  13. Bagaimanakah cara Anda dalam memecahkan suatu masalah yang datang?
  14. Biasanya, dalam situasi atau kondisi yang seperti apakah Anda mengalami kemungkinan paling besar untuk berbuat kesalahan?
  15. Bagi Anda, keputusan yang seperti apakah yang Anda anggap terasa sulit? Ilustrasikan contoh kasusnya.
  16. Menurut Anda, faktor apakah yang paling menentukan dalam kesuksesan seseorang?
  17. Di saat dihadapkan pada pengambilan suatu keputusan yang penting, apa yang biasanya Anda lakukan?
  18. Di saat menghadapi suatu kesulitan atau ketika tidak mampu memecahkan suatu persoalan yang datang, apa yang biasanya Anda lakukan?
  19. Dalam waktu tiga tahun terakhir ini, keputusan tersulit seperti apakah yang telah Anda buat?
  20. Ketika berusaha untuk memecahkan suatu persoalan yang sulit, kapankah Anda memutuskan untuk berhenti dan menyerah?

Kemampuan dalam mencapai keberhasilan (achievement)

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali aspek kemampuan diri dalam mencapai keberhasilan dari si pelamar kerja. Pertanyaannya antara lain:
  1. Apakah Anda merasa senang ketika diberi tanggung jawab untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau proyek tugas yang sulit?
  2. Menurut Anda, apakah Anda memiliki prestasi yang layak dibanggakan? Ceritakan tentang hal itu.
  3. Menurut Anda, apakah Anda memiliki inisiatif pribadi? Bagaimana cara Anda dalam menunjukkan hal tersebut? Coba ceritakan salah satu contoh inisiatif yang pernah Anda lakukan.
  4. Apakah selama ini Anda pernah menyelesaikan suatu persoalan yang sulit, atau suatu masalah yang sebelumnya Anda pikir tidak dapat Anda selesaikan?
  5. Bagaimana cara Anda dalam menunjukkan suatu keinginan atau hasrat untuk bekerja?
  6. Apakah Anda pernah mencapai suatu prestasi dalam pekerjaan atau ketika kuliah / sekolah? Ceritakanlah tentang hal itu.
  7. Apakah Anda pernah memiliki semacam kepuasan pribadi ketika telah berhasil mencapai sesuatu yang Anda anggap besar dalam hidup Anda? Coba sebutkan dan ceritakan tentang hal itu.
  8. Apakah Anda pernah mengalami suatu kegagalan? Atau suatu kekecewaan yang besar? Apa kegagalan terbesar yang pernah Anda alami selama ini? Kekecewaan seperti apakah yang pernah Anda alami?
  9. Ketika menghadapi kegagalan atau kekecewaan semacam itu, bagaimanakah cara Anda dalam mengatasinya? Bagaimana pula cara Anda dalam mengatasi perasaan Anda yang merasa kecewa?
  10. Bagi Anda pribadi, hal seperti apakah atau lingkungan seperti apakah yang biasanya paling mendorong Anda dalam bekerja?
  11. Menurut Anda, apakah tantangan terbesar dalam sebuah pekerjaan?
  12. Sebutkanlah bagian dari pekerjaan yang paling menantang dan yang paling tidak menantang, menurut Anda.
  13. Menurut Anda, apakah Anda termasuk orang yang berani dalam mengambil risiko? Apa yang menjadi dasar dari keyakinan Anda tentang hal tersebut?
  14. Berkaitan dengan keberanian untuk mengambil risiko, dalam pengalaman kerja Anda selama ini, coba ceritakan dalam hal apa Anda mengambil suatu risiko untuk menyelesaikan suatu tugas yang menjadi tanggung jawab Anda.
  15. Mengapa Anda memutuskan untuk mengambil risiko tersebut?
  16. Biasanya, risiko seperti apa yang Anda hadapi ketika Anda mengajukan suatu usulan?
  17. Apakah Anda pernah memperoleh suatu prestasi tertentu selama ini? Prestasi apa yang pernah Anda dapatkan di sekolah yang tidak dapat Anda lupakan sampai sekarang?
  18. Prestasi apa yang pernah Anda peroleh dalam pekerjaan yang mendapatkan penghargaan dari pimpinan atau perusahaan? (Yang dimaksud penghargaan di sini adalah penghargaan secara lisan ataupun penghargaan tertulis atau dalam bentuk materi).

Baca lanjutannya: Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja (3)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.