Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja (1)

Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang biasanya digunakan dalam acara wawancara lamaran kerja. Variasi ataupun bentuk pertanyaannya tentu saja tidak mutlak persis seperti berikut ini, namun secara garis besar, inilah substansi pertanyaannya. Dengan mempelajari pertanyaan-pertanyaan berikut ini, kita bisa memperoleh gambaran secara umum menyangkut pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara tersebut, sehingga kita juga bisa mencari serta memberikan jawaban yang cukup bagus.

Pertanyaan-pertanyaan di dalam wawancara kerja itu biasanya meliputi aspek motivasi, ketahanan terhadap tekanan atau stres, aspek inisiatif, sikap terhadap pekerjaan, aspek kepercayaan diri, kemampuan dalam berpikir analitis, kemampuan dalam pencapaian keberhasilan (achievement), aspirasi menyangkut diri, kelemahan diri, aspek sosialisasi, aspek kemandirian, dan aspek kepemimpinan.

Berikut ini adalah daftar pertanyaannya:

Aspek motivasi

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali aspek motivasi dari si pelamar kerja. Pertanyaannya antara lain:
  1. Apa yang menjadi alasan Anda hingga memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini?
  2. Apa yang sekiranya membuat Anda tertarik pada perusahaan ini?
  3. Menurut Anda, tanggung jawab apa yang bisa dianggap penting dalam sebuah pekerjaan?
  4. Tantangan yang seperti apa yang Anda cari dalam pekerjaan?
  5. Setiap orang memiliki motivasi tertentu dalam bekerja atau melakukan sesuatu. Nah, sebutkan dua hal yang menjadi motivasi Anda dalam bekerja.
  6. Dalam kehidupan pribadi Anda, apa saja yang dapat memotivasi Anda?
  7. Dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang sulit, apa saja yang dapat memotivasi Anda?
  8. Agar berhasil atau menjadi sukses dalam pekerjaan, apa saja yang dapat memotivasi Anda?
  9. Kalau Anda pernah bekerja di suatu perusahaan sebelumnya, apa alasan Anda memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut?
  10. Apakah yang sekiranya membuat Anda memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya ?
  11. Selama perjalanan karir Anda selama ini, posisi apakah yang paling Anda sukai?
  12. Bila Anda ingin berpindah profesi atau karir, apa yang menjadi dasar alasan Anda untuk mengubah karir?
  13. Bagi Anda pribadi, apa arti atau makna sesungguhnya dari bekerja?

Ketahanan terhadap tekanan atau stres

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali aspek ketahanan terhadap tekanan atau stres dari si pelamar kerja. Pertanyaannya antara lain:
  1. Apakah Anda mampu bekerja di bawah tekanan atau batas waktu yang ketat (deadline)?
  2. Selama ini, apakah Anda pernah bekerja di bawah tekanan atau batas waktu yang ketat? Bagaimana cara Anda dalam menyikapinya?
  3. Bentuk lingkungan kerja yang seperti apa yang dapat membuat Anda merasa nyaman? Apakah bentuk kerja yang terstruktur? Atau yang tidak terstruktur?
  4. Di dalam pekerjaan kita, seumpama ada pelanggan atau konsumen atau klien yang marah karena suatu hal yang bukan dilakukan oleh Anda, bagaimana Anda akan menyikapinya ?
  5. Dalam menghadapi kritik yang dilontarkan kepada diri Anda, bagaimana cara Anda menyikapinya?
  6. Kalau seumpama Anda memperoleh suatu pekerjaan yang tidak Anda harapkan, atau yang membuat Anda tidak nyaman dalam mengerjakannya, apa yang sekiranya akan Anda lakukan?
  7. Di dalam sebuah pekerjaan, apa yang sekiranya Anda anggap sebagai sesuatu yang berat untuk dilakukan?
  8. Kalau suatu saat Anda dihadapkan pada dua tugas atau pekerjaan yang harus Anda selesaikan pada waktu yang bersamaan, bagaimana cara Anda menyikapi dan melakukannya?
  9. Di dalam dunia kerja, masalah terbesar seperti apa yang pernah Anda hadapi? Bagaimana cara Anda menghadapi dan mengatasinya?

Aspek inisiatif

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali aspek inisiatif dari si pelamar kerja. Pertanyaannya antara lain:
  1. Menyangkut perusahaan (yang Anda lamar) ini, apa yang Anda ketahui tentangnya? Bagaimana atau dari mana Anda mengetahui tentang perusahaan ini?
  2. Kriteria seperti apa yang Anda gunakan untuk mengevaluasi suatu perusahaan yang Anda harapkan bisa menjadi tempat kerja bagi Anda?
  3. Ceritakanlah mengenai pendidikan dan pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti selama ini.
  4. Selama Anda memperoleh pekerjaan selama ini, bagaimana cara Anda dalam mendapatkannya? Apakah melalui iklan, referensi dari kawan atau kenalan?

Sikap terhadap pekerjaan

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diharapkan dapat menggali sikap terhadap pekerjaan dari si pelamar kerja. Pertanyaannya antara lain:
  1. Kalau seumpama Anda ditempat-tugaskan di cabang perusahaan yang lokasinya jauh dari tempat tinggal Anda, bagaimana Anda akan menyikapinya? Apakah Anda bersedia?
  2. Kalau seumpama pada suatu waktu ada pengalihan tanggung jawab pada pekerjaan yang Anda pegang, bagaimana Anda akan menyikapinya?
  3. Kalau Anda sudah bekerja sebelumnya; ceritakan mengenai pengalaman kerja Anda selama ini.
  4. Kalau Anda sudah bekerja sebelumnya; apa tanggung jawab kerja Anda pada posisi tersebut?

Baca lanjutannya: Contoh Pertanyaan Umum dalam Wawancara Lamaran Kerja (2)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.