Contoh Pertanyaan Khusus dalam Wawancara Lamaran Kerja

Contoh Pertanyaan Khusus dalam Wawancara Lamaran Kerja

BIBLIOTIKA - Acara wawancara kerja akan lebih dapat dihadapi dengan tenang dan rasa percaya diri kalau kita setidaknya telah mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan dalam wawancara itu. Artikel ini khusus menerangkan pertanyaan-pertanyaan seperti apa saja yang sekiranya akan muncul dalam acara wawancara kerja, dan kita bisa berlatih dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di dalam bab ini sebagai simulasi.

Meskipun bentuk pertanyaan yang akan kita hadapi di dalam acara wawancara belum tentu sama / persis dengan daftar pertanyaan yang terdapat di dalam buku ini, namun intinya tak akan jauh berbeda, sehingga setidaknya kita akan memiliki gambaran dalam menjawab setiap pertanyaan nantinya.

Nah, di bawah ini adalah daftar pertanyaan khusus untuk berbagai bidang pekerjaan, yaitu untuk bidang perbankan, informatika, teknik sipil, elektronika, hubungan masyarakat, dan beberapa yang lainnya.

Contoh pertanyaan khusus dalam bidang perbankan
  1. Menurut Anda, apakah sesungguhnya yang dimaksud dengan bank?
  2. Coba sebutkan dan jelaskan produk-produk perbankan yang Anda ketahui selama ini.
  3. Coba jelaskan perbedaan antara deposito dengan tabungan.

Contoh pertanyaan khusus dalam bidang costumer service
  1. Coba sebutkan dan terangkan tugas-tugas seorang costumer sevice secara umum, dan tugas-tugas customer service dalam perusahaan perbankan.
  2. Bagaimanakah menurut Anda sikap costumer sevice yang baik itu?
  3. Seumpama Anda menghadapi nasabah yang terlalu banyak menuntut, bagaimanakah kira-kira sikap yang akan Anda ambil?
  4. Seumpama Anda menghadapi nasabah yang ingin menutup rekeningnya, padahal nasabah tersebut merupakan prime customer, bagaimanakah sikap Anda dalam menghadapinya?
  5. Menurut Anda, hal-hal apa sajakah yang perlu dirahasiakan terhadap sesama karyawan dalam perusahaan maupun pihak lain?
  6. Ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi ketika seseorang atau suatu perusahaan ingin membuka suatu rekening di bank. Nah, coba sebutkan syarat-syarat untuk pembukaan rekening perorangan, dan sebutkan syarat-syarat untuk pembukaan rekening perusahaan.
  7. Kalau suatu saat atasan Anda menegur Anda, bagaimanakah sikap Anda dalam menghadapinya?

Contoh pertanyaan khusus dalam bidang marketing
  1. Dalam pengertian secara umum, apa yang Anda ketahui tentang marketing? Apa pula yang Anda ketahui mengenai marketing khusus untuk perbankan?
  2. Seumpama Anda bekerja sebagai seorang petugas marketing dari suatu perusahaan perbankan, bagaimanakah cara Anda dalam mencari nasabah baru?
  3. Sejauh yang Anda tahu, syarat-syarat apa sajakah yang ditetapkan oleh bank sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman pada seseorang atau suatu perusahaan?
  4. Dalam upaya untuk memperkecil risiko suatu kredit, maka permohonan kredit harus dinilai oleh pihak bank. Dalam hal ini ada sesuatu yang menjadi salah satu ukuran yang disebut dengan istilah 5-C. Coba jelaskan yang dimaksud dengan istilah 5-C tersebut.
  5. Coba jelaskan apakah yang dimaksud dengan f.e.o. dan gadai.

Contoh pertanyaan khusus dalam bidang teller
  1. Coba sebutkan dan terangkan tugas-tugas seorang petugas teller di bank.
  2. Menurut Anda, bagaimanakah seharusnya sikap teller yang baik itu?
  3. Coba jelaskan perbedaan antara cek dengan BG.
  4. Coba jelaskan ciri-ciri uang palsu.

Contoh pertanyaan khusus dalam bidang back office processing (BOP)
  1. Coba sebutkan dan terangkan perbedaan antara bank umum dengan bank perkreditan rakyat.
  2. Apakah Anda tahu tentang kliring? Coba jelaskan.
  3. Coba jelaskan perbedaan antara cek dengan BG.
  4. Menurut Anda, hal-hal apa saja atau seperti apa sajakah yang perlu dirahasiakan terhadap sesama karyawan maupun pihak lain?

Contoh pertanyaan khusus dalam bidang pimpinan/kepala CS atau teller atau BOP
  1. Kalau seumpama Anda menjadi pimpinan, coba ceritakan hal-hal apa saja yang mungkin Anda lakukan ketika ada karyawan baru yang menjadi bawahan Anda.
  2. Kalau seumpama Anda menjadi pimpinan, coba jelaskan apa yang akan Anda lakukan jika mendapati ada bawahan Anda yang malas dan tidak efisien.
  3. Kalau seumpama Anda menjadi pimpinan, coba terangkan tindakan-tindakan apa yang mungkin Anda lakukan dalam membimbing, mengarahkan, dan memotivasi para bawahan Anda.
  4. Kalau seumpama Anda menjadi pimpinan, bagaimanakah sikap Anda apabila ada bawahan Anda yang sering terlambat? 

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.