Cara Mudah Menjaga Kesehatan Komputer

 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Komputer

BIBLIOTIKA - Pada saat ini, ketika komputer sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari untuk melakukan berbagai keperluan pekerjaan, maka melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan komputer sekaligus untuk selalu dapat menjaga kinerjanya adalah sesuatu yang tentunya menjadi wajib untuk dilakukan demi tujuan agar pekerjaan yang kita lakukan dengannya bisa selalu lancar.

Dengan melakukan perawatan secara teratur atau berkala, maka kinerja komputer pun akan tetap terjaga, dan komponen-komponen yang ada di dalamnya akan menjadi lebih awet dalam bekerja.

Biasanya, orang baru mulai memperhatikan perlunya perawatan komputer apabila telah mengalami masalah dengan komputernya, seperti ketika terkena serangan virus, kerja komputer yang makin lama semakin lambat, sering mengalami hang ketika bekerja, dan lain-lainnya. Merawat komputer bukanlah sesuatu yang sulit, khususnya kalau kita mau sedikit telaten dalam melakukannya.

Selama permasalahan yang terjadi pada komputer bukanlah disebabkan oleh hal-hal yang bersifat hardware, maka kita dapat mengatasi permasalahan itu sendiri sehingga tak perlu mengeluarkan ongkos atau biaya servis. Selain itu, kita pun akan mendapatkan pengalaman baru dalam hal menjaga dan merawat komputer yang kita miliki.

Hardware komputer, khususnya harddisk, adalah bagian yang sangat vital dalam sistem komputer. Karenanya, salah satu perawatan penting yang perlu diperhatikan menyangkut komputer adalah perawatan harddisk. Jika harddisk sehat dan tidak ada masalah, sistem komputer akan dapat berjalan dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Berikut ini uraian yang bisa diperhatikan.

Mengantisipasi virus pada sistem harddisk

Keadaan ini, yakni munculnya virus, paling sering memang dialami oleh sebuah harddisk. Hal ini tentu saja amat menjengkelkan, terutama apabila data-data yang tersimpan di dalam harddisk merupakan data-data yang penting atau yang sangat vital dalam aktivitas pekerjaan kita.

Cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi virus ini umumnya adalah dengan mengaktifkan anti virus dan melakukan proses scan pada harddisk. Tetapi, sesungguhnya, apakah cara ini akan benar-benar dapat membersihkan virus secara menyeluruh? Sebenarnya tidak. Ada beberapa virus yang akan tetap ada dan tidak bisa dihapus jika hanya dengan menggunakan program anti virus saja.

Langkah yang harus ditempuh untuk tujuan membersihkan harddisk dari virus secara menyeluruh adalah dengan menghapusnya secara manual. Yang dimaksud di sini adalah menghapus dengan cara menggunakan menu ‘Find’ atau ‘Search’ yang ada pada Windows dan kemudian masuk pada bagian ‘file and filder’. Setelah itu, ketikkan ekstensi virus yang tak bisa terhapus dengan progam anti virus dan lakukan proses pencarian.

Ekstensi yang sukar untuk dihapus dengan anti virus biasanya adalah ekstensi kak.* dan MTX*.*. Cara manual bisa dikatakan sebagai cara yang terampuh untuk dapat menghapus virus dengan ekstensi ini.

Ketika sebuah virus berkestensi ini ada di dalam pencarian secara manual dan terlihat pada layar monitor, blok-lah file yang akan dibersihkan dengan mouse, kemudian tekan tombol Del pada keyboard. Dengan cara begitu, maka virus yang masih ada akan hilang tanpa menghapus file yang terinfeksi.

Software-software untuk merawat harddisk

Untuk keperluan perawatan harddisk agar bisa memiliki ‘umur yang panjang’, sekarang ini telah banyak software yang secara khusus dibuat dengan tujuan merawat kesehatan harddisk agar selalu awet dan sehat dalam bekerja. Anda dapat mencari software-software ini di internet, karena jumlahnya sangat banyak sekali, dan Anda bisa menggunakan masing-masing nama software tersebut sebagai kata kunci untuk memulai pencarian di internet.

Berikut ini adalah beberapa software yang memiliki fungsi untuk menjaga dan merawat kesehatan harddisk di komputer Anda:

Diskeeper

Software ini akan mendefrag harddisk untuk dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja harddisk.

HDValet

Software ini membersihkan file-file dalam harddisk yang sudah tidak digunakan lagi.

Norton Ghost

Software ini dapat mengkopi satu isi harddisk ke harddisk yang lainnya, termasuk file-file sistemnya.

Norton Utilitiers

Software ini bisa dikatakan sebagai software yang paling terkenal dalam hal perawatan harddisk. Memiliki beberapa fitur seperti Speeddisk, System Check, Windoctor, Disk Doctor dan lain sebagainya.

Norton CleanSweep

Software ini membersihkan file-file yang tidak berguna di dalam harddisk.

Recover98

Software ini dapat memperbaiki dan mengembalikan data yang terhapus dari harddisk dan menyempurnakan file sistem yang terkorupsi.

Washer

Software ini akan membuang file-file yang sudah tidak dipergunakan lagi.

WashAndGo

Software ini membersihkan internet cache, folder temporary, dan juga file sistem yang tidak diperlukan oleh sistem operasi.

Registry Cleaner

Software ini akan membuang file registri yang sudah tidak lagi terpakai.

Partition Magic

Software ini akan membantu mempartisi harddisk dengan mudah.

Dan masih banyak lagi pilihan software lain yang dapat Anda pilih untuk Anda gunakan.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.