Cara Mengenali IMEI Handphone Anda

Cara Mengenali IMEI Handphone Anda

BIBLIOTIKA - Mungkin Anda tidak atau belum mengenal apa yang disebut sebagai IMEI meski hal tersebut telah menyatu dengan handphone Anda sejak pertama kali Anda membelinya. IMEI adalah sesuatu yang biasa digunakan untuk mengenali atau mengidentifikasi sebuah handphone.

Untuk mengetahui tentang IMEI ini, cobalah lepaskan baterai handphone Anda. Di baliknya (di bagian belakang handphone), Anda akan melihat sederetan nomor dan barcode (barkod). Nah, label yang terdapat di bagian belakang handphone yang biasa tertutup oleh baterai handphone itu disebut EIR (Equipment Identity Register).

EIR ini memuat beragam nomor identifikasi dan barcode, dan salah satunya adalah nomor IMEI tadi. Label EIR yang beredar di dunia saat ini dibuat dalam tiga warna; warna putih yang berarti valid GSM Mobile Station, warna abu-abu berarti GSM Mobile Station yang sedang di-track, dan warna hitam yang berarti Barred Mobile Station.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor ini terdiri dari 15 kode digit. IMEI digunakan sebagai nomor identifikasi handphone yang kita gunakan. Di dalamnya terdapat informasi mengenai kode negara, kode assembling, kode manufaktur, juga serial number.

Selain dapat mengidentifikasi IMEI di bagian belakang handphone, kita juga bisa melihat nomor IMEI ini dengan memencet kode #06# dari keypad handphone kita. Nah, apabila nomor IMEI yang muncul di layar handphone kita berbeda dengan yang ada di EIR, maka bisa dipastikan kalau handphone kita merupakan ‘handphone asli tapi palsu’, dalam arti telah mengalami modifikasi IMEI. Hal ini tentu saja termasuk sesuatu yang ilegal, dan dapat dikenai sanksi pidana.

Bagi para pedagang handphone, IMEI ini biasanya dijadikan sebagai identifikasi ketika mereka membeli sebuah handphone bekas dari seseorang. Karena dengan IMEI inilah mereka akan mengetahui status sebuah handphone, dimana dibuat dan tahun produksinya.

Format IMEI yang baku adalah berupa 15 digit nomor yang biasanya diterjemahkan dalam format huruf AA BBBB CC DDDDDD E, dimana AA merupakan kode negara, BBBB adalah kode assembly, CC adalah kode manufaktur, DDDDDD merupakan nomor serial, dan E adalah kode tambahan. Gabungan AA dan BBBB seringkali disebut sebagai Type Approval Code.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.