Cara Mendapatkan Buku dan Majalah Gratis Luar Negeri

Mendapatkan Buku dan Majalah Gratis Luar Negeri

BIBLIOTIKA - Ada banyak lembaga internasional yang menerbitkan aneka macam bacaan, baik berupa buku, majalah, katalog, ataupun booklet, yang dibagikan atau diberikan secara gratis kepada siapapun yang memintanya. Penerbitan bahan-bahan bacaan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga itu memang tidak bertujuan profit atau mencari keuntungan, melainkan sebagai bagian dari kegiatan atau kerja sosial mereka, sehingga diberikan secara cuma-cuma.

Yang menarik, lembaga-lembaga pemberi bahan bacaan gratis itu bahkan biasanya akan secara rutin mengirimkan buku-buku atau majalah yang diterbitkannya kepada orang-orang yang pernah mengirimkan surat permintaan kepada mereka. Jadi, kalau umpama setiap bulan lembaga tersebut menerbitkan satu judul buku atau satu edisi majalah, maka setiap kali terbit buku atau majalah itu akan terus dikirimkan secara rutin kepada siapapun yang sebelumnya pernah mengirimkan surat permintaan kepada mereka.

Masing-masing lembaga tersebut juga menerbitkan bahan bacaan yang berbeda-beda. Ada lembaga yang secara khusus menerbitkan bahan-bahan bacaan seputar teknologi, pariwisata, ilmu pengetahuan terkini, perhotelan, pertanian, sampai buku-buku keagamaan, atau bahkan majalah filateli.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mendapatkan seabrek bahan bacaan yang bisa kamu peroleh dengan gratis dan mudah, kamu cukup mengirimkan surat permohonan kepada lembaga-lembaga tersebut.

Apabila surat permohonanmu telah mereka terima, maka mereka akan memasukkan nama beserta alamatmu dalam daftar orang yang akan mendapatkan kiriman bahan bacaan dari mereka. Tergantung seberapa sering mereka menerbitkan bahan bacaan baru, kamu akan selalu mendapatkan kiriman edisi yang terbaru.

Ada ratusan alamat lembaga dari berbagai belahan dunia yang menyediakan buku-buku dan majalah yang bisa diperoleh secara gratis. Kamu bisa memilih beberapa di antaranya, tapi kamu juga berhak untuk meminta kepada semua lembaga yang ada, dengan syarat kamu mengirimkan masing-masing satu surat permohonan ke alamat mereka.

Ketika mengirimkan surat permohonan kepada lembaga-lembaga tersebut, kamu tidak perlu menyisipkan perangko balasan. Selain itu, karena lembaga-lembaga tersebut adalah lembaga internasional yang melayani permintaan dari seluruh dunia, maka bahan-bahan bacaan yang mereka terbitkan pun kebanyakan berbahasa Inggris.

Lalu bagaimana cara menulis surat permohonannya?

Berikut ini adalah contoh surat permohonan yang bisa digunakan. Contoh berikut ini hanyalah contoh yang sederhana, karenanya kamu bebas mengembangkan atau memperbaikinya sesuai selera kamu. Nah, siap menimbun bahan bacaan di perpustakaan pribadimu...?

Contoh surat permintaan buku/majalah gratis

Indonesia, ..........., .........................

To.
.........................................
.........................................

Dear Sir,

I’m interested in the publication (book, magazine, directory, news, bulletin, information, or something else) issued by your organization, and want to have them. Could you please send me free copies of your publication?

I would like to be on your mailing list:

Name: ..............................................
Address: ..............................................
City: ..............................................
Post Code: ..............................................
Country: ..............................................

I’ll so glad if you can reply my letter. Looking forward to hearing from you.

Thank you.


Sincerely yours,

(........................)

Catatan:
Untuk melihat lembaga mana saja yang menyediakan atau memberikan buku/majalah gratis, silakan lihat artikel Daftar Alamat Lembaga Internasional Pemberi Buku/Majalah Gratis. Kirimkan surat permohonan Anda kepada mereka, sesuai alamat-alamat yang tertera.