Cara Mendapat Uang dengan Tulisan di Internet

Cara Mendapat Uang dengan Tulisan di Internet

BIBLIOTIKA - Keberhasilan penjualan atas suatu produk tertentu, atau kesuksesan sebuah website / situs di internet dalam hal dikenal dan banyak dikunjungi orang, salah satunya adalah karena adanya iklan. Semakin gencar suatu produk atau suatu situs diiklankan, maka semakin besar pula kemungkinannya untuk dikenal orang. Semakin dikenal suatu produk atau suatu situs, maka artinya semakin besar pula kemungkinan orang untuk membeli suatu produk atau mengunjungi situs tersebut.

Nah, dalam hal iklan ini, berbagai cara dan metode ditempuh. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi suatu barang, umpamanya, menggunakan banyak cara untuk tujuan mengiklankan produknya.

Iklan-iklan mereka bisa dalam bentuk iklan di televisi, di radio, di surat kabar, di majalah, di baliho-baliho pinggir jalan, ataupun dengan cara menjadi sponsor bagi suatu acara tertentu yang dihadiri oleh banyak orang. Tujuannya kembali pada upaya untuk memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat agar dikenali dan digunakan.

Pada masa sekarang ini, iklan dengan menggunakan media internet sudah bukan barang baru lagi, karena sudah ada begitu banyak perusahaan yang mengiklankan produknya melalui internet. Hanya saja, pada saat ini ada suatu cara baru yang ditempuh oleh pihak-pihak yang ingin beriklan itu dalam hal cara dan metode iklannya.

Kalau dulu iklan biasanya disampaikan dengan cara yang langsung atau terang-terangan, maka sekarang iklan mulai ditampilkan dan disampaikan dengan cara yang lebih halus atau tidak secara terang-terangan. Dan dari hal semacam inilah kita bisa mendapatkan penghasilan dolar hanya dengan membuat tulisan, yakni dengan mengikuti suatu program yang disebut Paid to Review.

Ini adalah kesempatan emas bagi Anda, khususnya kalau Anda memiliki situs blog yang telah aktif di internet. Jadi, ada situs-situs yang menyediakan tawaran kepada siapapun yang ingin menulis atau mereview suatu produk atau website tertentu dalam bentuk tulisan. Nantinya, apabila review dalam bentuk tulisan itu diterima atau disetujui oleh situs penyelenggara, maka Anda akan memperoleh bayaran sejumlah uang, dengan syarat Anda memposting review tersebut di halaman blog milik Anda.

Semakin banyak pengunjung situs blog Anda, maka itu berarti semakin banyak pula peluang review Anda akan dibaca oleh orang-orang, dan itu artinya kemungkinan review Anda akan diterima dan dibayar menjadi semakin besar.

Para produsen atau perusahaan pembuat suatu produk akan berani membayar mahal karena mereka akan memiliki sarana beriklan yang halus sekaligus cerdas (dalam bentuk review tulisan), dimana tulisan itu memiliki kemungkinan untuk dibaca oleh banyak orang (pengunjung situs blog Anda).

Langkah-langkah

Jika Anda berminat untuk mendapatkan dolar dengan menggunakan sarana tulisan review ini, maka yang perlu Anda lakukan terlebih dulu adalah memiliki sebuah blog yang telah aktif, minimal telah aktif selama satu bulan. (Jika Anda kebetulan belum memiliki blog, Anda bisa membuatnya secara gratis di Blogger atau yang lainnya).

Kemudian, setelah Anda memiliki sebuah blog yang telah aktif, Anda dapat mendaftarkan diri kepada situs-situs yang menyediakan layanan review ini. (Daftar situsnya nanti akan diuraikan di akhir bab ini). Biasanya, salah satu syarat yang mereka ajukan adalah blog Anda harus berisi content atau isi yang menggunakan bahasa Inggris, khususnya kalau Anda mengikuti program dari situs luar negeri. Karenanya, Anda harus bisa menulis dengan bahasa Inggris secara baik.

Blog milik Anda itu nantinya akan digunakan ketika Anda mendaftarkan diri untuk melakukan review atas suatu produk. Apabila pengajuan pendaftaran itu diterima, maka Anda harus menuliskan review atas suatu produk yang telah disetujui di blog Anda, dan dari situ nantinya Anda akan memperoleh bayaran, dengan catatan kalau tulisan review Anda memang disetujui oleh situs penyelenggara.

Selain itu, situs-situs penyedia layanan program ini juga biasanya telah menentukan syarat-syarat lain menyangkut isi tulisan review, semisal berapa jumlah minimal kata yang harus digunakan, berapa link yang harus disertakan dalam tulisan review tersebut, dan lain-lain. Pendeknya, Anda harus benar-benar mempelajari dan memahami persyaratan dari masing-masing situs penyedia layanan program.

Tips sukses

Masing-masing situs yang menyediakan layanan program ini memiliki persyaratan sendiri-sendiri yang bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Karenanya, sebelum Anda mendaftarkan diri, ada baiknya untuk mempelajari masing-masing persyaratan tersebut di masing-masing situs. Biasanya, semakin besar bayaran yang mereka janjikan, maka semakin ketat pula persyaratan yang mereka berlakukan.

Seperti yang telah dinyatakan di atas, untuk dapat mengikuti layanan ini, maka salah satu syaratnya adalah blog Anda menggunakan content dalam bahasa Inggris. Untuk hal ini, Anda harus benar-benar dapat menulis dalam bahasa Inggris. Jika Anda tidak bisa, lebih baik Anda meminta kawan Anda yang bisa berbahasa inggris dengan baik untuk menuliskan content yang Anda inginkan di blog Anda. Hindari melakukan peniruan atau copy-paste content dari blog lain (yang berbahasa Inggris), karena cara itu tidak akan membuat Anda berhasil mendaftar layanan progam ini.

Terakhir, karena bayaran yang akan Anda peroleh didasarkan untuk masing-masing satu tulisan review, maka itu artinya penghasilan Anda akan semakin besar jika semakin banyak produk yang Anda review. Intinya, rajin-rajinlah menulis!

Daftar situs penyedia program

Berikut ini daftar beberapa situs yang menyediakan program Paid to Review yang dapat Anda pilih untuk Anda tentukan. Anda bisa bergabung dengan beberapa situs sekaligus, selama Anda dapat memenuhi persyaratan yang mereka ajukan. (Catatan: Saat artikel ini ditulis, situs-situs berikut ini masih aktif):
  1. www.smorty.com
  2. www.blogvertise.com
  3. www.shvoong.com
  4. www.bloggerwave.com
  5. www.linkworth.com
  6. www.about.com
  7. www.weblogsinc.com
  8. www.digitaljournal.com
  9. www.mashable.com
  10. www.buyblogreviews.com
  11. www.sponsoredreviews.com
  12. www.blogtoprofit.com
  13. www.reviewme.com
  14. www.451press.com
  15. www.blogitive.com
  16. www.payperpost.com
  17. www.helium.com
  18. www.wordfirm.com
  19. www.b5media.com
  20. www.loudlaunch.com
  21. www.bloginvesta.com
  22. www.squidoo.com
  23. www.kumpulblogger.com
  24. www.reviemu.com

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.