Cara Membuat Produk dan Memasarkannya di Internet (3)

 Cara Membuat Produk dan Memasarkannya di Internet

BIBLIOTIKA - Jadi, kalau saat ini kita menginginkan untuk meluncurkan suatu produk tertentu di internet dan ternyata produk itu sudah banyak dipasarkan di internet, jangan dulu berkecil hati. Yang penting adalah inovasi dan kemauan keras untuk menciptakan produk yang lebih unggul, lebih baik dan memiliki mutu yang lebih tinggi.

Pelajari dan cermati produk-produk milik pesaing, cari kelemahan-kelemahannya, kekurangan-kekurangannya, kemudian ciptakanlah produk yang tidak memiliki kelemahan atau kekurangan seperti yang ada pada produk milik pesaing, plus ditambah dengan beberapa kelebihan yang lain.

Tentukan target minimal

Sebuah produk dipasarkan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, dan keuntungan itu baru akan teraih apabila terjadi aktivitas penjualan. Semakin tinggi tingkat penjualan, maka semakin tinggi pula tingkat keuntungan.

Produk yang berharga tinggi belum tentu menghasilkan keuntungan yang sama tingginya jika tingkat penjualannya rendah. Sebaliknya, produk dengan harga rendah bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi apabila memiliki tingkat penjualan yang tinggi.

Nah, sebelum memutuskan untuk meluncurkan suatu produk, lihat dan pelajari dulu dengan cermat, seberapa banyak sekiranya produk itu akan mampu terjual. Ini adalah bagian dari rencana marketing. Tentukan target minimal berapa ribu atau berapa ratus ribu sekiranya produk itu akan terjual.

Apabila estimasi dari rencana marketing itu menunjukkan bahwa produk tersebut akan berhasil terjual sejumlah target minimal yang direncanakan, maka kemungkinan besar produk itu dapat diluncurkan. Namun jika tidak, maka sebaiknya diurungkan saja daripada menuai kerugian dan penyesalan.

Idealnya, sebuah produk akan berhasil terjual dengan jumlah melampaui target minimal. Kalau seumpama kita mematok target minimal sejumlah 10.000, misalnya, maka idealnya produk itu dapat terjual hingga sejumlah 15.000 atau 20.000.

Untuk tujuan itu, tentunya kita harus benar-benar menciptakan suatu produk yang benar-benar akan diminati oleh banyak orang, memiliki tingkat penjualan yang tinggi, baik penjualan awal ataupun penjualan ulang, baik secara online di internet ataupun secara offline di luar internet.

Sekilas, target penjualan ini sepertinya sesuatu yang cukup berat untuk dilakukan, namun jika kita benar-benar serius dalam menggarapnya, hal yang terkesan sulit ini pun akan terlampaui dan tujuan kita mencapai bisnis yang sukses pun akan tercapai. Yang penting jangan menyerah, jangan berkecil hati, teruslah berinovasi, teruslah mencoba hingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi!

Cari dan tentukan nama domain yang tepat

Ada nama-nama perusahaan tertentu yang memiliki nama panjang, rumit atau sulit, sehingga sulit untuk diucapkan apalagi diingat. Namun ada pula perusahaan-perusahaan tertentu yang memiliki nama yang mudah diingat, mudah diucapkan, sehingga orang pun seperti merasa akrab dengan perusahaan itu. Nah, nama domain adalah tak jauh beda dengan nama perusahaan. Semakin baik dan semakin simpel namanya, orang pun akan semakin mudah untuk mengingatnya.

Nama domain adalah kendaraan utama kita dalam melaju dan mengarungi dunia bisnis di internet. Nama domain yang baik itu tidak selamanya harus berkesan menterang atau mewah. Juga bukan yang panjang-panjang sehingga sulit diingat orang. Nama domain yang baik biasanya adalah nama yang unik, simpel, mudah diucapkan, mudah dituliskan, dan mudah untuk diingat sehingga orang akan merasa lebih akrab dan mudah mencarinya ketika berselancar di internet.

Jadi, sebelum mulai terjun di dunia bisnis internet ini, cari dan tentukan terlebih dulu nama domain yang sekiranya tepat dan baik dalam mewakili jenis bisnis dan jenis produk yang akan kita tawarkan di internet. Tentu saja akan lebih baik kalau nama domain itu terkesan spesifik dan menjelaskan secara gamblang apa jenis bisnis kita sehingga orang akan langsung tahu atau memiliki suatu bayangan tertentu begitu melihat atau mendengar nama domain kita.

Sebaiknya, sebelum menentukan satu nama domain yang kelak akan kita gunakan sebagai website kita, tuliskanlah terlebih dulu setidaknya sepuluh sampai dua puluh nama-nama domain yang sekiranya akan dapat kita gunakan. Ini bertujuan untuk antisipasi kalau-kalau ternyata suatu nama domain yang kita inginkan itu telah ada atau telah dipakai orang lain di internet.

Nah, untuk mengetahui apakah nama suatu domain telah dipakai atau belum di internet, kita dapat mengeceknya di situs Better Whois.

Saran-saran tambahan

Menciptakan, meluncurkan dan memasarkan suatu produk memang bukan perkara yang remeh atau mudah—itu adalah sesuatu yang sulit dan memakan waktu, pikiran, tenaga, serta membutuhkan kerja keras. Namun, tak ada yang gratis di dunia ini, sebagaimana kesuksesan juga tidak turun dari langit. Apapun saja yang berharga dan layak dicapai memerlukan semua daya dan upaya kita untuk menggapainya.

Nah, selain hal-hal di atas yang perlu dipelajari dan dicermati sebelum meluncurkan dan memasarkan suatu produk di internet, berikut ini adalah beberapa saran tambahan untuk melengkapi poin-poin di atas:
  1. Mutu produk yang benar-benar terjamin
  2. Memperhatikan tingkat persaingan
  3. Produk yang unik dan spesifik
  4. Harga, promosi dan keuntungan
  5. Mudah dijual di internet
  6. Produk yang user friendly

Ulasan mengenai saran-saran tambahan tersebut akan dijelaskan secara lebih terperinci di bawah ini.

Mutu produk yang benar-benar terjamin

Yakinkanlah diri terlebih dulu bahwa produk yang kita ciptakan untuk kita tawarkan di internet itu adalah sesuatu yang benar-benar berkualitas, sehingga dapat menjawab kebutuhan konsumen serta tidak mengecewakan mereka.

Produk-produk yang hebat biasanya berani memberikan fasilitas free trial untuk calon pelanggan mereka untuk menguji kehandalan produk tersebut. Ada lagi yang berani memberikan jaminan pengembalian uang 100 persen apabila ternyata produk itu mengecewakan atau tidak sesuai dengan harapan pelanggan.

Tentu saja cara seperti di atas itu berisiko, karena apabila pelanggan benar-benar tidak puas dengan mutu atau kualitas produk kita, maka mereka akan mengurungkan niat untuk membeli produk kita, atau mengembalikan produk kita sehingga kita harus mengembalikan uang pembayaran mereka.

Namun, jika kita berani memberikan dua macam jaminan seperti di atas, maka tingkat kesan calon pelanggan terhadap mutu produk kita pun akan meningkat, dan ini biasanya akan meningkatkan minat mereka.

Memperhatikan tingkat persaingan

Ada produk-produk tertentu yang telah memiliki tingkat persaingan yang amat tinggi karena produsen yang menciptakan produk tersebut sudah amat banyak. Di dalam internet, produk yang semacam itu biasanya adalah produk berupa e-book atau buku elektronik.

Produk ini banyak dipasarkan di internet, dengan berbagai ragam bidang dan jenis, dan banyak dibuat oleh produsen karena tidak memerlukan mesin-mesin berat untuk menciptakannya, tidak memerlukan banyak karyawan untuk membuatnya, juga tidak memerlukan ongkos yang mahal untuk memasarkan serta menjualnya karena bisa ditransaksikan dan dikirimkan secara online.

Baca lanjutannya: Cara Membuat Produk dan Memasarkannya di Internet (4)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.