Cara Instal Ulang Sistem Operasi Komputer

Cara Instal Ulang Sistem Operasi Komputer

BIBLIOTIKA - Untuk tujuan mengoptimalkan kinerja komputer, kita bisa melakukannya dengan cara melakukan instal ulang sistem operasi serta seluruh aplikasinya. Meskipun cara yang satu ini akan menyita cukup banyak waktu dan juga tenaga, namun hasilnya akan lebih efektif.

Cara yang satu ini juga akan lebih baik bagi komputer karena direktori sistem akan menjadi benar-benar bersih dari file-file aplikasi yang sudah tidak lagi berguna. Kalau Anda tertarik untuk melakukan langkah yang satu ini, maka berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

Pisahkanlah terlebih dulu file-fle data yang ada di komputer Anda ke direktori lain. Akan lebih bagus lagi kalau dipindah ke drive atau partisi yang lain.

Lakukan instal ulang pada sistem operasi (Windows) ke direktori lain, selain yang secara default berlokasi di C:\Windows. Langkah ini hanya bisa dilakukan apabila versi Windows yang akan diinstal itu masih sama dengan versi Windows yang ada di dalam sistem operasi yang lama atau yang sebelumnya.

Apabila langkah di atas tersebut tidak bisa dilakukan, maka direktori Windows bisa dihapus dengan melalui DOS, atau akan lebih baik lagi apabila dilakukan format ulang drive tujuan instalasi Windows tesebut. Namun, yang perlu diingat, format ulang yang dilakukan itu nantinya akan menghapus file-file data yang ada di dalamnya. Karenanya, sebelum melakukan format ulang, simpanlah atau backup-lah terlebih dulu file-file data yang penting ke drive atau media lain.

Hapuslah direktori Windows yang lama setelah proses instalasi selesai, dan kemudian instal ulang aplikasi-aplikasi yang biasa Anda gunakan di komputer.

Pasanglah software anti virus dengan database virus yang telah diperbarui atau di-update. Ancaman virus dapat muncul kapan saja selama terjadinya pertukaran file di dalam komputer, khususnya lagi kalau Anda terbiasa mengakses internet, atau biasa memasukkan disket atau flash disk milik orang lain ke komputer Anda.

Apabila bagi Anda yang penting adalah kinerja komputer yang maksimal, maka installah aplikasi-aplikasi yang hanya benar-benar dibutuhkan saja, khususnya yang hanya berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas Anda dalam hal menggunakan komputer.

Karena semakin banyak aplikasi atau software yang terpasang atau terinstal di harddisk, maka kinerja komputer pun akan menjadi semakin lambat karena beban kerja sistem operasi yang menjadi makin bertambah berat.

Sebagai langkah antisipasi, rajin-rajinlah untuk melakukan backup atas file-file data ataupun file-file sistem. Ini perlu dilakukan sebagai antisipasi, karena munculnya hal-hal yang tidak kita inginkan terkadang benar-benar muncul pada waktu yang tak terduga, semisal serangan virus ataupun file yang terkorupsi dan lain-lain. Dengan melakukan langkah antisipasi ini, maka kita akan tetap dapat menyelamatkan data-data penting kita.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.