Bersih-bersih Rumah Bisa Menghemat Uang

Bersih-bersih Rumah Bisa Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Beres-beres dan bersih-bersih rumah bisa menghemat uang kita. Apakah ini terdengar aneh? Mari kita lihat…

Genteng rumah atau bagian atap yang bocor sedikit mungkin terkesan tidak terlalu mengganggu, apalagi kalau bocornya hanya berupa tetesan. Anda pun mungkin masih merasa malas dan belum tergerak untuk memperbaikinya. Namun, jika genteng atau atap yang bocor sedikit ini tidak segera diperbaiki, maka bocor yang sedikit itu pun akan menjadi bocor yang parah, dan kerusakan yang sedikit akan menjadi kerusakan yang banyak.

Apabila di rumah Anda ada barang-barang yang terbuat dari kayu, entah meja kursi atau lemari dan lainnya, perhatikan dan cermatilah. Apabila di salah satu bagiannya ada yang keropos karena rayap, sekecil apapun keroposnya, maka bagian yang keropos itu akan terus melebar karena kerja rayap yang tak segera dihentikan. Karena itu, segera semprotkan zat anti rayap dan perbaiki bagian yang keropos.

Begitu pula dengan barang-barang lain di rumah kita. Segalanya akan menjadi kerusakan yang besar dan menular apabila kerusakan yang kecil tidak segera ditangani dan diperbaiki. Kerusakan kecil mungkin hanya membutuhkan kerja sebentar dengan dana yang kecil, namun kerusakan yang besar akan membuat kita meluangkan banyak waktu, tenaga dan biaya yang lebih besar.

Jangan malas pula untuk mengecek kebersihan lemari es, AC, kipas angin ataupun barang-barang elektronik lainnya yang biasanya sering atau terus-menerus digunakan dalam hidup sehari-hari. Semakin banyak debu yang menempel dan melekat pada alat-alat ini, maka kinerja dari mesin-mesin elektronik di atas itu pun akan menjadi semakin berat.

Artinya, mesin akan bekerja dengan lebih keras dan semakin menyedot energi listrik yang pada akhirnya akan membengkakkan tagihan listrik Anda. Selain itu, jika mesin terus dipaksa dengan kinerja yang tak sesuai dengan ukuran semestinya, maka mesin pun akan cepat menjadi aus dan rusak.

Nah, kalau Anda memiliki mobil, rajin-rajinlah pula mengecek kinerja mesinnya dan rutinlah membersihkan penyaring udara kendaraan Anda. Penyaring udara yang bersih akan meningkatkan kinerja gas mobil, dan itu artinya konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit.

Contoh-contoh di atas itu dapat Anda kembangkan dengan hal-hal lain yang juga relevan dalam upaya menghemat pengeluaran yang bisa dihilangkan, kalau saja Anda mau sedikit rajin untuk beres-beres dan bersih-bersih.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.