Agar Perut Kenyang Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Agar Perut Kenyang Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

BIBLIOTIKA - Makan adalah salah satu kebutuhan pokok sehari-hari, karena melalui makananlah kita dapat terus menjaga kesehatan badan dan memiliki energi untuk bekerja dan beraktivitas. Karenanya, sebagian besar pengeluaran yang kita lakukan setiap hari adalah untuk kebutuhan makan. Sebagian orang menghabiskan uang tak terlalu banyak untuk kebutuhan ini, namun sebagian yang lain mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan makan.

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran dalam hal aktivitas makan sehari-hari, tips berikut ini dapat diikuti. Dengan mengikuti tips berikut, Anda akan tetap dapat merasakan perut kenyang tanpa menghabiskan banyak uang.

Nikmatilah makan di rumah

Seorang kawan saya yang belum lama menikah pernah ditanya, “Menurutmu, apa perbedaan antara sebelum menikah dengan setelah menikah?”

Kawan saya ini menjawab, “Dulu, saat masih bujangan, aku menghabiskan dua sampai tiga puluh ribu rupiah untuk makan sendirian dalam sehari. Setelah punya istri, uang sejumlah itu bisa digunakan untuk makan satu keluarga.”

Perbandingan di atas itu adalah perbandingan yang bisa dikatakan umum; ada banyak orang yang telah membuktikannya. Seringkali, makan di luar (di restoran atau di rumah makan) jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan makan di rumah dengan kadar kelezatan yang tak jauh beda, bahkan bukan tak mungkin masakan di rumah jauh lebih enak kalau memang Anda atau istri Anda pintar memasak.

Karenanya, kalau waktu istirahat kerja Anda memang memungkinkan, atau jarak dari tempat kerja Anda ke rumah tidak terlalu jauh, maka pulanglah sejenak untuk makan di rumah daripada makan di restoran. Selain akan membuat Anda semakin dekat dengan keluarga karena memiliki kesempatan untuk makan bersama, Anda pun dapat menghemat pengeluaran Anda.

Nah, kalau memang tidak memungkinkan untuk pulang dan makan di rumah, tak ada salahnya untuk membawa bekal dari rumah. Dengan bakal makan siang yang telah dipersiapkan, Anda tak perlu keluar dari ruang kantor atau tempat kerja, tak perlu mengantri atau menunggu giliran di rumah makan, dan Anda pun dapat menikmati makan siang dengan tenang tanpa harus keluar sejumlah uang untuk membayar.

Selain itu, usahakanlah untuk selalu sarapan pagi sebelum berangkat kerja. Makan pagi yang cukup akan membuat perut terisi, dan ini akan membuat Anda tidak cepat lapar. Usahakan pula untuk makan pagi dengan makanan yang bergizi sehingga pada waktu kerja tidak tergelitik atau tergoda untuk ngemil dengan membeli snack atau makanan ringan.

Bawalah bekal untuk perjalanan

Kalau Anda sering mengadakan perjalanan jauh, seperti ke luar kota, tak ada salahnya untuk membawa bekal makanan untuk makan di perjalanan nanti. Perjalanan antar kota yang dapat ditempuh maksimal dalam waktu satu hari atau satu malam memungkinkan Anda untuk membawa bekal yang tak terlalu banyak, dan tentu saja juga tidak memberati bawaan Anda. Dengan bekal tersebut, Anda tidak perlu repot mencari restoran atau warung makan di saat istirahat atau ketika perut lapar.

Kadangkala, harga suatu makanan di suatu tempat yang kita kunjungi jauh lebih mahal daripada yang kita perkirakan. Apalagi di warung-warung makan atau restoran di daerah pemberhentian atau transit semacam terminal atau stasiun. Kita tidak pernah tahu bagaimana standar harga yang mereka tetapkan, khususnya kalau kita baru mengunjungi tempat itu. Karenanya, daripada kemudian merasa kecewa karena harga-harga tertentu yang ‘tidak sewajarnya’, apa salahnya membawa bekal dari rumah?

Semakin sering Anda mengadakan perjalanan, semakin banyak pula pengeluaran yang dapat Anda hemat kalau Anda mau membawa bekal makanan.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.