Acara Pameran dan Upaya Menghemat Uang

Acara Pameran dan Upaya Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Karena para produsen dan penjual barang selalu berusaha untuk dapat menjual barang dagangan mereka, maka mereka pun menempuh banyak cara untuk dapat mewujudkan tujuan itu. Salah satu cara yang hingga hari ini tetap dianggap efektif, bahkan spektakuler, adalah dengan menggelar pameran.

Namanya saja pameran, maka acaranya pun berupa pameran barang, entah itu barang elektronik, barang rumahtangga, barang eksklusif ataupun barang lainnya.

Untuk semakin menarik minat pengunjung untuk membeli, maka para penyelenggara pameran ini pun merayu calon pembeli mereka dengan adanya diskon atau pelayanan tambahan tertentu yang hanya berlaku selama pameran berlangsung. Tak pelak lagi, pameran adalah rayuan untuk membeli yang amat kuat, sekaligus tempat yang paling cepat untuk menguras uang.

Karena adanya waktu yang terbatas (hanya selama pameran berlangsung), maka orang pun kemudian hanya berpikir dalam jangka pendek ketika akan membeli sesuatu. Mereka diburu-buru oleh waktu pameran, sehingga aktivitas membeli pun menjadi tidak lagi matang atau benar-benar dipikirkan. Ini adalah psikologi pameran dagang; menekan konsumen agar mereka segera memutuskan—dan putusan yang biasa dilakukan adalah melakukan pembelian.

Kalau kita mengunjungi suatu pameran, maka kita digiring untuk terjebak pada psikologi yang telah direncanakan itu. Pameran adalah laksana etalase dalam bentuk raksasa; berbeda dengan toko konvensional yang hanya memiliki secuil etalase, maka setiap stand dalam pameran hanya berupa etalase.

Dan etalase-etalase ini disusun serta dipajang dengan amat indah, manis sekaligus menarik, hingga mata orang-orang yang mengunjunginya pun jadi tersihir. Ketika ‘sihir’ itu mulai bekerja, maka orang pun kemudian akan tergerak untuk membeli secepatnya karena mengingat masa berakhirnya waktu pameran. Bukankah begitu yang Anda rasakan ketika mengunjungi suatu acara pameran?

Karenanya, kalau niat Anda adalah untuk menghemat uang, maka kurangi aktivitas mengunjungi acara pameran, khususnya kalau barang-barang yang ada dalam acara pameran itu memang bukan barang-barang kebutuhan yang diperlukan.

Setiap pameran biasanya memiliki tema tertentu, semisal pameran elektronik, pameran buku, pameran tanaman ataupun bahkan pameran mainan. Kalau Anda memang tidak merasa membutuhkan sesuatu yang menjadi tema dalam pameran itu, maka sebaiknya abaikan saja acara itu.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.