9 Kiat Sederhana agar Hidup Lebih Hemat

9 Kiat Sederhana agar Hidup Lebih Hemat

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang ingin dapat menghemat uang atau pengeluaran bulanan/rutin, dan berharap sisa uang dari penghematan itu bisa ditabungkan untuk kebutuhan darurat atau lebih penting. Namun, sayangnya, keinginan itu sering kali gagal, karena berbagai hal terus memaksa mereka mengeluarkan uang.

Padahal, upaya hidup hemat bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana. Berikut ini adalah 9 kiat sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mulai belajar hidup hemat. Kiat-kiat sederhana berikut ini mungkin belum sempat Anda bayangkan.

Gunakanlah buku catatan

Para penulis biasanya menggunakan resep yang ampuh ini; mereka membawa-bawa buku catatan kecil untuk mencatat ide apa saja yang berkelebat dalam otak atau pikiran mereka. Ide-ide itu biasanya datang seperti kilat yang menyambar; jika tidak segera diraih maka ia akan segera hilang atau terlupakan.

Sebuah ide bisa berharga jutaan rupiah kalau kemudian ide itu dituangkan dalam tulisan yang mampu terjual, entah dalam bentuk buku cetakan ataupun tulisan yang diterbitkan di koran. Itulah mengapa para penulis menganggap buku catatan ide semacam itu sebagai sesuatu yang penting, bahkan sakral.

Kalau Anda bukan penulis, Anda juga bisa memanfaatkan buku catatan kecil semacam itu. Bawalah buku kecil atau kertas catatan dalam tas, di saku atau dalam dompet Anda. Kemudian, kalau ada suatu ide tertentu yang datang mengenai suatu cara yang dapat Anda gunakan untuk menambah pemasukan kas bulanan atau suatu gagasan untuk dapat menghemat pengeluaran Anda, catatlah ide atau gagasan itu dalam kertas atau buku catatan itu.

Biasanya, orang malas melakukan hal semacam itu, dan memilih untuk mempercayai ingatannya. Mereka biasanya berdalih, “Diingat-ingat saja kan bisa. Buat apa sih repot-repot menulis kayak gitu?”

Kenyataannya, seringkali orang tak bisa mengandalkan ingatan mereka sebagaimana yang mereka kira itu. Seringkali orang menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengingat-ingat sesuatu yang penting yang ingin mereka gali kembali dari ingatan mereka, namun kemudian sesuatu yang penting itu tidak juga kembali teringat. Anda tentu juga pernah, atau bahkan sering mengalaminya, kan?

Karenanya, tak ada salahnya kalau sekarang Anda membiasakan diri untuk membawa buku catatan itu demi tujuan yang positif. Sebuah buku catatan kecil tentu saja tak merepotkan dibanding manfaat besar yang mungkin bisa didapatkan.

Pilihlah bank yang berbiaya minim

Kalau dulu orang menyimpan uangnya di bawah kasur atau di dalam celengan, maka orang pada jaman sekarang menggunakan bank sebagai tempat penyimpanan yang lebih aman. Selain keamanannya yang lebih terjamin, menyimpan uang di bank juga menghasilkan bunga setiap bulannya yang dihitung berdasarkan jumlah tabungan kita.

Namun, bank bukan tempat penyimpanan yang gratis. Selain memberikan bunga tabungan kepada para nasabahnya, bank juga memungut biaya administrasi yang juga diambil secara otomatis dari tabungan para nasabahnya. Besar kecilnya biaya administrasi perbulan ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank, juga tergantung apakah si nasabah menggunakan kartu ATM ataukah tidak (penggunaan kartu ATM akan membuat biaya administrasi lebih besar).

Karenanya, apabila Anda menabung di bank dan ingin lebih menghemat pengeluaran Anda untuk jasa bank, maka pilihlah bank yang memberlakukan biaya yang relatif kecil untuk biaya administrasinya. Untuk tujuan tersebut, Anda bisa memilih bank-bank milik pemerintah, yang selain memungut biaya administrasi lebih kecil juga relatif lebih aman.

Selain itu, kalau memang Anda tidak sering melakukan transaksi, abaikan saja pelayanan kartu ATM; itu akan menghemat pengeluaran bulanan Anda untuk jasa bank.

Rajinlah berolahraga

Sampai hari ini, olahraga tetap dianggap sebagai salah satu penunjang kesehatan sekaligus kebugaran tubuh. Tentu saja ada banyak orang yang sehat meskipun tidak pernah berolahraga, namun lebih banyak orang yang sehat karena rajin berolahraga.

Anda tidak perlu berolahraga berat seperti angkat beban atau lari sampai berkilo-kilo meter. Menggerakkan tubuh secara ringan setiap pagi pun sudah termasuk olahraga. Setelah bangun pagi, Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati udara yang masih sejuk dan bersih. Selain membuat tubuh bugar, Anda juga telah memasukkan banyak udara bersih ke dalam paru-paru Anda. Lebih dari itu, Anda tidak perlu membayar.

Manfaat olahraga biasanya tidak bisa dilihat secara langsung, namun orang selalu dapat membuktikan bahwa kesehatan tubuh menjadi lebih baik setelah rajin berolahraga.

Karena aktivitas olahraga bertujuan pada manfaat jangka panjang, maka Anda bisa membayangkan bahwa meluangkan waktu seperempat jam sampai setengah jam setiap hari untuk jalan-jalan pagi tentu jauh lebih baik jika dibandingkan terkapar di rumah sakit sampai berhari-hari dan membutuhkan banyak biaya. 

Kurangi menonton televisi

Saat ini, rasanya amat sulit untuk memisahkan orang dari televisi karena televisi sudah menjadi semacam santapan wajib selain makanan pokok. Sebegitu pentingnya televisi ini, orang pada jaman sekarang ini sepertinya bisa mati kalau sehari saja tidak menonton televisi. Karenanya, anjuran atau tips ini bukanlah agar Anda mematikan atau tidak menyalakan televisi sama sekali, namun untuk ‘sekedar’ menguranginya.

Terlalu lama menonton televisi bukan hanya memboroskan waktu, namun juga memboroskan energi listrik. Salah satu penguras energi listrik di setiap rumahtangga adalah televisi, selain juga lemari es, setrika dan beberapa alat listrik berat lainnya.

Orang yang menjadikan televisi sebagai ‘kewajiban’ biasanya akan beralasan bahwa televisi adalah hiburan yang gratis, atau setidaknya hiburan yang murah meriah. Namun anggapan itu sama sekali tidak benar.

Televisi bukanlah hiburan yang gratis, juga bukan hiburan yang murah meriah. Jika Anda ingin tahu secara pasti berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya menonton televisi setiap bulannya, ada cara ‘mudah’ untuk melihatnya. Cobalah matikan televisi di rumah Anda selama satu bulan, dan lihat berapa selisih uang yang bisa Anda hemat dari jumlah yang Anda bayar untuk bulan itu. Anda pasti akan terkejut melihatnya!

Karena televisi sudah menjadi ‘kebiasaan’ yang harus dilakukan, maka orang pun seringkali merasa sulit jika harus mengurangi acara menonton televisi, apalagi bagi para pecandu televisi yang sampai menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya. Tetapi, mengubah kebiasaan juga tak jauh beda dengan membentuk kebiasaan baru. Dengan mengurangi menonton televisi, Anda bisa mengganti atau mengisi waktu yang luang itu untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif atau lebih menyehatkan.

Siasati pemakaian dan penggunaan internet

Semenjak dikembangkan pada tahun 1969, internet kini telah menjadi bagian dari peradaban dunia. Fungsinya tidak lagi hanya sekedar untuk keperluan militer atau kepentingan pemerintahan, namun telah menjadi sarana komunikasi yang mudah, murah sekaligus praktis bagi berjuta-juta orang. Hari ini, siapa yang belum kenal internet?

Karena internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan atau setidaknya keperluan hidup, maka orang pada jaman sekarang pun sepertinya sudah sangat sulit dipisahkan dari benda yang satu ini. Melalui internet, orang dapat saling berkomunikasi antar benua, membangun bisnis berskala internasional, mencari informasi atau pengetahuan tentang apapun, menyalurkan hobi, dan lain-lain.

Namun, internet tentu saja bukan sesuatu yang gratis. Orang butuh biaya untuk dapat mengaksesnya. Sebagaimana berkomunikasi melalui telepon, maka biaya mengakses internet pun secara mudahnya dihitung berdasarkan pada lamanya orang terhubung dengan internet.

Apabila Anda setiap harinya memang membutuhkan akses internet dan ingin menghemat pengeluaran Anda dalam biaya akses, Anda dapat menyiasatinya dengan cara menyimpan halaman-halaman web yang telah Anda kunjungi ke dalam harddisk komputer Anda, sehingga Anda akan dapat membacanya secara offline. Daripada membaca dan mempelajari masing-masing web secara online yang memerlukan waktu dan juga tentunya akan memperbesar biaya, cara yang mudah ini akan banyak menghemat waktu sekaligus biaya.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses internet pada waktu-waktu yang sepi traffic-nya, seperti pada waktu malam hari, sehingga akses internet akan menjadi lebih cepat. Apabila kebutuhan Anda dalam mengakses internet adalah untuk mencari pengetahuan atau informasi dalam bentuk teks, maka hilangkan saja fasilitas suara, animasi, film ataupun gambar-gambar dengan cara mengubah setting pada internet option di komputer Anda. Dengan cara yang mudah tersebut, Anda pun akan lebih cepat dalam berselancar di dunia maya, dan Anda akan bisa menghemat banyak biaya.

Gunakan angkutan umum jika memungkinkan

Gunakan logika ini; kalau Anda pergi sendirian dan mengendarai mobil pribadi, maka jumlah bahan bakar yang dihabiskan untuk perjalanan itu hanya dihabiskan oleh Anda seorang. Namun, jika Anda pergi seorang diri dan menggunakan sarana angkutan umum, maka jumlah bahan bakar yang sama dihabiskan untuk transportasi banyak orang.

Dengan menggunakan logika yang gampang itu saja, Anda akan langsung bisa memahami kalau menggunakan angkutan umum akan jauh lebih murah dibanding kalau menggunakan kendaraan pribadi. Karenanya, kalau memang perjalanan Anda memungkinkan untuk menggunakan jasa angkutan umum, gunakan saja fasilitas itu.

Dengan menggunakan angkutan umum, Anda telah menghemat banyak hal sekaligus. Pertama, Anda menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan Anda. Kedua, Anda tak perlu repot mencari tempat parkir dan tentunya Anda tak perlu membayar ongkos parkir. Ketika, Anda mengurangi kemacetan di jalan.

Belilah rumah yang lebih kecil

Robert Kiyosaki, si pakar finansial terkenal itu, berkali-kali berteriak dalam buku-buku yang ditulisnya saat mengatakan bahwa rumah bukanlah modal atau investasi, melainkan beban atau liabilitas. Kenyataan yang diteriakkan oleh Kiyosaki itu memang sulit untuk dipahami secara harfiah. Namun, secara hakiki (kalau boleh dibilang begitu), maka Kiyosaki memang benar, bahwa rumah adalah liabilitas; jika rumah itu tidak memberikan penghasilan bagi pemiliknya.

Sebuah rumah, apalagi rumah yang besar, membutuhkan biaya perawatan yang besar, sekaligus juga pajak yang besar. Jika rumah ini tidak memberikan penghasilan bagi pemiliknya, maka rumah ini pun menjadi beban bagi pemiliknya.

Karenanya, jika Anda hanya hidup sebagai keluarga kecil yang memang tidak membutuhkan rumah yang besar, apa salahnya kalau Anda mulai memikirkan untuk membeli rumah yang lebih kecil? Rumah Anda yang besar itu bisa dijual dan uang sisa pembeliannya bisa digunakan untuk modal berinvestasi, atau juga rumah yang besar itu disewakan untuk mendapatkan pemasukan tambahan bagi kas bulanan Anda.

Rumah yang kecil tentu saja membutuhkan biaya perawatan yang kecil, pajak yang lebih kecil, dan tentunya Anda pun tidak ‘menjadi gatal’ untuk mengisi rumah dengan perabotan-perabotan yang mungkin tidak dibutuhkan karena tidak adanya ruangan untuk itu.

Nikmatilah kesibukan berkebun

Apa kegiatan hari libur Anda? Pergi ke tempat-tempat hiburan? Atau jalan-jalan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri? Kalau Anda memiliki sebuah lahan di sekitar rumah, kenapa tidak jadikan itu sebagai sumber kesibukan yang mengasyikkan, atau kesenangan untuk mengisi waktu liburan?

Sebuah lahan yang tak terlalu luas bisa dijadikan sebagai kebun, dan Anda bisa menanami aneka tanaman yang bermanfaat; mungkin tanaman obat, buah-buahan, atau mungkin pula bahan-bahan yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur.

Menanam cabai, tomat atau yang semacamnya tidak memerlukan benih khusus dan juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Setiap orang bisa melakukannya, dan tanaman-tanaman jenis ini pun biasanya dapat tumbuh dengan sendirinya, bahkan dalam waktu yang tak terlalu lama sehingga manfaatnya bisa langsung diperoleh. Bagaimana dengan jagung? Ubi jalar? Atau pepaya?

Menikmati waktu libur dengan berkebun bukan hanya jauh lebih murah sekaligus menyenangkan, namun juga dapat memberikan manfaat, bukan? Kalau kebun Anda dapat menghasilkan cabai, tomat atau bumbu dapur lainnya, Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membelinya. Kalau Anda bisa menghasilkan ubi, jagung ataupun pepaya dari kebun Anda sendiri, Anda pasti akan merasa lebih bahagia saat menikmatinya.

Teruslah mencari cara lain

Kalau saat ini Anda sudah mulai menemukan hal-hal tertentu dalam hidup Anda yang dapat dilakukan secara lebih baik, lebih hemat dan lebih positif, jangan buru-buru merasa puas. Teruslah mencari cara-cara baru, teruslah mengevaluasi, teruslah memikirkan hal-hal lain yang dapat dilakukan dengan lebih bagus lagi. Selalu saja ada jalan yang belum kita ketahui, sehingga kita tak pernah bisa berhenti belajar dan berhenti mencari.

Untuk dapat menghemat uang dan menuju kekayaan, Anda tidak cukup hanya mengurangi pengeluaran-pengeluaran, namun juga sebisa mungkin menciptakan inovasi, kreativitas dan segala hal yang dapat memudahkan hidup; baik hidup Anda sendiri, maupun hidup orang lain.

Beberapa waktu yang lalu, ketika harga bensin naik secara drastis, ada seorang lelaki bernama Djoko Sutrisno, warga Yogyakarta, yang dapat menemukan cara untuk mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan. Kemudian, ketika pemerintah mulai mengkonversikan minyak tanah dengan gas namun bahan bakar gas juga sulit diperoleh, ada seorang warga Yogyakarta lain yang sama kreatifnya, bernama Sarjiyo, yang bisa mengubah kotoran sapi menjadi bahan bakar gas.

Jika Anda bisa membuat, menemukan atau menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi diri Anda sendiri, maka sesuatu itu pun tentu dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Dan jika sesuatu itu kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang lain, maka Anda tidak kehilangan kandungan manfaat dari sesuatu itu; Anda bahkan akan memperoleh manfaat yang lain yang lebih besar; semisal manfaat dalam bentuk uang ataupun hidup yang lebih penuh keberkahan.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.