Tips Perawatan agar Ponsel Selalu Awet

 Tips Perawatan agar Ponsel Selalu Awet

BIBLIOTIKA - Setiap ponsel memiliki karakteristiknya masing-masing; ada ponsel yang memang dirancang dan diproduksi untuk tujuan mode atau penampilan, ada pula ponsel yang dirancang dan dibuat untuk kemungkinan pemakaian yang bersifat keras. Di luar karakteristik itu, masih banyak karakteristik lain yang memang ditujukan untuk peminat yang juga berbeda-beda.

Tetapi, apapun karakteristiknya, tetap saja sebuah ponsel akan segera rusak apabila pemakaian dan perawatannya tidak benar atau digunakan secara sembarangan. Sehebat apapun sebuah ponsel, tetap saja ia membutuhkan perawatan dan penggunaan yang sesuai agar tetap awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa digunakan untuk menjaga supaya ponsel yang Anda miliki bisa selalu awet dan dapat digunakan hingga waktu yang lama. Tips berikut ini dapat digunakan untuk segala jenis dan tipe ponsel. Kalau Anda mau memperhatikan tips berikut dan menjalankannya dengan baik, ponsel Anda pun tidak akan rewel dan selalu awet dalam waktu yang lama.

Jauhkan ponsel dan segala aksesorisnya (semisal charger, headset dan lain-lain) dari jangkauan anak-anak. Ingat, anak-anak tidak atau belum tentu tahu pesawat ponsel. Jika anak kecil bermain-main ponsel, selalu ada kemungkinan ia akan membantingnya, atau setidaknya memperlakukannya secara sembarangan. Menjauhkan ponsel Anda dari anak-anak juga secara tak langsung menjauhkan ponsel Anda dari kemungkinan kerusakan.

Jagalah agar ponsel Anda selalu dalam keadaan kering dan bersih. Hindarkan dari kemungkinan terkena keringat apalagi cairan kimia. Keringat yang menempel pada ponsel menyebabkan kelembaban, sementara cairan kimia dapat menciptakan korosit yang dapat merusakkan sirkuit ponsel.

Selalu letakkan ponsel di tempat yang bersih dan tidak berdebu. Juga hindari penggunaan ponsel di tempat-tempat yang rawan polusi debu, semisal di pinggir jalan raya atau yang semacamnya. Debu-debu yang beterbangan selalu dapat menelusup ke celah-celah sempit ponsel dan bisa mengendap di dalamnya untuk menciptakan hal-hal yang tak diinginkan.

Hindari menaruh atau meletakkan ponsel di tempat yang terkena panas matahari secara langsung. Panas matahari dapat merusakkan komponen ponsel yang terbuat dari plastik, mengurangi kinerja baterai dan juga memperpendek usia komponen elektronik.

Hindari pula meletakkan ponsel di tempat-tempat yang dingin, semisal di dekat lemari es. Ketika ponsel diaktifkan, sirkuit ponsel akan memuai. Apabila itu terjadi pada keadaan ponsel masih dingin, maka hal tersebut dapat merusakkan komponen di dalamnya.

Hindari meletakkan ponsel di tempat-tempat yang memiliki medan magnet atau berdekatan dengan barang-barang yang mengandung magnet. Medan magnet bukan hanya akan merusakkan komponen mesin ponsel Anda, tetapi juga akan menjadikan baterai ponsel menjadi boros.

Kalau memang Anda belum berpengalaman, sebaiknya jangan pernah membongkar ponsel Anda. Melakukan pembongkaran ponsel tanpa pengetahuan dan alat yang memadai bukan cuma akan memungkinkan terjadinya kerusakan atas komponen ponsel, tetapi juga akan menghilangkan garansi yang mungkin masih Anda miliki.

Matikanlah ponsel Anda bila berada di rumah sakit, di dekat alat-alat kedokteran, atau ketika Anda sedang berada di pesawat terbang.

Kalau Anda ingin membersihkan ponsel Anda, hindari penggunaan bahan kimia yang keras, deterjen atau cairan pembersih. Sebaiknya gunakan saja kertas tisu yang bersih.

Apabila ponsel Anda mengalami gangguan atau kerusakan, sebaiknya bawalah ke tempat servis ponsel resmi terdekat di kota Anda.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.