Tips Penting Seputar Perawatan Handphone

Perawatan Handphone

BIBLIOTIKA - Agar perangkat handphone yang Anda miliki lebih awet dan terawat serta lebih tahan lama, Anda perlu memperlakukannya secara layak pula. Sudah cukup banyak tips-tips perawatan handphone yang mungkin sudah sering Anda baca di berbagai media, namun tips-tips berikut ini adalah tips-tips penting yang akan ikut membantu perawatan handphone Anda, agar lebih awet dan tahan lama.

Isilah energi baterai handphone Anda sampai benar-benar penuh, dan lakukanlah isi ulang baterai bila memang sudah habis. Walaupun jenis baterai seperti Lithium Polymer dapat diisi kapan saja, tetapi melakukan pengisian yang terlalu sering akan memperpendek usia baterai.

Aktifkan kode akses handphone, baik pada handphone-nya maupun pada kartu SIMnya. Hal ini akan mencegah pemakaian orang-orang yang mungkin tidak berhak. Bila memungkinkan, lakukan instal aplikasi pengaman untuk mengantisipasi kehilangan dan ulah tangan-tangan jahil

Aktifkan keypad lock (pengunci keypad) secara otomatis. Hal ini akan mencegah pemakaian yang tidak disengaja, seperti misalnya beberapa tombol tertekan saat dalam saku, sehingga melakukan dial ke nomor tertentu tanpa Anda sadari. Selain akan mengurangi pulsa Anda atau membengkakkan tagihan pasca bayar, hal ini juga akan mengganggu kenyamanan orang yang menerima panggilan tidak disengaja tersebut.

Catatlah nomor IMEI handphone, PIN dari security code, serta PIN Code Anda, dan simpanlah di tempat yang aman sebagai cadangan bila Anda lupa. IMEI bisa digunakan untuk mengautentifikasi apabila handphone Anda hilang atau untuk mencari security code (dengan bantuan software tertentu) seandainya Anda lupa. Catatan tersebut juga akan membantu apabila Anda lupa dengan PIN code (simcard code) sehingga menghindarkan SIM card Anda diblokir permanen karena salah memasukan PIN code dan PUK.

Secara rutin dan teratur, bersihkan handphone Anda dengan lap dan jangan sekali-kali menggunakan cairan kimia untuk membersihkanya. Walaupun ada cairan kimia tertentu yang dapat membersihkan komponen-kompenen dalam handphone dengan baik, tetapi pemakaian oleh orang yang kurang ahli malah akan bisa menyebabkan kerusakan.

Gunakanlah pengaman seperti sarung handphone atau tas handphone. Selain mencegah risiko jatuh, sarung handphone mungkin akan dapat menahan air dan debu untuk masuk ke handphone dengan cepat.

Letakkanlah handphone di tempat yang tidak berair dan berdebu. Juga hindarkan menaruh handphone di tempat dengan radiasi dan medan magnet yang tinggi. Meletakkan handphone di tempat dengan medan magnet tinggi akan memaksa handphone untuk mengeluarkan daya maksimalnya untuk mendapatkan sinyal terbaik yang menyebabkan energi baterai jadi cepat habis.

Hindari menaruh handphone di tempat yang panasnya melebihi suhu ruangan atau di tempat dengan kondensasi yang tinggi.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.