Tips Penting Seputar Baterai Handphone

Baterai Handphone
BIBLIOTIKA - Pada masa sekarang ini, kebanyakan baterai handphone telah memiliki kapasitas daya yang besar, sehingga juga dapat menyimpan energi yang juga sama besarnya. Tetapi itu bukan berarti kemudian baterai handphone secara otomatis lebih tahan lama dibanding baterai handphone model lama. Pada saat sekarang ini, perangkat handphone sudah menjadi perangkat yang rumit serta dapat digunakan untuk berbagai hal dan tujuan, sehingga baterai handphone pun jadi boros.

Ketika digunakan untuk mengakses internet, misalnya, baterai di handphone akan tersedot dayanya dalam jumlah yang besar. Begitu pula ketika digunakan untuk memotret, merekam video atau untuk menyaksikan tayangan televisi (untuk handphone yang dilangkapi teve analog)—baterai handphone pun akan mengeluarkan daya yang sangat besar. Karenanya, sebesar apapun daya yang dimilikinya, baterai tetap saja akan boros jika tidak dirawat dan dijaga serta dipelihara dengan baik.

Berikut ini adalah tips-tips praktis untuk merawat baterai handphone Anda agar lebih irit dalam penggunaan dayanya, sehingga Anda tidak perlu terus-menerus mengisi ulang (re-charge) pada baterai handphone Anda. Dengan menghemat baterai handphone, maka baterai pun akan semakin jarang di-charge, dan hal ini akan mempengaruhi tingkat kesehatan baterai handphone Anda.

Sebaiknya matikan handphone jika Anda berada di tempat-tempat yang kemungkinan sulit dalam mendapatkan sinyal. Apabila handphone terus diaktifkan, sementara handphone terus-menerus kesulitan mencari sinyal, energi baterai Anda akan terkuras tanpa guna.

Ketika berada di tempat yang sangat terpencil, sebaiknya gunakan repeater handphone untuk memperkuat penangkapan sinyal di handphone Anda.

Matikan fitur suara yang tidak penting, jangan biarkan aktif sepanjang hari.

Hindari mengaktifkan ringtone dan fitur getar secara sekaligus, karena hal itu cukup menguras energi baterai. Sebaiknya aktifkan salah satunya saja. Saat berada di tempat ibadah atau di kantor, ada baiknya aktifkan fitur getarnya saja, namun saat berada di tempat publik seperti mall atau stasiun, mengaktifkan ringtone bisa menjadi pilihan yang dapat digunakan.

Kurangi brightness (tingkat kecerahan) layar handphone Anda hingga 50 persen, agar energi baterai yang terpakai lebih hemat.

Matikan fitur bluetooth jika tidak digunakan. Bluetooth yang aktif akan menguras energi baterai handphone secara lebih cepat.

Sama halnya seperti bluetooth, matikan juga fitur infrared atau infra merah jika tidak digunakan.

Matikan aplikasi-aplikasi lain dalam handphone yang tidak digunakan.

Letakkan handphone di tempat yang memiliki temperatur normal, sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Misalnya, jangan letakkan handphone di dalam mobil yang terjemur sinar matahari, atau di atas laptop yang suhunya panas. Begitu pula jangan letakkan handphone di atas lemari es atau dalam kulkas.

Isilah energi baterai sampai penuh, dan segera isi ulang baterai Anda jika memang sudah habis.

Segera cabut charger dari handphone apabila pengisian energi baterai handphone sudah penuh.

Hindari sering-sering bermain game di handphone, mendengarkan musik, melakukan panggilan video (video call), mengedit foto ataupun browsing. Semua aktivitas tersebut akan mempercepat baterai Anda habis.

Atur settingan backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.