Tips Merawat Handphone agar Aman dan Awet

Tips Merawat Handphone agar Aman dan Awet

BIBLIOTIKA - Penggunaan handphone itu tak jauh beda dengan penggunaan barang-barang atau perangkat-perangkat elektronik lainnya. Jika kita dapat menggunakannya dengan baik atau merawatnya sesuai aturan yang benar, maka handphone yang kita miliki pun akan menjadi awet digunakan.

Berikut ini adalah tips yang bermanfaat untuk merawat serta menjaga handphone milik kita agar selalu awet, sekaligus juga agar pemakaian handphone ini tidak terlalu menguras isi kantong kita.

Kiat merawat LCD handphone

LCD atau bahasa awamnya layar handphone, seringkali tanpa kita sadari tergores dan menjadikan layar handphone tidak lagi jernih. Hal itu bisa saja disebabkan karena kecerobohan si pemakai. Padahal jika akibat ceroboh itu layar handphone kemudian mati, maka fatal akibatnya. Puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu rupiah bisa keluar dari dompet Anda untuk memperbaikinya.

Nah, agar terhindar dari masalah seperti itu, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat layar handphone atau LCD:

Jika handphone Anda dalam masa garansi, sebaiknya jangan melakukan perubahan (modifikasi) apapun di luar petunjuk penggunaan, semisal ingin mengikuti tren mengganti lampu. Sebab jika itu dilakukan, maka tidak ada jaminan lagi bagi kerusakan handphone.

Lagi pula, mengganti lampu yang bukan merupakan aksesoris resmi dapat menimbulkan risiko kerusakan yang serius pada handphone kesayangan Anda. Semisal lampu yang mudah pecah atau dudukan yang tidak / kurang pas dengan handphone.

Biasanya setiap handphone (khususnya yang low end) yang telah melewati masa dua tahun pemakaian akan mengalami gangguan pada mulai lemahnya daya pada LCD. Jika demikian, datanglah ke tempat servis resmi dan gantilah contact LCD-nya.

Usahakan agar handphone tidak terlalu sering terkena guncangan, apalagi sering jatuh. Jika dibiarkan sering terkena guncangan, apalagi jatuh, lama kelamaan contact LCD bisa mengalami kerusakan.

Jangan tertekan atau ditekan. Ini merupakan anjuran penting sebab jika sampai tertekan, layar LCD akan mengeluarkan cairannya, dan akibatnya gambar tidak akan keluar lagi.

Jangan terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung. Ini dapat mengurangi kinerja kualitas kristal yang terdapat pada LCD.

Juga jangan sering berada pada suhu dingin, sebab lagi-lagi kinerja LCD pun dapat terganggu.

Pilihlah chasing yang pas, untuk chasing orisinal tidak ada masalah, yang perlu perhatian jika membeli chasing yang tidak orisinal. Hati-hati dengan jarak kaca chasing dengan LCD di dalam; sebaiknya tidak terlalu dekat.

Tips agar handphone awet digunakan

Jika Anda ingin memiliki handphone yang awet dan tidak mudah rusak, maka yang paling penting diperhatian adalah bagaimana cara memakai dan merawat handphone itu. Memang, setiap jenis handphone tentunya memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Secanggih apa pun sebuah handphone, pasti memiliki kelemahan tertentu. Ada produk handphone yang memiliki chasing yang kuat sehingga cocok untuk bekerja lapangan. Namun, ada pula handphone yang chasingnya lemah, sehingga komponen di dalamnya mudah rusak oleh goncangan.

Meski sifat handphone berbeda-beda, tips di bawah ini bisa memperpanjang usia handphone Anda. Tips ini berlaku untuk semua jenis handphone tanpa memandang merek dan jenisnya:

Jauhkan handphone dan aksesorisnya dari jangkauan anak-anak. Pasalnya, anak kecil bisa mempermainkan handphone Anda sehingga kemungkinan terjadi kerusakan menjadi lebih besar.

Usahakan handphone tetap kering. Kelembaban dan cairan kimia dapat menyebabkan korosi sirkuit elektronik.

Pergunakan handphone di tempat yang bersih. Karena tempat yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan kerusakan komponen yang ada di dalamnya.

Hindari menaruh handphone di tempat yang panas dan terkena sinar matahari secara langsung. Panas yang tinggi dapat merusak komponen yang terbuat dari plastik, merusak baterai serta memperpendek umur komponen elektronik.

Jangan pula menaruh handphone di tempat yang dingin. Pasalnya, ketika handphone diaktifkan, sirkuit handphone akan memuai, dan itu dapat merusak komponen tertentu.

Jika Anda tidak berpengalaman, jangan membongkar handphone. Jika nekat, mungkin bisa menyebabkan sirkuit rusak. Selain itu, garansi yang Anda pegang pun mungkin jadi tidak berlaku.

Handphone jangan sampai jatuh. Pemakaiannya pun harus berhati-hati, sebab pemakaian yang kasar akan merusak handphone.

Untuk membersihkan handphone, jangan menggunakan bahan kimia yang keras, cairan pembersih atau deterjen.

Jika handphone Anda rusak atau tidak bekerja dengan baik, bawalah ke service center handphone tersebut.

Matikan handphone Anda bila sedang berada di rumah sakit, atau dekat dengan peralatan kedokteran. Matikan juga handphone ketika berada di dalam pesawat agar tidak mengganggu kendali elektronik pesawat tersebut.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.