Tips Menghindarkan Ponsel dari Serangan Virus

 Tips Menghindarkan Ponsel dari Serangan Virus

BIBLIOTIKA - Pada saat ini, virus tidak hanya menyerang komputer saja. Ketika perangkat ponsel semakin canggih, dengan ditunjang aplikasi-aplikasi yang bisa dibilang tak jauh beda dengan komputer, maka virus pun kini mulai menyerang perangkat ponsel. Biasanya, semakin canggih sebuah ponsel, semakin rentan pula ponsel itu terkena serangan virus.

Ada banyak cara virus dalam menyusupi sebuah ponsel. Ada yang melalui bluetooth, ada yang melalui MMS, ada pula yang melalui suatu situs tertentu yang pernah terhubung dengan sebuah ponsel. Nah, kalau kebetulan Anda pengguna ponsel canggih, misalnya yang telah memiliki fasilitas Symbian atau Windows Mobile, tips-tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk menghindarkan ponsel Anda dari kemungkinan serangan virus.

Gunakan bluetooth hanya bila diperlukan

Fasilitas bluetooth memang dapat memudahkan orang dalam mentransfer data dari satu ponsel ke ponsel lainnya, namun juga sekaligus dapat memudahkan orang untuk ‘menyusupkan’ virus ke ponsel Anda.

Karenanya, apabila ponsel Anda dilengkapi fasilitas bluetooth, biasakan untuk mematikan bluetooth di ponsel Anda apabila memang tidak diperlukan. Aktifnya bluetooth dapat dilacak oleh orang lain yang juga memiliki fasilitas bluetooth di ponselnya, dan hal itu akan dapat mengundang banyak kemungkinan.

Lebih bagus lagi kalau ponsel Anda juga dilengkapi menu hidden untuk bluetooth. Jika menu itu ada, gunakan saja menu hidden tersebut untuk menyembunyikan fasilitas bluetooth Anda, sehingga orang lain tidak bisa mendeteksi perangkat Anda.

Hati-hati apabila memperoleh kiriman di ponsel

Seperti yang terjadi di komputer, sebuah e-mail dengan attachment terkadang berisi virus yang kemudian dapat menyebar di sistem komputer. Tak jauh beda pula yang terjadi di ponsel.

Ketika Anda menerima sebuah kiriman data, entah melalui bluetooth ataupun MMS, selalu ada kemungkinan kiriman data itu disusupi oleh virus. Karenanya, selalu berhati-hatilah apabila menerima kiriman data di ponsel, bahkan umpama kiriman data tersebut berasal dari orang yang Anda kenal sekalipun.

Jika file yang Anda terima di ponsel terlihat asing atau memiliki nama yang tidak familier, sebaiknya langsung hapus saja file tersebut daripada berspsekulasi dengan risiko terkena virus.

Perhatikan sumber download yang Anda lakukan

Kalau membaca media-media yang secara khusus mengupas berita mengenai ponsel dan segala pernak-perniknya, kadang-kadang kita tergoda dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang ditawarkan oleh berbagai situs yang dimuat di media-media itu. Kemudian, kita pun mencoba membuka situs tersebut untuk bisa memperoleh aplikasi yang kita inginkan.

Ada kalanya, sebuah situs tidak seratus persen aman dari virus, tak peduli situs itu diberitakan oleh media apapun. Sebuah situs yang menyediakan aplikasi yang bagus seringkali dimanfaatkan oleh para pembuat virus untuk menyebarkan virus mereka.

Karenanya, apabila situs semacam itu sudah berhasil ‘dijebol’, maka yang akan Anda peroleh nantinya dari situs itu bukan hanya aplikasi yang Anda inginkan, namun juga serangan virus yang sama sekali tidak Anda harapkan.

Untuk itu, biasakan untuk hanya melakukan download di situs-situs yang memang terpercaya, dan yang memang benar-benar Anda percaya.

Gunakan antivirus bila perlu, dan lakukan update

Sama seperti komputer, antivirus ditujukan untuk menangkal dan menghapus virus yang mungkin hadir atau yang mungkin telah ada di dalam sebuah perangkat. Pada saat ini, antivirus yang secara khusus ditujukan untuk penggunaan ponsel pun telah banyak tersedia, dan Anda bisa menggunakan anti virus tersebut apabila memang merasa membutuhkannya.

Dengan antivirus yang telah disiapkan di ponsel, maka setidaknya Anda telah melakukan antisipasi apabila sewaktu-waktu terkena virus.

Tetapi menggunakan antivirus saja seringkali tidak cukup, karena virus yang ada selalu berkembang dan semakin pintar. Karenanya, selain telah menggunakan antivirus, Anda juga harus melakukan update antivirus tersebut agar nantinya antivirus di ponsel Anda selalu dalam keadaan siap siaga menghadapi virus yang mungkin muncul.

Bila terjadi infeksi virus

Lalu apa atau bagaimana yang perlu dilakukan jika ternyata ponsel telah terkena serangan virus?

Jika hal semacam itu yang terjadi, Anda bisa mencoba menghapuskan atau menghilangkan virus tersebut dengan virus cleaner atau antivirus sampai semua virus yang ada benar-benar telah musnah dari ponsel Anda.

Namun, jika virus yang ada tetap saja masih aktif meski telah dibersihkan dengan virus cleaner atau antivirus, maka langkah paling baik adalah dengan menghubungi produsen ponsel Anda untuk mendapatkan solusi yang terbaik guna menghindarkan ponsel Anda dari kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi karena virus yang ‘nakal’ tersebut.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.