Tips Menghemat Pemakaian Pulsa Ponsel

Menghemat Pemakaian Pulsa Ponsel

BIBLIOTIKA - Jenis layanan pulsa apa yang Anda gunakan? Pada saat ini, setidaknya ada dua jenis layanan yang bisa dipilih oleh para pelanggan layanan seluler, yakni pulsa prabayar dan pulsa pascabayar.

Sebagian orang menyatakan bahwa pula prabayar lebih hemat karena dapat mengisi pulsa dalam jumlah nominal yang minim atau sedikit, tetapi sebagian orang yang lain mengatakan bahwa pulsa pascabayar yang lebih hemat karena dapat mengontrol pengeluaran pulsa perbulannya.

Apapun jenis yang dipilih, prabayar ataupun pascabayar, tetap saja dapat membuat Anda hemat atau bisa membuat Anda boros. Karena sesungguhnya yang menjadikan boros atau tidaknya pemakaian pulsa tidak semata-mata ditentukan oleh jenis layanan pulsa yang digunakan, tetapi lebih pada cara pemakaian atau penggunaannya.

Kalau selama ini Anda merasa terus ‘kebobolan’ pulsa karena tak bisa mengontrol pemakaian pulsa hingga biaya yang harus Anda keluarkan terasa mencekik kantong, tips berikut ini akan membantu Anda untuk menghemat pengeluaran pulsa Anda.

Pelajari ketentuan tarif yang dikenakan

Pada saat ini, ketika operator ponsel semakin banyak jumlahnya, tarif pulsa pun sepertinya diusahakan semurah mungkin demi bisa mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Hal ini terbukti kalau tarif pulsa pada saat ini telah lebih murah dibandingkan dengan tarif pulsa beberapa tahun yang lalu, ketika ponsel baru populer di negeri ini. Tetapi, murahnya tarif pulsa ini tetap saja akan mencekik kantong kalau Anda tidak memperhatikan ‘trik-trik’ yang biasa dilakukan oleh para operator tersebut.

Meskipun masing-masing operator seperti berlomba-lomba menyatakan bahwa tarif merekalah yang paling murah, tetapi tetap saja Anda harus tetap hati-hati dalam menggunakan ponsel untuk menghemat pengeluaran pulsa Anda.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mempelajari tarif pulsa yang dikenakan operator ponsel Anda. Ada operator yang memberikan tarif murah ketika Anda menggunakannya untuk menelepon ke nomor dari operator yang sama, tetapi menjadi sangat mahal ketika Anda melakukan panggilan ke nomor dari operator yang berbeda. Kemudian, ada operator yang memberikan ‘saat-saat khusus’ dimana mereka mengenakan tarif yang jauh lebih murah, semisal dari jam tertentu sampai jam tertentu.

Di luar itu, ada operator yang memberlakukan tarif murah ketika Anda berada di dalam kota Anda sendiri, tetapi kemudian tarifnya amat mencekik kantong ketika Anda menggunakannya di luar kota.

Karenanya, dengan mempelajari ketentuan tarif yang dikenakan oleh operator ponsel yang Anda gunakan, maka Anda akan mengetahui cara dan waktu yang bisa Anda manfaatkan agar aktivitas bertelepon Anda tidak memboroskan pulsa di ponsel Anda.

Pilihlah prabayar atau pascabayar

Sebagaimana yang telah dinyatakan di atas, pemakaian prabayar atau pascabayar tidak secara otomatis akan membuat Anda dapat menghemat pemakaian pulsa. Tetapi, dengan memahami perbedaan antara prabayar dan pascabayar, Anda akan tahu dimana letak kelebihan dan kekurangan antara dua pilihan tersebut.

Kalau Anda memang seringkali melakukan panggilan telepon, semisal untuk keperluan bisnis, maka ada baiknya kalau Anda memilih pascabayar karena tarif telepon yang dikenakan lebih murah dibandingkan dengan tarif prabayar. Tetapi perlu pula hati-hati, karena jika tidak diwaspadai, maka ada kemungkinan Anda akan kebobolan di akhir bulan ketika akan membayar tarif bulanan Anda, karena penggunaan pulsa pascabayar seringkali membuat orang lupa untuk mengontrol diri.

Karenanya, kalau Anda memang memilih untuk menggunakan layanan pascabayar, sebaiknya mintalah operator ponsel Anda untuk membatasi jumlah pemakaian pulsa Anda. Berikan plafon yang sekiranya biasa Anda gunakan dalam setiap bulannya, dan kemudian patuhi plafon itu agar pengeluaran pulsa Anda selalu terkontrol.

Nah, kalau Anda kebetulan bukan orang yang harus melakukan aktivitas pembicaraan melalui telepon secara terus-menerus, maka pilihan yang baik tentunya adalah yang prabayar, karena layanan prabayar tidak memberlakukan biaya langganan bulanan meskipun tarifnya lebih mahal dibanding dengan layanan pascabayar.

Selain itu, layanan prabayar dapat membuat Anda leluasa dalam mengontrol pulsa karena ponsel secara otomatis tidak dapat lagi digunakan untuk menelepon apabila pulsa di dalamnya sudah habis.

Tetapi, pemakaian pulsa prabayar juga tidak menjamin Anda akan dapat menghemat pemakaian pulsa, khususnya kalau Anda terbiasa langsung mengisi ulang pulsa apabila pulsa di ponsel sudah mulai habis.

Karenanya, kalau Anda memang berniat untuk dapat menghemat pemakaian pulsa, maka Anda sudah harus menentukan anggaran pulsa perbulannya, dan kemudian patuhi anggaran tersebut. Kalau umpama Anda mematok jumlah Rp. 50.000,- untuk pembelian pulsa setiap bulan, maka patuhi jumlah itu. Anda bisa menggunakan pulsa di bawah jumlah itu, tapi hindari menggunakan lebih dari jumlah itu.

Cermatlah dalam memilih operator

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, masing-masing operator memiliki kebijakan tersendiri dalam hal penentuan tarifnya. Umumnya, operator akan mengenakan tarif yang lebih murah apabila digunakan untuk menelepon nomor dari operator yang sama, tetapi akan mengenakan tarif yang lebih mahal apabila digunakan menelepon ke nomor dari operator lain.

Karenanya, untuk menyiasati hal tersebut, langkah yang paling bagus adalah dengan mencermati operator mana yang paling banyak digunakan oleh kawan-kawan Anda, dan kemudian gunakanlah kartu atau layanan dari operator tersebut. Kalau mayoritas orang yang biasa Anda hubungi menggunakan layanan dari operator A, misalnya, sebaiknya Anda juga menggunakan layanan dari operator yang sama.

Hindari pembicaraan yang tak perlu

Berbicara melalui telepon atau ponsel itu sebenarnya tak jauh beda dengan mengirimkan surat. Yang penting pesannya sampai kepada orang yang dituju. Tetapi, karena sifat kebanyakan orang adalah suka berbicara, akibatnya aktivitas berkomunikasi melalui ponsel pun seringkali berubah menjadi ajang obrolan yang tanpa akhir. Ketika hal semacam itu telah menjadi kebiasaan, maka kebobolan pulsa pun akan menjadi kebiasaan pula.

Sebaiknya, gunakanlah ponsel dengan secukupnya saja, dalam arti hanya gunakan untuk menyatakan maksud yang memang ingin disampaikan, dan segera sudahi hubungan apabila pesan yang ingin disampaikan sudah diterima dan dipahami oleh orang yang dituju.

Dengan begitu, pemakaian pulsa akan dapat dihemat, dan apabila Anda memang ingin mengobrol secara panjang lebar dengan orang tersebut, maka pertemuan secara langsung tentunya jauh lebih baik dan lebih menyenangkan.

Manfaatkan SMS jika memungkinkan

Salah satu cara lain untuk dapat menghindarkan diri dari pemborosan pulsa dan juga terhindar dari pembicaraan panjang yang tak karuan adalah dengan memanfaatkan fasilitas SMS, khususnya kalau tujuan pesannya bersifat satu arah dan tidak membutuhkan jawaban penting atau mendesak.

Dengan menggunakan fasilitas SMS, Anda hanya akan menyampaikan hal-hal penting yang dapat langsung pada pokok tujuannya, tanpa basa-basi dan tanpa tambahan pembicaraan lain.

Selain itu, pulsa untuk pengiriman SMS pastilah lebih murah dibandingkan dengan pulsa untuk bertelepon. Meskipun mungkin pada saat ini ada beberapa operator yang mengenakan tarif murah untuk bertelepon, tetapi ‘tarif murah’nya itu dihitung perdetik atau permenit. Akibatnya, meskipun murah, kita tetap saja akan menghabiskan banyak pulsa ketika pembicaraan di ponsel berpanjang-panjang dan sampai bermenit-menit.

Gunakan fasilitas pengingat waktu

Di hampir semua ponsel telah dilengkapi dengan fasilitas pengingat waktu saat menelepon. Tujuan dari fasilitas ini tentunya untuk mengingatkan pemiliknya untuk tidak berlarut-larut ketika sedang berkomunikasi via ponsel. Karenanya, kalau Anda memang berniat untuk dapat menghemat pengeluaran pulsa, cobalah buka menu-menu yang ada di ponsel Anda dan cari fasilitas ini.

Dengan mengaktifkan fasilitas pengingat waktu, maka secara otomatis ponsel Anda nantinya akan memberikan peringatan (berbunyi ‘beeb’) untuk setiap jangka waktu yang telah Anda tetapkan sendiri.

Jadi, kalau Anda mengeset agar diperingatkan setelah Anda menelepon selama satu menit, misalnya, maka pengingat waktu itu akan berbunyi tepat pada waktu Anda telah menelepon selama satu menit. Dan jika Anda tidak juga mengakhiri pembicaraan Anda, maka pengingat waktu itu akan berbunyi lagi di satu menit berikutnya.

Dengan cara ‘diingatkan’ seperti itu, maka Anda pun tentunya jadi merasa ‘tidak nyaman’ sendiri, dan akhirnya menyadari bahwa Anda sudah harus mulai berdisiplin dengan peraturan yang telah Anda tetapkan sendiri.

Lakukan cek pulsa secara teratur

Setiap kali selesai menelepon, jangan lupa mengecek berapa jumlah pulsa yang telah Anda gunakan untuk menelepon barusan. Hampir semua operator telah menyediakan fasilitas untuk mengecek berapa jumlah pulsa yang telah habis digunakan tersebut. Atau, kalau memang tidak ada fasilitas pengecekan seperti itu, Anda bisa mengecek jumlah sisa pulsa yang masih ada di ponsel Anda.

Dengan selalu mengetahui berapa jumlah saldo pulsa terakhir, Anda akan selalu tahu berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap kali menelepon. Lebih dari itu, dengan selalu rajin melakukan pengecekan pulsa, Anda akan selalu mengingat berapa jumlah pulsa terakhir Anda, sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi kejanggalan, semisal pulsa Anda berkurang tanpa Anda gunakan, Anda pun akan mengetahui masalahnya.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.