Tips Menghadapi Telepon dan SMS Iseng atau Penipuan

Tips Menghadapi Telepon dan SMS Iseng atau Penipuan

BIBLIOTIKA - Sebenarnya, perilaku menelepon seseorang dengan tujuan untuk missed call, apalagi jika dibarengi dengan menyembunyikan nomor, adalah perilaku yang dapat dianggap sebagai tindak kejahatan, minimal dapat digolongkan sebagai ‘perbuatan yang tidak menyenangkan’. Hampir semua orang tidak suka dipermainkan atau menjadi korban keusilan, dan bisa dikatakan bahwa semua pemilik dan pengguna ponsel tidak berharap menerima telepon atau SMS iseng.

Bayangkan suatu malam Anda sedang khusyuk di depan meja sambil mengerutkan kening mempelajari berkas-berkas kerja yang harus sudah beres besok pagi. Anda sampai rela mengurangi jam istirahat demi untuk menyelesaikan tugas Anda malam itu. Tetapi kemudian ponsel Anda berdering-dering memanggil. Ketika diterima, orang yang menelepon tersebut langsung mematikan ponselnya sehingga Anda hanya mendengar suara ‘tut’ yang monoton. Bagaimana reaksi Anda…?

Atau, bayangkan Anda sedang belajar dengan khusyuk karena besok pagi hari pertama ujian semesteran di kampus. Anda harus benar-benar serius belajar malam itu karena mata kuliah yang diujikan besok pagi adalah mata kuliah yang tidak Anda kuasai. Tetapi kemudian, dering ponsel menyela kegiatan belajar Anda, dan ketika diterima, orang di seberang sana langsung mematikan ponselnya. Anda tentu saja jengkel karena hal itu. Lebih jengkel lagi bila orang yang menelepon itu menyembunyikan nomor teleponnya dengan menggunakan fasilitas hidden ID.

Telepon iseng semacam itu bisa menghampiri siapa saja, tak peduli dimana pun atau dalam suasana apapun. Entah apapun tujuannya, telepon yang ditujukan untuk mengerjai orang lain adalah sesuatu yang mengganggu. Karenanya, berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu bila kebetulan Anda sering merasa terganggu karena menghadapi atau menerima telepon dan SMS iseng.

Tak perlu diterima jika identitasnya tersembunyi

Apabila ponsel Anda berdering dan Anda melihat di layar ponsel tidak ada nomor yang tertera (karena si penelepon sengaja menyembunyikan caller ID-nya), tak perlu diterima panggilan itu. Biarkan saja sampai deringnya selesai. Jika setelah panggilan itu terputus namun si penelepon masih juga mencoba menelepon kembali dan tetap menyembunyikan nomor ponselnya, maka matikan fitur dering di ponsel Anda, sehingga Anda tidak akan terganggu suara deringnya apabila orang tersebut masih terus saja menelepon.

Para penelepon yang bertujuan iseng biasanya akan menjadi malas dan capek sendiri apabila perbuatannya tidak ditanggapi, dan sebaliknya akan makin bergairah apabila perbuatannya ditanggapi secara serius. Nomor yang disembunyikan adalah cara yang banyak digunakan oleh orang yang bertujuan untuk iseng ketika menelepon orang lain. Karenanya, abaikan saja.

Lalu bagaimana kalau ternyata orang yang menelepon itu tidak bertujuan iseng? Bagaimana kalau orang yang menelepon dengan nomor tersembunyi itu ternyata memang punya tujuan penting yang harus ia sampaikan?

Tak perlu khawatir. Kalau memang orang yang menelepon itu ternyata punya tujuan penting, maka dia pasti akan mengirimkan SMS jika beberapa panggilannya tadi tidak ditanggapi. Kalau dia memang bisa menelepon, artinya dia pasti punya pulsa untuk berkirim SMS. Dan apabila panggilan teleponnya tidak ditanggapi, dia pasti akan mengirimkan SMS untuk menyampaikan tujuannya.

Jika kenyataan semacam itu yang terjadi, maka balaslah SMSnya sambil meminta maaf karena tidak menerima teleponnya tadi, karena Anda tidak mengetahui siapa yang menelepon. Dengan cara begitu, maka orang yang menelepon tadi pun akan mengetahui bahwa Anda tidak suka jika ditelepon dengan nomor yang disembunyikan.

SMS yang tidak jelas tak perlu ditanggapi

Ada banyak cara yang digunakan orang untuk tujuan iseng, salah satunya adalah melalui SMS. Bentuknya bisa bermacam-macam, dari ajakan perkenalan sampai ke ajakan yang lebih serius, atau setidaknya mengirim SMS dengan isi yang tidak relevan (semisal pura-pura salah kirim).

Kalau memang Anda merasa terganggu dengan datangnya SMS-SMS semacam itu, abaikan saja dan tidak perlu dibalas atau ditanggapi. Sekali Anda menanggapinya, maka orang yang iseng itu pun akan jadi besar kepala dan akan semakin rajin mengirimkan SMS isengnya ke ponsel Anda. Intinya, jika si pengirim SMS bukanlah orang yang Anda kenal (yang nomornya telah tersimpan di phone-book Anda) dan isi SMSnya tidak relevan dengan Anda, abaikan saja.

Nah, pada saat ini ada begitu banyak SMS yang mungkin tidak bertujuan iseng tetapi seringkali mengganggu para pemilik ponsel. SMS-SMS ini biasanya dikirimkan oleh pihak operator ponsel atau pihak-pihak lain dengan tujuan untuk iklan. Ciri-ciri dari SMS iklan ini adalah meminta Anda agar mengirimkan SMS atau melakukan registrasi untuk suatu hal tertentu ke suatu nomor yang terdiri atas empat digit.

Jika Anda juga merasa terganggu dengan datangnya SMS-SMS semacam itu, maka langkah terbaik adalah dengan tidak menghiraukannya sama sekali dan langsung menghapus SMS itu dari ponsel Anda. Jangan pernah tergiur untuk mendaftar atau melakukan registrasi apapun ke nomor-nomor yang terdiri atas empat digit itu, karena apapun yang Anda lakukan, aktivitas itu akan menguras pulsa Anda. Lebih dari itu, sekali Anda tertarik dengan SMS iklan semacam itu, maka hampir dapat dipastikan ponsel Anda akan semakin diserbu dengan SMS-SMS iklan lainnya.

Begitu pula kalau Anda menerima SMS yang isinya suatu pemberitahuan bahwa Anda telah memenangkan suatu undian atau apapun yang menawarkan hadiah. SMS-SMS semacam itu biasanya menggunakan nomor telepon biasa (bukan empat digit), tetapi Anda sebaiknya tidak perlu menghiraukannya, tak peduli berapa banyak hadiah yang ditawarkan oleh SMS itu. Seringkali, SMS semacam itu hanyalah suatu penipuan.

Karenanya, ketika Anda menerima suatu SMS yang menyatakan bahwa Anda memenangkan suatu undian apapun, ingat-ingat dan periksa diri Anda sendiri. Jika Anda memang tidak merasa pernah mengikuti suatu undian yang dimaksud, maka bisa dikatakan secara pasti bahwa itu hanyalah SMS penipuan. Anda tidak perlu repot menanggapinya.

Tutup saja jika peneleponnya mencurigakan

Tindakan penipuan tidak hanya dilancarkan melalui SMS. Pada saat ini, para penjahat makin nekat dalam melakukan aksinya, dan tidak sedikit dari mereka yang sampai berani menelepon calon korbannya secara langsung.

Modus operandinya biasanya dengan cara memberitahukan kepada calon korban, bahwa si calon korban telah memenangkan suatu undian tertentu dan kemudian ditawari hadiah yang menggiurkan (biasanya berbentuk uang). Lalu si penelepon akan meminta nomor rekening si calon korban untuk menstransfer uang hadiah tersebut.

Jika si korban telah terperdaya dan mau memberikan nomor rekeningnya, maka si penipu menjanjikan akan segera mengirimkan hadiah tersebut secepatnya. Kemudian, beberapa jam atau keesokan harinya, si penipu akan kembali menghubungi korbannya dan menyatakan bahwa dia kesulitan mengirimkan hadiah ke rekening si korban sebelum si korban membayar sejumlah tertentu (bisa pajak hadiah atau semacamnya).

Apabila si korban tetap tergiur, maka si korban pun akan diberi suatu nomor rekening dan diminta agar segera mentransfer sejumlah uang ke rekening itu. Selanjutnya… si korban akan gigit jari karena hadiah yang dijanjikan tak pernah ada, dan nomor telepon yang telah menghubunginya tadi tak pernah bisa dihubungi lagi.

Kenyataan semacam itu sudah banyak terjadi dimana-mana, namun anehnya tetap saja banyak orang yang terus menjadi korban. Karenanya, kalau Anda mendapatkan telepon dari nomor yang tidak Anda kenal dan kemudian menawarkan hadiah-hadiah yang mencurigakan, tak peduli serealistis atau semewah apapun hadiah itu, sebaiknya tutup saja telepon Anda daripada menjadi korban penipuan.

Begitu pula halnya dengan telepon-telepon lain yang mungkin sifatnya hanya iseng dari seseorang. Ketika menerima telepon dari orang yang tidak dikenal dan dia hanya menyampaikan sesuatu yang tidak jelas, khususnya lagi jika dia tidak sopan, sebaiknya katakan saja bahwa Anda sedang sibuk dan kemudian tutuplah telepon Anda.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.