Tips Memperbaiki Ponsel dengan Aman

Tips Memperbaiki Ponsel dengan Aman

BIBLIOTIKA - Kalau mau menggunakan pemikiran yang mudah, ponsel sebenarnya barang elektronik biasa, sama biasanya dengan kebanyakan barang elektronik lainnya. Hanya saja, ponsel lebih terkenal karena ia menyangkut kebutuhan yang amat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia, yakni komunikasi.

Lebih dari itu, ponsel lebih banyak digunakan orang dibanding barang-barang elektronik lainnya karena ponsel memiliki bentuk serta ukuran yang kecil dan ringkas sekaligus berfasilitas lengkap.

Nah, sebagaimana barang-barang elektronik lainnya pula, banyak orang yang masih awam dengan perangkat ponselnya sendiri. Hampir bisa dikatakan lebih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara kerja mesin ponselnya daripada yang tahu. Akibatnya, ketika suatu hari ponsel yang dimiliki mengalami sedikit masalah atau kerusakan, orang pun kemudian menjadi panik.

Sebenarnya, tidak semua masalah di ponsel merupakan masalah berat. Ada masalah-masalah tertentu yang bisa dibilang sepele, yang seharusnya dapat diperbaiki sendiri dengan cara yang mudah. Namun, karena ketidaktahuan, orang pun seringkali menjadi cepat panik dan memilih membawa ponselnya ke tempat servis untuk membereskannya. Yang menjadi masalah, terkadang, ada tempat servis yang sengaja memanfaatkan ketidaktahuan kliennya untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri.

Bukan cerita baru kalau Anda mendengar ada teman Anda yang mungkin mengalami masalah ringan di ponselnya tapi harus membayar mahal pada tempat servis hanya gara-gara dia tidak tahu apa masalah atau kerusakan yang terjadi di ponselnya.

Karenanya, kalau sewaktu-waktu ponsel Anda mengalami suatu masalah atau kerusakan, tak perlu buru-buru panik dan langsung membawanya ke tempat servis yang tidak jelas. Sebaiknya cobalah cari tahu dulu apa yang sekiranya menjadi masalah atau kerusakan yang terjadi di ponsel Anda. Dengan mengetahui perkiraan masalahnya, Anda pun akan menjadi tahu berapa kira-kira biaya yang nantinya harus Anda keluarkan.

Nah, setelah Anda memiliki pegangan yang cukup pasti mengenai berapa biaya yang perlu Anda keluarkan, Anda pun akan terhindar dari kemungkinan penipuan oleh oknum tukang servis yang tak bertanggung jawab.

Untuk tips-tips yang lainnya, uraian berikut ini bisa Anda gunakan.

Perbaikilah ponsel Anda di tempat servis resmi

Hampir semua merek ponsel telah mempersiapkan tempat-tempat layanan servis resmi yang akan memperbaiki kemungkinan kerusakan yang terjadi pada ponsel produksinya. Kalau kebetulan Anda memiliki garansi atas ponsel milik Anda dan masa garansi tersebut belum habis, maka Anda dapat memanfaatkan garansi tersebut untuk mendapatkan layanan gratis.

Tetapi kalaupun Anda sudah tidak dapat lagi menggunakan fasilitas gratis dari masa garansi, pilihan untuk memperbaiki kerusakan ponsel di tempat servis resmi adalah pilihan yang lebih baik, karena nantinya ponsel Anda akan ditangani oleh orang-orang yang memang ahli di bidang itu, khususnya yang ahli menyangkut merek ponsel Anda.

Mintalah rekomendasi dari orang terpercaya

Kalau memang Anda berada di tempat yang jauh dari layanan tempat servis resmi, atau kalau memang tidak ada tempat servis resmi di kota Anda, maka Anda bisa mendapatkan petunjuk atau rekomendasi dari orang atau teman yang Anda percaya mengenai tempat servis ponsel yang dapat Anda pilih.

Seringkali, bagus atau tidaknya layanan tempat servis ponsel tidak tergantung pada iklan dari tempat servis itu sendiri, melainkan dari orang-orang yang pernah menjadi klien mereka. Kalau orang yang Anda percaya menyatakan bahwa suatu tempat servis menurutnya adalah buruk, hampir dapat dipastikan memang begitu kenyataannya.

Sebaliknya, kalau seseorang yang Anda percaya mengatakan bahwa ia puas dengan layanan dari suatu tempat servis yang pernah digunakannya, maka Anda pun bisa mengikutinya. Lebih bagus lagi kalau orang yang memberi rekomendasi kepada Anda itu merupakan pelanggan tetap dari tempat servis yang ditunjuknya.

Sebutkan orang yang memberikan rekomendasi

Ketika Anda membawa ponsel milik Anda yang rusak ke tempat servis yang Anda pilih, jangan lupa untuk menyebutkan bahwa Anda datang ke tempat servis itu karena direkomendasikan oleh orang yang telah menjadi pelanggan di tempat servis tersebut (sebutkan namanya). Dengan begitu, pihak tempat servis akan tahu bahwa dia dipercaya, sehingga akan berpikir-pikir kalau mencoba menipu Anda.

Mintalah garansi perbaikan

Di tempat-tempat servis resmi biasanya memberikan garansi paska perbaikan jika Anda memperbaiki ponsel Anda di sana. Lamanya masa garansi ini tentu saja tidak selama garansi pembelian ponsel baru, tetapi setidaknya Anda akan terhindar dari kemungkinan kerusakan lagi dalam waktu dekat.

Karenanya, kalaupun Anda mungkin tidak memperbaiki kerusakan ponsel Anda di tempat servis resmi, jangan lupa untuk meminta garansi perbaikan. Jangan sampai Anda jadi repot kembali gara-gara ponsel Anda rusak lagi padahal baru saja diperbaiki satu bulan yang lalu.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.