Tips Memilih Ponsel untuk Modem

Tips Memilih Ponsel untuk Modem

BIBLIOTIKA - Karena internet bisa dibilang telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup, maka banyak orang yang setiap harinya memerlukan terhubung dengan internet, baik melalui internet di rumah, di kantor, di warnet, ataupun di area hotspot. Apakah Anda juga termasuk orang yang seringkali membutuhkan terhubung dengan internet?

Ketika teknologi ponsel juga telah terintegrasi dengan internet, banyak orang yang kemudian menggunakan ponsel untuk dijadikan sebagai modem. Sebagian ponsel pada jaman sekarang memang telah dilengkapi fungsi untuk dijadikan modem, namun sesungguhnya diperlukan beberapa pemahaman tertentu sebelum dan selama menggunakannya.

Penggunaan ponsel sebagai modem memang dapat dibilang sangat praktis. Orang tidak perlu mendaftar ke penyedia layanan internet, tidak perlu membayar biaya langganan, juga tidak perlu repot-repot membeli modem secara khusus. Tarif berinternet pun dapat dibebankan pada pulsa yang ada di ponsel. Apakah Anda saat ini kebetulan tengah berniat membeli ponsel yang secara khusus ingin Anda gunakan sebagai modem?

Nah, agar tujuan Anda menggunakan ponsel sebagai modem bisa lancar dan sesuai dengan yang Anda inginkan, berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda perhatikan.

Pilihlah ponsel yang memiliki jaringan data

Ponsel tidak bisa digunakan atau difungsikan sebagai modem apabila tidak dilengkapi dengan jaringan data. Jaringan data yang ada di ponsel bermacam-macam, ada yang GPRS, EDGE, 3G, HSUPA atau HSDPA, atau bisa pula CDMA. Ponsel-ponsel dengan jaringan data ini telah dilengkapi dengan modem di dalamnya sehingga dapat difungsikan sebagai modem apabila Anda ingin berinternet dengan menggunakan perangkat komputer. Semakin cepat jaringan data yang ada di ponsel tersebut, semakin cepat pula nantinya aktivitas browsing yang Anda lakukan.

Kalau Anda memang menginginkan aktivitas browsing yang cepat, maka ponsel yang memiliki jaringan 3G tentunya lebih cepat dibanding yang hanya memiliki jaringan GPRS. Sementara yang memiliki jaringan data HSDPA lebih cepat lagi dibanding 3G. Karenanya, kalau memang Anda menginginkan proses browsing yang bagus, pilihlah jaringan data yang tercepat.

Tetapi ingat, jaringan data ini juga harus disesuaikan dengan tempat dimana Anda tinggal. Kalau Anda menggunakan jaringan 3G atau HSDPA, misalnya, Anda harus memastikan kalau daerah tempat Anda tinggal telah terjangkau oleh layanan tersebut. Karena walaupun ponsel Anda telah menggunakan jaringan data 3G atau HSDPA, tetap saja fasilitas layanan itu tak bisa Anda peroleh kalau Anda berada di daerah yang memang belum terjangkau oleh layanan tersebut.

Pastikan ada kabel data dalam paket penjualan

Apabila membeli sebuah ponsel yang secara khusus akan difungsikan sebagai modem, maka pastikan ponsel tersebut telah dilengkapi dengan kabel data. Kabel data adalah alat atau sarana yang nantinya akan menghubungkan ponsel Anda dengan perangkat komputer.

Apabila ternyata di dalam paket penjualan ponsel tersebut tidak dilengkapi dengan kabel data, maka pastikan kabel data untuk ponsel tersebut mudah dicari di toko-toko aksesoris ponsel, agar nantinya Anda akan mudah mencarinya.

Selain itu, pastikan pula port yang dibawa kabel data tersebut kompatibel dengan interface komputer kebanyakan. Misalnya, pilihlah yang menggunakan kabel data ber-interface USB karena jenis port ini sangat fleksibel untuk digunakan, baik di komputer, laptop / notebook, ataupun netbook.

Mengapa kabel data ini penting? Karena kabel data adalah sarana yang paling bagus sekaligus paling praktis untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat komputer. Kalau Anda menggunakan infra merah atau bluetooth untuk menghubungkan ponsel dengan komputer, maka komputer Anda harus juga memiliki fasilitas infra merah atau bluetooth.

Selain itu, kabel data akan memungkinkan aktivitas browsing menjadi lebih stabil, jika dibandingkan kalau menggunakan infra merah atau bluetooth.

Pastikan Anda mendapat software penghubung

Apapun jenis ponsel yang akan digunakan sebagai modem, Anda memerlukan suatu software yang sebelumnya akan menghubungkan (memperkenalkan) antara ponsel dengan perangkat komputer Anda. Tanpa software ini, ponsel Anda tetap saja tak dapat bekerjasama dengan komputer meskipun telah difasilitasi kabel data. Software ini biasanya telah disertakan dalam paket penjualan, dan biasanya berbentuk CD software.

Karenanya, apabila Anda membeli ponsel untuk modem, pastikan ada CD software tersebut di dalam peket penjualannya. Apabila ternyata tidak ada, pastikan bahwa Anda dapat men-download software tersebut secara mudah di web resmi milik vendor ponsel tersebut. Web penyedia download software ini juga Anda perlukan apabila sewaktu-waktu software di komputer Anda terhapus atau CD driver Anda hilang.

Idealnya, software yang digunakan untuk menghubungkan ponsel dengan komputer memiliki ukuran yang ringan, sehingga nantinya tidak memberatkan RAM di komputer Anda. Semakin efektif software penghubung ponsel dengan komputer Anda, maka akan semakin cepat pula akselerasi komputer dan hal itu akan memudahkan Anda ketika melakukan browsing.

Perhatikan layanan mana yang terbaik

Ketika Anda menggunakan ponsel sebagai modem, maka stabilnya aktivitas browsing internet Anda akan ditentukan oleh layanan operator yang Anda gunakan, selain pula jaringan data yang Anda manfaatkan. Sebagaimana yang dinyatakan di atas, jaringan data HSDPA tentunya akan lebih cepat dan lebih baik jika dibandingkan jaringan data GPRS.

Namun, selain itu, Anda juga harus memastikan layanan operator mana yang sinyalnya paling baik dan paling stabil ketika digunakan di daerah Anda. Sama seperti ketika menelepon, sinyal dari operator juga akan mempengaruhi aktivitas browsing Anda. Jika sinyalnya stabil, maka aktivitas browsing juga akan stabil. Begitu pula sebaliknya.

Tips tambahan yang perlu diketahui

Selain tips-tips di atas, ada pula beberapa hal yang perlu Anda ketahui apabila menggunakan ponsel sebagai modem. Ponsel yang digunakan sebagai modem biasanya akan menjadi cepat panas.

Karenanya, apabila aktivitas berinternet Anda tidak memakan waktu yang sangat lama, maka menggunakan ponsel sebagai modem memang bukan masalah. Tetapi, apabila Anda biasa berinternet sampai berjam-jam lamanya, apalagi kalau seringkali sampai semalam suntuk, maka menggunakan ponsel sebagai modem akan dapat merusakkan ponsel Anda.

Yang biasanya terjadi, baterai akan cepat panas, khususnya karena kebanyakan ponsel yang dapat difungsikan sebagai modem akan secara otomatis melakukan pengisian daya (charging) ketika ponsel dihubungkan dengan komputer melalui kabel data, sehingga besar kemungkinan mengalami overcharging.

Selain itu, mesin ponsel juga akan menjadi cepat panas. Dalam waktu dekat, panasnya mesin di dalam ponsel tidak akan terlalu bermasalah. Namun apabila hal itu terus-menerus terjadi, atau terjadi terus-menerus dalam waktu yang sangat lama, maka tentunya akan dapat merusakkan ponsel.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.