Tips Hemat Pulsa dan Download Aplikasi

Tips Hemat Pulsa dan Download Aplikasi

BIBLIOTIKA - Untuk dapat menggunakan handphone, kita membutuhkan pulsa. Sedangkan untuk menjalankan berbagai hal di handphone (semisal mengakses internet, menonton film, dll), kita membutuhkan aplikasi. Dua hal itu tidak jarang bikin jengkel. Urusan pulsa kadang bikin pusing karena cepat habis atau boros, sementara urusan aplikasi kadang bikin stres karena proses download yang gagal atau sampai kemasukan virus saat men-download.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, diperlukan langkah-langkah cermat agar pemakaian pulsa dapat lebih hemat dan efektif, dan proses download aplikasi lebih aman. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan.

Tips menghemat pemakaian pulsa

Membatasi Pulsa

Cara yang paling mudah untuk dapat menghemat biaya telekomunikasi adalah dengan cara membatasi pengeluaran untuk pulsa. Untuk Anda yang menggunakan layanan prabayar, pastikan bahwa Anda tidak membeli pulsa di luar budget yang sudah dianggarkan. Sedangkan untuk pengguna layanan pascabayar, Anda bisa meminta operator untuk menentukan limit pulsa perbulannya.

Hemat SMS

Usahakan untuk tidak mengirim SMS-SMS yang tidak penting atau SMS-SMS yang bersifat iseng. Dan kalau memang membutuhkan untuk berkirim SMS, maka usahakanlah untuk menggunakan singkatan-singkatan yang mudah dimengerti untuk menghemat karakter SMS. Sehingga, pengiriman SMS melebihi 2 space dapat dihindari.

Gunakan Instant Messenger

SMS dapat digantikan oleh Instant Messenger. Pembicaraan yang sifatnya berkesinambungan menggunakan akan jauh lebih murah kalau menggunakan IM daripada melalui SMS. Hanya saja, untuk hal yang satu ini Anda wajib mengaktifkan GPRS di handphone Anda terlebih dahulu.

Cermat memilih pperator

Program promosi operator dapat bermanfaat untuk pembicaraan dengan handphone yang menggunakan operator yang sama. Oleh karena itu, usahakan memilih operator yang banyak dipilih oleh orang-orang yang sering Anda hubungi.


Tips mendownload aplikasi secara aman

Jika Anda tidak puas dengan tampilan maupun isi handphone yang Anda miliki, kini banyak cara yang bisa dipakai untuk mempercantik atau memperkaya fitur pada handphone. Ringtones, permainan atau game, gambar dari luar dan lain-lain, bisa saja dimasukkan ke dalam handphone kita. Hanya saja perlu hati-hati, karena tidak semua aplikasi yang beredar di pasaran cocok dengan spesifikasi handphone yang kita miliki. Jika itu terjadi, handphone justru jadi ngadat dan tak nyaman lagi untuk dipakai.

Nah, berikut ini adalah kiat-kiat mendownload aplikasi secara aman untuk handphone Anda:

Cek terlebih dulu platform handphone Anda jika ingin menambah aplikasi game. Apakah Java, ringtone, atau lainnya, karena tidak semua game dapat dimainkan pada sembarang handphone.

Jika ingin mendownload via WAP site, perhatikan tipe handphone dan interkoneksi penyedia konten yang menyediakan game dengan operator lokal yang ada. Tanpa interkoneksi itu, maka tidak mungkin Anda dapat mendownloadnya.

Untuk penggunaan aplikasi yang berasal dari situs tidak resmi (di luar vendor ponsel), sebaiknya cari dulu informasi mengenai spesifikasinya untuk mengurangi risiko jika nantinya terjadi masalah pada handphone.

Jika ingin mendownload aplikasi gambar (logo, screensaver atau wallpaper) dari situs komersial, perhatikan apakah situs telah bekerja sama dengan operator lokal. Nantinya pengiriman aplikasi itu akan memerlukan jasa operator lokal.

Perhatikan tipe file jika ingin mendownload logo atau picture message dengan software picture editor. Biasanya gambar yang dapat diedit bertipe .ngg, .nsl, .bmp, atau .jpg.

Perhatikan ukuran gambar yang hendak didownload agar tidak sering menggantinya karena ukuran yang tidak sesuai.

Perhatikan kapasitas memori handphone karena jika kelebihan dapat menyebabkan hang. Memori yang aman untuk dijalankan adalah sekitar 10 persen dari total ruang penyimpanan.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.