Tips Hemat Berinternet Lewat Ponsel

 Tips Hemat Berinternet Lewat Ponsel

BIBLIOTIKA - Pada jaman sekarang ini, berselancar di internet tidak hanya dapat dilakukan melalui komputer, karena ponsel pun sudah menyediakan sarana dan fasilitas yang sama. Orang sekarang dapat berselancar asyik di internet sambil tidur-tiduran santai dengan hanya menggenggam ponselnya.

Yang mungkin belum terlalu diperhatikan orang sekarang ini adalah perbedaan antara berinternet di komputer dengan berinternet di ponsel. Berbeda dengan berinternet di komputer yang biayanya dihitung berdasarkan lamanya waktu koneksi, maka biaya berinternet melalui ponsel dihitung berdasarkan jumlah data selama koneksi, karena berinternet melalui ponsel menggunakan GPRS.

Karenanya, kalau tidak pintar-pintar menyiasatinya, berinternet di ponsel dapat memboroskan pulsa Anda karena pulsa akan terus tersedot selama Anda terhubung dengan internet melalui ponsel. Terkadang Anda mungkin berpikir belum lama terhubung dengan internet, tetapi kemudian Anda mendapati pulsa Anda sudah berkurang banyak, karena ternyata data yang Anda gunakan berkapasitas besar.

Nah, kalau Anda kebetulan juga suka browsing di internet dengan menggunakan ponsel, tips berikut ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran pulsa.

Jangan gunakan aplikasi web browser

Ponsel-ponsel yang bisa digunakan untuk mengakses internet telah dilengkapi dengan browser bawaan. Browser bawaan asli ponsel ini akan menampilkan halaman web yang memang secara khusus ditujukan untuk ponsel dalam format xHTML. Karena formatnya xHTML (untuk ponsel), maka data yang ter-download pun akan menjadi lebih kecil.

Berbeda halnya kalau Anda menggunakan aplikasi web browser, maka halaman web yang akan ditampilkan akan berformat full HTML, atau secara mudahnya; akan dianggap sama dengan membuka halaman web di komputer. Akibatnya, data yang ter-download pun akan menjadi besar. Akhirnya tentu sudah jelas, pulsa Anda akan tersedot banyak hanya untuk dapat menampilkan halaman web saja.

Karenanya, sebaiknya gunakan saja browser bawaan yang telah disediakan di ponsel Anda. Kalau selama ini Anda sudah terbiasa berinternet di ponsel dengan menggunakan aplikasi web browser, mungkin Anda akan terkejut melihat perbedaan biayanya.

Matikan fungsi penampil gambar

Salah satu content yang sangat besar kapasitas datanya adalah gambar atau foto, juga animasi. Karenanya, kalau Anda memang lebih mementingkan isi daripada gambar, sebaiknya matikan saja fungsi penampil gambar, foto dan animasi di browser ponsel Anda.

Dengan menonaktifkan fungsi penampil gambar dan animasi, tampilan halaman web memang tidak akan sesempurna jika menggunakan tampilan gambar atau animasi, tetapi proses loading akan lebih cepat, dan pulsa Anda pun tidak akan banyak yang tersedot.

Lakukan bookmark jika memungkinkan

Kalau Anda kebetulan menyukai isi sebuah halaman web dan Anda kemungkinan akan melihatnya beberapa kali, lakukan saja bookmark atas halaman web tersebut. Dengan langkah ini, Anda akan menghemat banyak waktu serta biaya nantinya. Dengan melakukan bookmark atas suatu halaman web yang Anda sukai, nantinya Anda akan dapat mengakses halaman web itu kembali tanpa harus terhubung lagi ke internet.

Manfaatkan fasilitas Google

Terkadang, dengan menggunakan browser bawaan ponsel, Anda tidak bisa menemukan suatu alamat situs tertentu. Kalau memang hal semacam itu yang terjadi, manfaatkan saja fasilitas yang ada di search engine Google. Caranya, masuklah terlebih dulu ke web Google, kemudian ketikkan alamat situs yang Anda tuju. Setelah itu Google akan menyuguhkannya kepada Anda.

Cara ini bisa dikatakan efektif, karena biasanya Google juga secara otomatis telah melakukan kompresi atas halaman web yang kita inginkan tersebut, sehingga nantinya kapasitas data halaman web tersebut sudah tidak besar lagi karena telah dikompresi.

Perhatikan ukuran file sebelum download

Kalau Anda menyukai suatu content di suatu halaman web dan ingin melakukan download, sebaiknya perhatikan dan perkirakan terlebih dulu berapa besar kapasitas datanya.

Jika ternyata berukuran besar atau bahkan sangat besar, sebaiknya hindari saja. Pertama, besarnya kapasitas data yang akan di-download itu akan menguras pulsa Anda. Kedua, proses download belum tentu lancar yang mengakibatkan transfer datanya menjadi semakin besar dan semakin menguras pulsa Anda.

Untuk menyiasati hal itu, lakukan saja download melalui komputer, kemudian transfer data tersebut ke ponsel Anda.

Pilihlah operator yang memberikan tarif murah

Meskipun pada saat ini Indonesia telah memiliki cukup banyak operator seluler, namun tidak semua operator tersebut memberikan tarif GPRS yang sama. Ada yang memberikan tarif GPRS murah, sangat murah, mahal, juga sangat mahal. Karenanya, pintar-pintarlah memilih operator yang memberikan tarif yang dirasa murah dengan layanan yang tidak mengecewakan.

Kalau umpama Anda menggunakan kartu dari operator A namun Anda melihat bahwa operator A mengenakan tarif GPRS yang mahal, tak ada salahnya kalau Anda memiliki kartu dari operator lain yang Anda gunakan secara khusus untuk berinternet kalau memang tarifnya lebih murah.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.