Tips dan Panduan Memilih Asuransi

Panduan Memilih Asuransi

BIBLIOTIKA - Produk asuransi yang cukup beragam dari berbagai perusahaan kadangkala membuat calon nasabah sulit untuk menetapkan pilihan. Karenanya, berikut ini adalah kiat-kiat sebelum memutuskan dan menjatuhkan pilihan pada salah satu perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Lebih baik memilih perusahaan asuransi yang telah berpengalaman atau memiliki sejarah cukup panjang yang telah terbukti dari waktu ke waktu dan tidak memiliki masalah besar.

Akan lebih memudahkan jika perusahaan asuransi tersebut memiliki jaringan pelayanan yang luas, terutama tidak jauh dari rumah atau kantor nasabah.

Adanya keseimbangan antara aktiva dengan risiko yang disandang. Harus dihitung aset yang dimiliki perusahaan dengan utang yang menjadi bebannya.

Cermati perbadingan modal yang dimiliki perusahaan dengan risiko yang harus ditanggungnya. Terdapat satu standar yang tercantum dalam SK Menkeu mengenai rasio ini. Info tentang ini bisa dibaca dari laporan surat kabar.

Jika asuransi itu lebih ditujukan untuk individual, lebih baik pilih produk asuransi yang berjangka pendek. Jika memilih yang jangka panjang, prinsip kehati-hatian yang harus diutamakan.

Tentang memiliki asuransi rumah

Asuransi rumah adalah asuransi yang memberikan santunan apabila Anda mengalami risiko terhadap rumah Anda. Berdasarkan perlindungannya, asuransi rumah terbagi dua. Nah, jika ingin mengetahui hal itu, sekaligus mengetahui butuh atau tidaknya asuransi rumah, sebaiknya perhatikan yang berikut ini:

Asuransi Kebakaran: Asuransi ini hanya melindungi rumah Anda dari risiko kebakaran saja.

Asuransi Kepemilikan Rumah: Asuransi jenis ini melindungi rumah Anda terhadap segala risiko yang mengancam rumah Anda, tidak hanya kebakaran. Sebagai contoh, bila rumah Anda tertimpa pohon, kejatuhan pesawat terbang, tertimpa tiang listrik, atau terkena petir.

Asuransi ini juga memberikan perlindungan bila terjadi risiko kebongkaran atau kecurian. Dan terakhir, asuransi ini biasanya juga melindungi si pemilik rumah dari tuntutan pihak ketiga. Contohnya, tuntutan dari seorang tamu yang harus diobati di rumah sakit karena mengalami kecelakaan di rumah Anda.

Premi asuransi rumah biasanya dibayar sekali dalam setahun. Bila tidak terjadi apa-apa dalam setahun, maka kontrak selesai.

Tinggi rendahnya jumlah premi yang dibayar adalah dilihat dari berapa nilai rumah Anda pada saat ini. Preminya sendiri sudah ditentukan, sekian persen atau per-mil (per-seribu) dari nilai rumah Anda. Dengan naiknya nilai properti dari tahun ke tahun, maka premi asuransi Anda juga menjadi meningkat dari tahun ke tahun.

Bila dana Anda terbatas, tidak apa-apa memilih produk asuransi kebakaran saja. Namun demikian, pada umumnya, premi asuransi kepemilikan rumah sendiri sudah cukup murah. Jadi, tanyakan dulu berapa premi asuransinya bila rumah Anda ingin dilindungi dari semua risiko, tidak hanya risiko kebakaran.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.