Tips bila Sinyal Ponsel Terganggu

Tips bila Sinyal Ponsel Terganggu

BIBLIOTIKA - Mungkin Anda sering mengalami masalah ini, meskipun mungkin tidak terlalu merisaukannya. Terkadang Anda mendapati sinyal ponsel Anda kuat (indikator sinyalnya menunjukkan penuh) ketika berada di jalan raya, tetapi kemudian sinyalnya menyusut atau bahkan hilang ketika Anda memasuki rumah. Atau, bisa pula suatu waktu Anda mendapati kehilangan sinyal di ponsel sewaktu berada di suatu tempat, padahal selama ini Anda mendapati sinyal ponsel Anda dalam keadaan penuh.

Naik-turunnya sinyal ponsel semacam itu mungkin belum menjadi masalah ketika Anda belum merasa terganggu. Yang seringkali menjadikan naik-turunnya sinyal sebagai masalah adalah apabila Anda sudah merasa terganggu dengannya, semisal hubungan percakapan melalui ponsel yang tiba-tiba tidak lancar atau bahkan terputus sama sekali gara-gara tidak adanya sinyal, atau ketika Anda menggunakan ponsel sebagai modem dan kemudian mendapati loading internet lamanya minta ampun karena sinyal yang terganggu.

Setidaknya, ada empat faktor yang menjadi penyebab naik-turunnya sinyal ponsel, dan Anda akan bisa melihat akar masalahnya jika telah mengenali faktor-faktor penyebabnya. Uraian berikut ini akan membantu Anda yang selama ini mungkin telah dibuat jengkel oleh ulah sinyal ponsel yang tak pernah jelas.

Faktor operator

Apa operator yang Anda gunakan untuk mengaktifkan ponsel Anda selama ini? Tidak semua operator penyedia layanan mampu memberikan servis sinyal yang sama. Ada sinyal milik operator tertentu yang sangat kuat ketika Anda berada di pusat kota, tetapi kemudian menjadi lemah ketika Anda berada di pedesaan, lalu hilang sama sekali ketika Anda berada di wilayah pegunungan.

Sebaliknya, ada pula sinyal milik suatu operator yang sangat kuat ketika digunakan di daerah pinggiran kota atau pedesaan, tetapi justru menjadi melemah ketika Anda berada di pusat kota.

Jadi, kalau Anda mengalami masalah dengan sinyal ponsel ketika berada di daerah Anda sendiri, cobalah periksa sinyal ponsel milik kawan-kawan Anda yang menggunakan jasa layanan operator lain. Lihat sinyal dari operator manakah yang paling kuat ketika berada di daerah Anda. Kalau memang Anda membutuhkan sinyal yang terus-menerus kuat selama berada di daerah Anda, maka Anda bisa mengganti layanan operator yang Anda gunakan.

Faktor ruangan

Ketika Anda berada di ruangan yang bebas atau terbuka, sinyal akan dengan mudah menjangkau ponsel Anda, dan indikator sinyal di ponsel pun akan menunjukkan tanda penuh. Sebaliknya, ketika Anda berada di ruangan yang tertutup, atau di tempat-tempat yang terhalang oleh tembok-tembok tinggi, sinyal akan melemah dan indikator di ponsel Anda akan menunjukkan tanda bahwa sinyal menurun.

Keadaan dimana Anda berada akan mempengaruhi kuat-lemahnya sinyal ponsel Anda. Bahkan ketika Anda berada di ruangan yang tertutup sama sekali (kedap udara), semisal di studio musik, umpamanya, maka bisa jadi sinyal ponsel akan hilang sama sekali karena sinyal akan kesulitan menjangkau ponsel Anda.

Karenanya, kalau Anda tengah berkomunikasi melalui ponsel dengan seseorang dan kemudian merasakan komunikasi menjadi tersendat-sendat, suara terputus-putus atau bahkan komunikasi menjadi terputus sama sekali, coba lihat sekeliling Anda. Kalau memang ternyata Anda tengah berada di ruangan yang tertutup atau di tempat yang terhalang tembok-tembok tinggi, pindahlah ke tempat lain yang lebih terbuka atau di ruangan yang tak terhalang tembok tinggi untuk melanjutkan komunikasi.

Faktor cuaca

Cuaca yang sedang terjadi juga mempengaruhi kuat atau lemahnya sinyal ponsel Anda. Ketika terjadi hujan atau angin yang besar, misalnya, sinyal ponsel akan menjadi terganggu yang kemudian berakibat menurun atau melemahnya sinyal ponsel.

Anda yang sering menggunakan ponsel untuk dijadikan modem mungkin sudah terbiasa mengalami masalah semacam ini. Ketika keadaan cuaca baik-baik saja, loading internet terlihat cepat atau normal. Tetapi ketika hujan turun, apalagi ketika hujan lebat, loading internet rasanya jadi lambat.

Lambatnya loading internet dipengaruhi oleh melemahnya sinyal di ponsel yang digunakan sebagai modem. Melemahnya sinyal dipengaruhi oleh adanya cuaca yang sedang hujan. Begitu pula kalau misalnya Anda menggunakan ponsel untuk menelepon, maka biasanya komunikasinya pun akan sedikit tersendat karena faktor melemahnya sinyal tersebut.

Faktor kerusakan

Apabila faktor-faktor di atas tidak terjadi namun Anda mendapati sinyal ponsel sepertinya terus melemah, maka bisa jadi masalahnya ada pada ponsel yang Anda gunakan. Ada kerusakan-kerusakan tertentu di ponsel yang dapat menyebabkan penerimaan sinyal menjadi terganggu, sehingga ponsel tidak dapat maksimal menangkap sinyal meskipun Anda berada di ruangan yang terbuka, meskipun cuaca dalam keadaan cerah, dan meskipun teman-teman Anda bisa mendapatkan sinyal dengan baik.

Masalah pertama yang biasanya terjadi pada ponsel hingga sulit untuk dapat menangkap sinyal adalah pada antena ponsel. Karenanya, kalau kebetulan ponsel Anda menggunakan antena eksternal yang bisa dipanjangkan, cobalah gunakan antena tersebut untuk menangkap sinyal.

Tetapi jika antena telah dikeluarkan namun tetap tak berpengaruh, atau kalau memang ponsel Anda tidak dilengkapi dengan antena eksternal, maka jalan paling aman adalah dengan membawa ponsel Anda ke tempat servis untuk diperbaiki.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.