Tips Aman Mendownload Aplikasi untuk Ponsel

Mendownload Aplikasi untuk Ponsel

BIBLIOTIKA - Karena ponsel semakin canggih dan makin terbuka dengan pengayaan fitur serta aplikasi, maka saat ini pun telah banyak pihak yang menyediakan berbagai macam aplikasi yang bisa diperoleh, baik yang berbayar maupun yang gratisan.

Aplikasi-aplikasi yang bisa di-download untuk dimasukkan dan digunakan di ponsel jumlahnya amat banyak dan beraneka ragam. Ada aplikasi games, wallpaper, ringtone, sampai browser dan lain-lain.

Tentu saja tidak semua aplikasi harus diambil dan digunakan, karena tentunya setiap orang memiliki kebutuhan bahkan kesukaan yang berbeda-beda. Tetapi, kalau Anda ingin men-download suatu aplikasi tertentu untuk digunakan di ponsel Anda, tak ada salahnya untuk mencermati beberapa hal berikut ini agar proses download aplikasi tersebut bisa benar-benar aman serta nantinya dapat digunakan sebagaimana yang Anda inginkan.

Lakukan cek platform ponsel

Salah satu aplikasi yang banyak diburu oleh para pengguna ponsel adalah games. Untuk aplikasi yang satu ini, penyedianya pun sangat banyak dan ada begitu banyak games yang dapat dipilih, diambil dan dimainkan.

Hanya saja, yang perlu diingat adalah tidak setiap games dapat dimainkan di sembarang ponsel. Ada games-games tertentu yang hanya bisa digunakan di ponsel-ponsel tertentu, biasanya yang memiliki spesifikasi platform yang sesuai dengan games tersebut.

Karenanya, apabila men-download suatu games dan kemudian ternyata ponsel Anda belum mendukung spesifikasi games tersebut, maka hasilnya bukanlah bersenang-senang dengan games itu, tetapi Anda malah akan bingung karena ponsel jadi ngadat dan games tidak bisa dimainkan. Karena itulah, cek terlebih dulu apakah spesifikasi ponsel Anda memang telah sesuai dengan spesifikasi games yang akan di-download tersebut.

Begitu pula dengan download aplikasi lain, semisal ringtone. Jika ringtone yang Anda download bertipe MP3 namun ponsel Anda masih menggunakan tipe MIDI, maka tentunya ringtone tersebut tetap tak bisa Anda gunakan di ponsel Anda.

Perhatikan interkoneksi ponsel-operator-provider

Suatu hari mungkin Anda membaca sebuah iklan tawaran aplikasi tertentu di suatu media massa yang Anda baca. Kemudian, Anda merasa tertarik untuk men-download aplikasi tersebut, apalagi aplikasi itu ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Nah, untuk melakukan download semacam itu, Anda harus memperhatikan terlebih dulu interkoneksi antara ponsel Anda, operator ponsel yang Anda gunakan, serta penyedia aplikasi tersebut.

Proses download untuk contoh semacam di atas biasanya dilakukan dengan melalui WAP site. Karenanya, apabila tidak ada koneksi antara penyedia aplikasi dengan operator ponsel yang Anda gunakan, maka Anda tidak bisa men-download aplikasi tersebut. Begitu pula, umpama penyedia aplikasi itu terkoneksi dengan operator ponsel Anda, tetapi ponsel Anda sendiri belum mampu menerima aplikasi itu karena spesifikasinya yang berbeda, maka tetap saja Anda belum bisa men-download aplikasi itu.

Jadi, kuncinya, perhatikan apakah ponsel Anda sudah mampu menerima aplikasi yang akan di-download itu, dan apakah operator ponsel Anda terkoneksi dengan provider atau penyedia aplikasi tersebut. Jika semuanya oke, maka proses download nantinya pun juga akan oke.

Sekali lagi, cek spesifikasi

Para vendor ponsel biasanya secara sekaligus menyediakan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan untuk para pelanggannya. Untuk jenis aplikasi yang ditawarkan oleh vendor ponsel ini bisa dikatakan relatif lebih aman karena pihak vendor biasanya telah memperhitungkan spesifikasi ponsel dari para pelanggannya. Mereka yang menciptakan dan memproduksi ponsel itu, dan mereka pun tentunya tahu jenis aplikasi apa yang paling tepat untuk suatu jenis atau tipe ponsel.

Tetapi hal semacam itu seringkali tidak terjadi pada para penyedia aplikasi di luar vendor ponsel. Karenanya, kalau Anda berniat untuk men-download suatu aplikasi di suatu situs yang bukan milik vendor ponsel Anda, maka lakukan cek terlebih dulu terhadap spesifikasi aplikasinya.

Jika Anda terburu-buru melakukan download tanpa melakukan cek atas spesifikasinya, ada kemungkinan ponsel Anda menjadi hang karena tidak mampu menerima aplikasi itu, atau bisa pula mengakibatkan sesuatu yang lebih parah.

Perhatikan tipe file yang akan didownload

Ketidaksesuaian antara tipe file dengan software pembaca file di ponsel akan menjadikan suatu file tidak akan dapat dibaca meskipun file tersebut sudah ter-download sempurna. Umpama, Anda men-download suatu file video berekstensi WMV, sementara ponsel Anda hanya mampu membaca file video yang memiliki ekstensi 3gp. Ketika hal itu terjadi, file yang sudah Anda download tadi tetap saja tidak dapat dibaca atau dinikmati di ponsel Anda karena tipe file yang digunakan berbeda.

Begitu pula dengan jenis-jenis file lainnya, semisal gambar, logo dan lain-lainnya. Umumnya, kebanyakan ponsel hanya dapat membaca gambar atau foto yang berjenis JPG, BMP atau JPEG. Karenanya, kalau kemudian Anda men-download suatu gambar atau foto yang berjenis NSL atau NGG, bisa jadi ponsel Anda tidak bisa membukanya.

Perhatikan kapasitas file dan memori

Orang seringkali men-download suatu gambar atau foto tertentu dengan tujuan untuk dijadikan wallpaper di ponselnya. Nah, masalahnya, seringkali ponsel menolak menjadikan sebuah gambar untuk wallpaper karena gambar tersebut memiliki kapasitas file yang terlalu besar.

Karena itu, kalau tujuan Anda men-download suatu file gambar atau foto tertentu dengan harapan ingin menggunakannya sebagai wallpaper di ponsel, perhatikan terlebih dulu berapa jumlah maksimal kapasitas file yang dapat digunakan untuk wallpaper di ponsel Anda. Jika gambar yang Anda download memiliki kapasitas file yang terlalu besar, ponsel akan menolak menjadikannya wallpaper. Sebaliknya, jika kapasitas file sebuah gambar terlalu kecil, maka hasilnya pun tidak akan bagus ketika dijadikan wallpaper karena gambar akan terlihat buram atau pecah-pecah.

Selain itu, perhatikan juga kapasitas ruang yang tersisa di memori ponsel Anda. Jika Anda men-download suatu file yang berkapasitas besar namun ternyata ruang penyimpanan di memori ponsel tidak mencukupi atau pas-pasan, maka ponsel Anda akan menjadi hang, lamban dalam bekerja, atau bahkan tak bisa dioperasikan sama sekali.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.