Tips Agar Hemat dalam Berasuransi

Tips Agar Hemat dalam Berasuransi

BIBLIOTIKA - Ketika perusahaan asuransi mengajukan suatu daftar harga, maka calon nasabah pun biasanya akan cenderung mengikuti saja pola baku yang ditawarkan tersebut, mungkin karena ketidaktahuan atau mungkin juga karena tak ingin ambil pusing. Apalagi kalau penjelasan yang diberikan oleh pihak pemasaran asuransi tersebut terlalu panjang lebar, sulit dipahami, maka calon nasabah yang awam pun akhirnya manut-manut saja.

Padahal, ketika mengajukan diri untuk mengikuti suatu program asuransi, ada berbagai hal yang dapat dibicarakan dan dirundingkan dengan pihak perusahaan asuransi. Artinya, calon nasabah tidak diharuskan untuk menerima saja semua tawaran yang diberikan itu.

Dengan adanya perundingan tersebut, maka masing-masing pihak pun memperoleh keuntungan yang layak, baik pihak nasabah maupun pihak perusahaan asuransinya. Keuntungan yang diperoleh nasabah tentu saja adalah fasilitas yang layak dengan biaya yang tidak memberatkan.

Nah, untuk dapat menghemat biaya berasuransi, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Sebelum memutuskan suatu pilihan program asuransi, cobalah untuk menghubungi beberapa perusahaan asuransi yang ada di kota Anda. Saat ini telah tersedia cukup banyak produk dan program asuransi yang dapat dipilih.

Apalagi dengan tingkat persaingan yang ketat di antara masing-masing perusahaan asuransi, mereka pun cenderung melakukan berbagai modifikasi atas produk asuransi mereka agar nasabah menjadi lebih tertarik dengan keuntungan yang mungkin dapat diberikan.

Dengan itu, cobalah bandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainya, dan lihat yang manakah yang paling unggul. Tentu saja pembandingan di sini tidak hanya menyangkut berapa jumlah premi yang harus dibayar dalam setiap bulannya, tapi juga tingkat pelayanan dan fasilitas yang dapat ditawarkan. Pilihannya tentu saja lebih baik pada perusahaan asuransi yang memberikan kualitas jasa paling baik.

Naikkanlah batas nilai yang akan Anda tanggung jika sewaktu-waktu terjadi kasus atau masalah, sehingga biaya yang harus dibayar pun akan cenderung menjadi lebih rendah. Namun, jika terjadi kecelakaan kecil, maka kemungkinannya Anda harus menanggungnya sendiri karena tidak mendapatkan biaya dari pihak asuransi.

Setiap kali Anda memiliki informasi terbaru, semisal memiliki anak, pindah rumah, atau menikah, segera kabari pihak perusahaan asuransi Anda.

Untuk asuransi kendaraan; jika kendaraan yang Anda miliki bukanlah jenis kendaraan berkualitas bagus dan relatif baru, dalam hal ini setidaknya harganya tidak sampai Rp. 100 juta, maka lebih baik tidak menggunakan asuransi atas kendaraan tersebut. Namun jika tetap ingin mengasuransikan kendaraan tersebut, maka cobalah untuk memilih biaya pertanggungan yang tidak terlalu besar.

Biasanya, dalam hal ini, pihak perusahaan asuransi akan memberikan penilaian harga dan umumnya juga menetapkan batasan menyangkut jenis kendaraan dan tahun produksinya.

Apabila Anda memiliki asuransi jiwa dan juga mengikuti program asuransi kendaraan bermotor, maka kemungkinan Anda juga harus membayar pula pertanggungan untuk hal yang sama, seperti kecelakaan. Dalam hal ini, cobalah untuk meminta pengurangan biaya premi dengan cara penghilangan pertanggungan ganda tersebut.

Ada perusahaan asuransi yang menawarkan diskon apabila kendaraan yang diasuransikan tersebut masih di bawah batas minimal pemakaian. Coba tanyakan hal ini, khususnya jika Anda termasuk orang yang sering mengadakan perjalanan.

Di kota-kota tertentu yang relatif kecil dan tidak terlalu sibuk, ada kecenderungan biaya asuransi lebih rendah dibanding dengan kota-kota besar yang relatif sibuk atau padat. Karenanya, apabila Anda kebetulan tinggal di kota kecil yang tak terlalu padat, tanyakan kemungkinan atas hal itu.

Perusahaan asuransi biasanya menawarkan sejumlah diskon tertentu. Bisa berbentuk pengurangan atas biaya asuransi bagi nasabah yang mengasuransikan dua kendaraan sekaligus, atau untuk asuransi kendaraan yang tidak mengalami kecelakaan untuk jangka waktu tertentu, atau kalau pengemudi kendaraan tesebut telah berusia lanjut. Cobalah pastikan hal ini, untuk mendapatkan kemungkinan diskon yang ada.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.