Syarat Menjadikan Handphone sebagai Modem

Syarat Menjadikan Handphone sebagai Modem

BIBLIOTIKA - Mengenai jenis handphone yang dapat digunakan untuk dijadikan sebagai modem, maka setidaknya handphone tersebut telah memiliki fasilitas sebagai modem dan GPRS, serta memiliki kartu SIM atau RUIM yang memiliki fasilitas GPRS atau kemampuan mengakses internet.

Handphone yang akan dijadikan sebagai modem juga setidaknya dapat dihubungkan melalui tiga cara, yaitu:

Melalui infra merah

Handphone yang dilengkapi fasilitas modem dan di dalamnya juga ada port infra merah (infra red) untuk koneksi antara komputer dengan handphone tanpa menggunakan kabel. Koneksi ini dapat dilangsungkan dalam radius jarak maksimal satu meter.

Melalui bluetooth

Koneksi handphone dengan komputer tanpa menggunakan kabel, namun menggunakan frekuensi khusus sehingga handphone dapat dihubungkan dengan komputer dalam jarak yang cukup jauh (kurang lebih sejauh sepuluh meter) selama masih terjangkau oleh sinyal bluetooth. Komputer atau laptop yang digunakan pun tentunya juga harus telah mendukung teknologi bluetooth.

Melalui kabel data (data cable)

Kabel data ini akan menghubungkan secara langsung antara handphone dengan komputer atau laptop yang akan digunakan untuk mengakses internet.

Nah, mengenai komputer yang akan digunakan, maka setidaknya komputer tersebut telah memiliki syarat pendukung koneksi berikut ini:

Menggunakan sistem operasi (OS) yang mendukung, sebab tidak semua OS bisa mendukung koneksi internet tanpa ada setting atau instalasi program yang cocok atau sesuai.

Apabila OS sudah cocok atau sesuai, maka kita harus melakukan instalasi komputer tersebut agar dapat mengenali handphone sebagai modem, yaitu dengan mencari driver (penghubung) antara komputer dengan handphone, baik yang sudah ada (default) dalam komputer ataupun dengan cara menginstalnya dengan menggunakan software yang disediakan oleh operator handphone.

Setelah itu, lakukan setting dengan benar. perlu diperhatikan bahwa setting GPRS setiap operator seringkali membedakan jenis handphone dalam settingnya, dan itu akan berpengaruh dalam memilih driver yang cocok.

Cara setting modem handphone pada komputer

Untuk dapat menggunakan handphone sebagai modem, maka kita perlu melakukan setting terlebih dulu pada komputer yang akan digunakan, agar dapat mengenali handphone yang dipakai sebagai modem. Berikut ini adalah contoh setting dengan parameter umum di komputer.

Instalasi kabel data USB

Lakukanlah terlebih dulu instalasi kabel data (tergantung pada jenis kabel data yang digunakan) dengan menggunakan CD installernya pada komputer sebelum memasang kabel data tersebut pada komputer. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Masukkan kabel data pada port USB komputer atau laptop.
  2. Pada Window akan muncul Found Hardware Wizard.
  3. Klik Next.
  4. Pada Window baru yang muncul, klik Continue Anyway.
  5. Setelah selesai, klik Finish.
  6. Akan muncul lagi Found New Hardware Wizard, ketik Next.
  7. Klik Next kembali.
  8. Pada Window baru yang muncul, klik Continue Anyway.
  9. Setelah selesai, klik Finish.
  10. Instalasi kabel data selesai.

Instalasi driver modem

Masukkan CD driver modem ke dalam CD drive, atau lakukan download terlebih dulu pada situs resmi dari handphone bersangkutan. Setelah driver diaktifkan, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Hubungkan komputer dengan handphone dengan menggunakan kabel data.
  2. Masuklah ke Control Panel, dan kemudian pilih Phone and Modem Options.
  3. Klik Add pada tab Modems.
  4. Berilah tanda check pada Don’t Detect My Modem, I Will Select It From a List, lalu klik Next.
  5. Klik Have a Disk.
  6. Klik Browse dan carilah tempat atau folder yang digunakan untuk menyimpan file yang ada di CD atau yang telah di-download tadi, lalu klik OK.
  7. Pilih atau klik file tersebut, lalu klik Next.
  8. Pilih COM port yang terbesar yang tampil di daftar port, lalu klik Next.
  9. Klik Continue Anyway, maka Windows pun akan melakukan instalasi driver modem.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.