Spesies-spesies Hewan Baru yang Unik

sea pig

BIBLIOTIKA - Para ilmuwan terus mencari dan mengeksplorasi hewan-hewan yang selama ini belum dikenal manusia, sehingga jumlah spesies yang ditemukan di bumi ini pun makin bertambah banyak yang diketahui keberadaannya. Di antara berbagai spesies baru yang ditemukan, berikut ini adalah spesies-spesies yang dianggap unik. Sebagian adalah hewan air, sebagian lagi hewan darat. Berikut ini uraiannya.

Sea pig

Sea pig memiliki kaitan erat dengan teripang. Hewan itu memiliki panjang sekitar 4 inci, dan memiliki 10 tentakel seperti kaki yang digunakannya untuk berjalan dan mencari makan di dasar laut.

Dalam menyeleksi makanannya, Sea pig menggunakan indra penciumannya, kemudian menyingkirkan partikel organik dari lumpur dengan mengempis dan menggembungkan tentakelnya. Setelah itu, Sea pig pun akan mulai memakan makanannya yang terperangkap dalam tentakel mereka.

Yeti crab

Yeti crab, atau kepiting yeti, ditemukan pertama kali pada tahun 2005 oleh ahli biologi laut di samudera Pasifik. Hewan itu memiliki bulu-bulu yang mirip Yeti (makhluk mitos yang menjadi legenda di padang salju), sehingga ia pun dinamai kepiting yeti. Habitat hewan unik ini ada di celah hidrotermal laut pasifik.

Viperfish

Viperfish adalah ikan laut yang hidup di perairan tropis dan subtropis. Ukuran tubuhnya bervariasi, antara 12 sampai 24 inci, dan hidup di kedalaman 250 sampai 5.000 kaki. Yang menakjubkan, viperfish mampu hidup hingga 40 tahun. Sementara Guinness World of Record mencatatnya sebagai ikan dengan ukuran gigi terbesar dibandingkan ukuran kepalanya.

Japanese spider crab

Seperti namanya, hewan ini ditemukan di Jepang. Japanese spider crab adalah arthropoda terbesar. Hewan ini memiliki rentang kaki yang panjangnya dapat mencapai 3,6 meter, dan dapat hidup hingga berusia 100 tahun. Habitat hewan ini ada di kedalaman 150-800 meter di lepas pantai selatan pulau Honshu, Jepang.

Giant isopod

Yang menakjubkan dari hewan ini adalah kemampuannya dalam bertahan hidup tanpa makanan hingga lebih dari 8 minggu. Giant isopod hidup di laut yang sangat dalam, yang disebut zona bathypelagic, sekitar 7.020 kaki di bawah permukaan laut. Ukuran panjangnya bisa mencapai 14 inci, dengan tinggi 30 inci.

Chinese giant salamander

Chinese giant salamander hidup di habitatnya yang meliputi sungai dan danau serta pegunungan di Cina. Hewan ini merupakan salamander terbesar yang pernah diketahui. Ia bisa tumbuh hingga 73 inci, dan dapat hidup hingga 80 tahun. Salamander raksasa ini tidak memiliki kelopak mata, sehingga mencari makan dengan bergantung pada sensor tubuhnya untuk mendeteksi getaran di sekelilingnya.

Olm

Olm merupakan organisme air yang hidup di gua-gua berair di bawah tanah. Ukuran tubuhnya sekitar 8 sampai 12 inci. Yang unik, Olm buta sejak lahir, sehingga ia mengandalkan indra penciumannya dalam mencari makanan dan mengenali lingkungannya. Yang lebih unik, hewan ini juga memiliki insang serta paru-paru, meski lebih banyak menggunakan insang untuk pernapasan.

Giant grenadier

Giant grenadier adalah ikan yang merupakan satu-satunya anggota genus Albatrossia yang ditemukan di sepanjang bagian utara Pasifik dari Jepang ke Okhotsk dan laut Bering. Hewan ini dapat tumbuh hingga 7 meter panjangnya, dan hidup hingga berusia 56 tahun.

King of herrings

Dikenal pula dengan sebutan oarfish, King of herrings adalah ikan bertulang terpanjang yang pernah ada. Panjang tubuhnya mencapai 16 kaki, dan pertama kali ditemukan pada tahun 1860 ketika ikan itu terdampar di pantai Bermuda. Habitat ikan itu ada di kedalaman 300 sampai 1.000 meter di bawah permukaan laut, dan sangat jarang muncul ke permukaan.

Angora rabbit

Jika kucing memiliki jenis angora, kelinci pun ternyata juga punya. Seperti namanya, kelinci angora berasal dari Angora, Turki. Ada lima jenis ras kelinci angora, termasuk ras Inggris, ras Jerman, ras Giant, ras Prancis dan ras Satin. Rata-rata berat badan hewan ini sekitar 12 kilogram.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.