Seputar Ponsel yang Perlu Anda Tahu

Seputar Ponsel yang Perlu Anda Tahu

BIBLIOTIKA - Pada saat ini, ponsel atau handphone sudah menjadi semacam ‘kebutuhan pokok’ masyarakat. Kalau pada awal kemunculannya dulu ponsel mungkin masih merupakan barang eksklusif yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu, saat ini ponsel sudah menjadi pegangan siapa pun, dari pemilik perusahaan, pekerja kantoran, sampai loper koran.

Perubahan yang terjadi menyangkut ponsel bukan hanya pada siapa yang memiliki dan menggunakannya, tetapi juga pada tampilan fisik dan perkembangan teknologinya. Kalau beberapa tahun yang lalu mungkin ponsel bisa dikatakan masih lugu—berbentuk besar, berat, dengan desain dan tampilan yang itu-itu saja—maka ponsel pada jaman sekarang sudah sangat cantik, menawan dan stylis, dengan berbagai ragam penampilan yang bermacam-macam.

Perkembangan teknologinya juga tidak kalah dahsyat. Kalau dulu ponsel hanya bisa digunakan untuk bertelepon dan berkomunikasi via SMS, sekarang ponsel bisa digunakan untuk berbicara face to face, untuk mendengarkan musik, memotret, merekam dan menonton video, menyaksikan acara televisi, berinternet dan chatting, sampai pada fungsi-fungsi lain yang bisa dibilang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Penggunaan ponsel yang sudah menjadi barang umum ini pun ikut memicu revolusi dalam hal komunikasi. Sekarang, dengan menggunakan sarana SMS, misalnya, orang dapat mengobrol ringan dengan orang lainnya meskipun jaraknya berjauhan di kawasan pulau yang berbeda. Mudah, murah, sekaligus praktis. Semua orang memiliki ponsel, dan semua orang suka berkomunikasi melalui ponsel.

Menurut The Mobile World, pada akhir tahun 2008 saja, pengguna ponsel di Indonesia bertambah 15,5 juta orang. Padahal, di awal tahun 2008 ‘hanya’ ada 13,5 juta orang pengguna ponsel. Artinya, tidak ada setahun jumlah pengguna ponsel telah bertambah sebanyak 2 juta orang. Pada saat ini, setidaknya sudah ada 170 juta orang Indonesia yang telah menggunakan ponsel.

Kenyataan itu, di satu sisi merupakan kabar yang menggembirakan, karena setidaknya itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cukup akrab dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Namun di sisi lain, kenyataan itu juga menjadi kabar yang buruk, khususnya apabila masyarakat pengguna ponsel tidak mau menyadari dan memahami penggunaannya secara benar.

Sama sebagaimana bentuk teknologi lainnya, ponsel juga membawa efek yang negatif, baik bagi kesehatan, keamanan, kenyamanan ataupun menyangkut hal-hal lain yang bersifat sosial.

Dalam hal kesehatan, misalnya, ponsel dapat mengganggu sel-sel otak manusia akibat radiasi yang dipancarkannya. Dalam hal keamanan, ponsel dapat menjadikan seseorang menjadi korban perampokan atau tindak kejahatan lainnya. Dalam hal kenyamanan, ponsel bisa membuat pemiliknya atau orang lain jadi terganggu. Karenanya, dibutuhkan suatu kesadaran, etika serta pemahaman dari setiap pemilik ponsel untuk dapat menggunakan ponsel miliknya secara baik dan benar, agar perangkat canggih itu benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya.

Di artikel-artikel mendatang, BIBLIOTIKA akan menawarkan banyak tips yang dapat dijadikan sebagai saran, panduan, serta pegangan dalam menggunakan ponsel secara benar, aman dan sehat. Artikel-artikel tips yang diulas dan disampaikan mencakup tips jual-beli, perawatan, penggunaan, penghematan, perbaikan, sampai pada tips seputar etika, keamanan serta kesehatan yang berhubungan dengan ponsel.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.