Problem Seputar SMS dan MMS dan Solusinya

Problem Seputar SMS dan MMS dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar SMS dan MMS, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saya menggunakan kartu IM3 dari Indosat dan sering berkirim MMS. Yang membuat saya heran, mengapa pengiriman MMS ini selalu dibatasi hanya sampai 100 Kb? Itu pembatasan yang dilakukan oleh operator ataukah dari handphone yang saya gunakan? Bagaimana caranya agar saya dapat mengirimkan MMS yang melebihi jumlah 100 Kb?

Solusi:

Pada umumnya, MMS dibatasi hingga hanya sampai 100 Kb dengan alasan faktor kecepatan transmisi data, baik pada pihak pengirim maupun pada pihak penerima. Yang melakukan pembatasan itu adalah handphone yang digunakan, dan bukan pihak operator. Apabila menggunakan handphone jenis PDA, maka data yang dapat dikirimkan bisa mencapai 300 Kb.

Kalau memang ingin mengirimkan data hingga mencapai 100 Kb, disarankan untuk menggunakan fitur e-mail saja daripada MMS.

Problem:

Saya terbiasa menyimpan SMS-SMS penting di handphone yang saya gunakan, dan jumlahnya sudah cukup banyak. Nah, saya ingin berganti handphone dan tak ingin kehilangan SMS-SMS tersebut. Bisakah kalau saya menyimpan SMS-SMS tersebut di dalam MMC agar nantinya dapat saya baca kembali di handphone saya yang baru?

Solusi:

SMS-SMS tersebut dapat dipindahkan ke kartu memori atau MMC, namun tidak bisa dibuka di handphone yang baru. Untuk mengatasi hal itu, solusi untuk melakukan back up SMS adalah menggunakan aplikasi MessageStorager, lalu disimpan di dalam kartu memori dalam bentuk data *txt yang dapat dibuka kembali menggunakan handphone yang baru nantinya.

Problem:

Saya memakai handphone Nokia. Yang menjadi masalah adalah, setiap kali saya menerima SMS atau pesan melalui bluetooth, maka pesan atau SMS tersebut tidak langsung tersimpan ke MMC atau memori eksternal, melainkan selalu masuk ke memori internal. Bagaimana caranya agar pesan yang diterima melalui bluetooth tesebut dapat masuk ke MMC atau memori eksternal?

Solusi:

Caranya mudah, ubah saja setting di MENU, MESSAGING, OPTION, SETTING, OTHER, MEMORY IN USE, lalu pilih STORE MESSAGE TO kartu memori yang digunakan.

Problem:

Ada isu yang menyatakan bahwa handphone BlackBerry dapat digunakan untuk mengirimkan SMS tanpa menyertakan nama / nomor pengirimnya (menyembunyikan identitas pengirim SMS). Apakah benar? Karena saya seringkali mendapatkan SMS yang tidak menyertakan nama atau nomor pengirimnya.

Solusi:

Sebagaimana handphone jenis lainnya, BlackBerry juga tidak dapat menyembunyikan identitas (dalam hal ini nomor) pengirim SMS. Sedangkan SMS-SMS yang nomor pengirimnya tidak terbaca biasanya adalah SMS-SMS yang dikirimkan melalui internet.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.