Problem Seputar Aplikasi Handphone dan Solusinya (2)

Problem Seputar Aplikasi Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar internet-handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saat ini saya sedang tertarik dengan iPhone. Tapi, apa sih sebenarnya kelebihan dari perangkat yang satu ini? Apakah iPhone juga memiliki kekurangan tertentu?

Solusi:

Kelebihan dari iPhone adalah teknologi layar sentuhnya yang tergolong revolusioner, sehingga kontrol menu-menunya menggunakan sentuhan jari tangan. Kemudian Google Maps di dalamnya telah terintegrasi (pada versi yang 3G terdapat GPS, sehingga dapat digunakan secara bersamaan).

Lalu ada menu Stock untuk memantau pergerakan bursa saham, baik lokal ataupun internasional. Ada menu Weather untuk mengetahui kondisi cuaca terkini dan juga lima hari ke depan. Ada pula menu YouTube yang memungkinkan untuk dapat melihat klip-klip video terbaru, dan lain-lain.

Namun, kekurangannya biasanya adalah tidak terdapat memori eksternal, meskipun memori internalnya sudah tergolong besar. Selain itu, bluetooth-nya hanya dapat dihubungkan dengan sesama Mac, tidak dapat mengedit file Office, selain juga untuk mengatur lagu harus memerlukan iTunes.

Problem:

Apa sih perbedaan antara CDMA dengan WCDMA? Kemudian apa pula perbedaan antara internal memory, shared memory dengan embedded memory?

Solusi:

CDMA adalah kependekan dari Code Division Multiple Acces, sedangkan WCDMA adalah kependekan dari Wideband Code Division Multiple Acces. Meskipun sekilas kedua hal tersebut terkesan sama, namun keduanya berbeda. CDMA adalah jenis jaringan, sedangkan WCDMA atau 3G adalah pengembangan dari teknologi GSM.

Kemudian mengenai perbedaan dalam istilah-istilah memory, penjelasannya adalah yang berikut ini:

Embedded memory adalah bukan memori yang berdiri sendiri, melainkan sudah tertanam di dalam sebuah perangkat chipset, misalnya prosesor.

Shared memory adalah penggunaan dari kapasitas memori yang digunakan secara bersamaan, misalnya VGA card 64 MB shared, berarti mengambil memori RAM sebesar 64 MB.

Internal memory adalah kapasitas memori ROM untuk penyimpanan data dan sistem operasi, misalnya memori internal 128 MB, berarti handphone tersebut memiliki memori penyimpanan internal sebesar 128 MB.

Problem:

Kalau kita sedang bertelepon dengan seseorang menggunakan handphone, apakah kita dapat mengetahui lokasi dimana orang tersebut berada? Apakah ada software yang dapat digunakan untuk tujuan itu? Atau adakah provider yang menyediakan layanan itu?

Solusi:

Untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan tersebut, yaitu untuk mengetahui lokasi dimana lawan bicara berada, maka caranya bukan melalui suatu software tertentu, melainkan menggunakan suatu layanan dari provider yang berbasis LBS (Location Based Services) atau lokasi berdasar BTS yang digunakan.

Provider yang pernah memberikan layanan ini adalah ProXL. Nama layanannya adalah ‘Where I Am’.

Problem:

Saya menggunakan handphone merek Sony Ericsson. Saya ingin dapat menghapus atau menghilangkan logo operator yang biasa ada di layar handphone. Bagaimana caranya untuk melakukan hal itu? Apakah ada aplikasi atau software untuk melakukannya?

Solusi:

Tidak ada aplikasi untuk menghilangkan logo operator di layar handphone. Satu-satunya cara untuk dapat melakukannya adalah dengan melakukan modifikasi dalam file flash Sony Ericsson (handphone yang digunakan), namun modifikasi ini tidak dianjurkan atau tidak disarankan.

Problem:

Saya ingin dapat memutar file .avi dan juga .mnv di handphone saya. Aplikasi apa yang dapat digunakan?

Solusi:

Untuk memutar file berekstensi .avi dapat menggunakan aplikasi DivX Player. Jika belum memiliki aplikasi tersebut, dapat men-downloadnya di www.divx.com. Sedangkan format .mnv tidak dapat diputar di handphone karena memang belum ada aplikasinya. File tersebut dapat dijalankan dengan menggunakan komputer.

Problem:

Bagaimana cara menggunakan GPS BlackBerry? Kemudian, dimana saya dapat men-download themes untuk BlackBerry?

Solusi:

Untuk dapat menggunakan layanan GPS di BlackBerry, lakukanlah aktivasi layanan BlackBerry terlebih dulu dengan cara mengirimkan SMS aktivasi (isi SMSnya tergantung pada jenis operator yang digunakan). Barulah setelah itu akan terlihat posisi pengguna dengan layanan GPS.

Untuk mendapatkan Themes buat BlackBerry, dapat men-download di situsnya, yaitu www.blackberry-themes.net.

Baca lanjutannya: Problem Seputar Aplikasi Handphone dan Solusinya (3)

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.