Problem Seputar Aplikasi Handphone dan Solusinya (1)

Problem Seputar Aplikasi Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar internet-handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saya menggunakan handphone yang telah memiliki fasilitas 3G. Kadangkala saya memang menggunakan fasilitas tersebut untuk bertelepon, namun seringkali tidak menggunakannya karena di daerah saya belum terlalu terjangkau fasilitas itu. Hanya saja, saya seringkali tak bisa menonaktifkan fitur 3G tersebut di handphone saya. Akibatnya baterai menjadi boros. Bagaimana cara mudah menonaktifkan fitur 3G di handphone saya?

Solusi:

Secara mudahnya, berikut ini cara untuk memilih jaringan non 3G atau untuk menonaktifkan jaringan 3G. Bukalah Start > Phone > Menu > Option > Settings > Band > Select your network type > pilih GSM. Cara penggunaannya dapat disesuaikan dengan jenis handphone yang digunakan.

Problem:

Saya menggunakan handphone Nokia, dan saya menginstal aplikasi Garmin di dalamnya. Namun, yang membuat saya bingung, mengapa satuan jaraknya berbentuk ‘ft’ dan ‘mi’, padahal saya menginginkan bentuk satuan jarak ‘km’. Selain itu juga tidak ada pilihan bahasa Indonesia-nya. Apakah hal tersebut dapat diubah agar dapat bersatuan jarak ‘km’ sebagaimana yang saya inginkan? Bagaimana pula agar terdapat pilihan bahasa Indonesia?

Solusi:

Mengenai satuan jarak yang membingungkan tersebut, dapat diubah ke satuan jarak ‘km’ dengan cara berikut ini: GARMIN MOBILE XT SETTING > SYSTEM > DISTANCE/SPEED >pilih METRIC.

Sedang mengenai agar pilihan bahasa Indonesia dapat tampil, maka solusinya adalah dengan menginstalnya terlebih dulu, karena hal itu merupakan tambahan dari aplikasi standar yang memang tidak menyediakan pilihan bahasa Indonesia.

Problem:

Saya menggunakan handphone keluaran terbaru, namun saat akan menginstal tema (themes) muncul pesan bahwa sertifikat telah kadaluwarsa. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Solusi:

Munculnya pesan bahwa sertifikat telah kadaluwarsa menunjukkan bahwa tema atau themes yang diinstal tersebut memang sudah lama tanggal pembuatannya. Untuk mengatasi hal itu, caranya adalah dengan mengubah tahun (satu atau dua tahun ke belakang, misalnya 2007 atau 2008) pada handphone yang digunakan sebelum melakukan penginstalan tema atau themes tersebut.

Problem:

Di dalam handphone yang saya gunakan terdapat fasilitas GPS dan A-GPS. Apa sih perbedaan antara GPS dengan A-GPS itu? Dan mengapa pulsa saya berkurang waktu saya mengaktifkannya?

Solusi:

Pada intinya, GPS dan A-GPS itu sama, yaitu untuk menentukan posisi. Yang membedakan keduanya adalah menyangkut data yang diinginkan. Jika GPS (Global Positioning System) hanya menggunakan data dari satelit, maka A-GPS (Assisted-Global Positioning System) menggunakan bantuan koneksi internet yang biasanya melalui GPRS, dan karena itulah kemudian memerlukan biaya (dalam hal ini terpotongnya pulsa).

A-GPS berfungsi untuk dapat membantu pada saat sinyal lemah. Fitur inilah yang membutuhkan pulsa saat digunakan. Namun, jika diinginkan, fitur A-GPS ini biasanya dapat dinonaktifkan.

Problem:

Handphone saya memiliki fasilitas GPS dan saya biasa memanfaatkannya. Namun, akhir-akhir ini GPS pada handphone saya tidak bisa diaktifkan. Apa yang terjadi? Mengapa GPS yang semula baik-baik saja sekarang menjadi tak bisa digunakan?

Solusi:

Yang pertama, pastikan terlebih dulu bahwa Anda berada di tempat yang terbuka, tidak terhalang oleh bangunan-bangunan yang tinggi, pepohonan ataupun cuaca yang mendung. Karena hal-hal tersebut biasanya akan mempengaruhi penerimaan sinyal GPS pada handphone yang digunakan.

Yang kedua, pastikan fasilitas GPS di dalam handphone telah terkunci. Untuk memastikan hal tersebut, bukalah MENU \ GPS \ MAPS \ MAP OPTION \ SATELLITE INFO \ di sini akan ditampilkan lima satelit yang terhubung.

Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar aplikasi GPS di dalam handphone tersebut telah rusak (corrupt). Untuk hal tersebut dapat diatasi dengan memperbaikinya di pusat servis sesuai merek handphone yang dimiliki.

Baca lanjutannya: Problem Seputar Aplikasi Handphone dan Solusinya (2)

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.