Peran Serta Masyarakat Dalam GNOTA

Peran Serta Masyarakat Dalam GNOTA

BIBLIOTIKA - Artikel ini menjelaskan peran serta masyarakat dalam program Gerakan Nasional Orang Tua Asuh atau GNOTA serta latar belakang peningkatan status hukum GNOTA. Untuk memudahkan pembahasan, berikut ini disajikan dalam bentuk tanya-jawab.

Apa peranan masyarakat dalam GN-OTA?

Peranan masyarakat dalam GN-OTA sebagai:

Orang tua asuh, baik secara perorangan maupun kelompok, dan pelaksana pemasyarakatan GN-OTA.

Pengurus Organisasi/Lembaga penyelenggara bantuan anak asuh.

Apa peran masyarakat selaku pelaksana pemasyarakatan GN-OTA?

Masyarakat dapat berperan selaku pelaksana pemasyarakatan GN-OTA dengan cara membantu memberikan pengertian mengenai program GN-OTA dan mengajak warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal serta tempat bekerjanya untuk menjadi orang tua asuh.

Apa yang dimaksud Lembaga Penyelenggara Bantuan Anak Asuh?

Lembaga Penyelenggara Bantuan Anak Asuh adalah Organisasi / Lembaga / Badan / Kelompok Sosial yang dibentuk oleh warga masyarakat dengan tujuan untuk melakukan upaya penghimpunan dan penyaluran bantuan bagi anak asuh.

Apa peran Organisasi/Lembaga Penyelenggara Bantuan Anak Asuh dalam GN-OTA?

Peran Organisasi/Lembaga Penyelenggara Bantuan Anak Asuh adalah:
  1. Menghimpun data identitas anak asuh dan calon anak asuh.
  2. Menghimpun dan menyalurkan bantuan anak asuh.
  3. Memantau perkembangan pendidikan anak asuh.
  4. Mengupayakan kesinambungan bantuan anak asuh, minimal sampai tamat pendidikan dasar 9 tahun.
  5. Mengkoordinasikan data anak asuh dengan Yayasan Lembaga GN-OTA sebagai pusat informasi dan data anak asuh.

Apa latar belakang peningkatan status hukum Lembaga GN-OTA menjadi Yayasan Lembaga GN-OTA?

Latar belakang peningkatan status hukum Lembaga GN-OTA menjadi Yayasan Lembaga GN-OTA adalah:

Kebijaksanaan Pemerintah dewasa ini yang lebih memberikan kesempatan dan mendorong peranserta masyarakat yang sebesar-besarnya dalam penanggulangan masalah sosial.

Akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan jumlah Orang Tua Asuh yang memberikan bantuan berkurang, sementara jumlah Calon Anak Asuh yang memerlukan bantuan makin meningkat.

Lembaga GN-OTA sebagai organisasi sosial yang tidak berbadan hukum, mengalami kesulitan apabila akan mengikat kerjasama dengan pihak lain.

Apa maksud Yayasan Lembaga GN-OTA?

Maksud Yayasan Lembaga GN-OTA adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kepedulian, tanggung jawab sosial dan peranserta masyarakat untuk menjadi orang tua asuh dalam upaya menunjang program Wajib Belajar Pendidikan Dasar.

Bagaimana sifat dan prinsip Yayasan Lembaga GN-OTA?

Sifat organisasi Yayasan Lembaga GN-OTA adalah:
  1. Independen dalam arti Yayasan ini berdiri sendiri.
  2. Koordinatif dalam arti Yayasan ini merupakan wadah koordinasi dalam hal penghimpunan data dan pelayanan informasi yang berkaitan dengan GN-OTA.
  3. Transparan dalam arti Yayasan ini menganut azas keterbukaan, baik mengenai kegiatan maupun pertanggung-jawaban keuangan organisasi.

Prinsip Organisasi Yayasan Lembaga GN-OTA adalah:
  1. Kemasyarakatan, yaitu seluruh kegiatan Yayasan ini dilaksanakan oleh, dari dan untuk kepentingan masyarakat, khususnya dalam rangka menunjang Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar.
  2. Merupakan organisasi nirlaba (tidak mencari keuntungan).

Apa dasar hukum pembentukan Yayasan Lembaga GN-OTA?

Pembentukan Yayasan Lembaga GN-OTA untuk pertama kali disahkan oleh Notaris Dian Pertiwi, SH dengan Akta Nomor 8, tanggal 15 Nopember 1999 tentang Pendirian Yayasan Lembaga GN-OTA di Jakarta.

Dengan berlakunya Undang-undang No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan dan Undang-undang No. 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-undang No. 16 Tahun 2001, maka Yayasan Lembaga GN-OTA telah menyesuaikan dengan undang-undang dimaksud, yaitu merubah Anggaran Dasar Yayasan Lembaga GN-OTA, yang tercantum pada Akta Nomor 3, tanggal 20 November 2006 dan telah diterima dan dicatat oleh Departemen Hukum dan HAM RI tanggal 19 Januari 2007, selanjutnya pada Tambahan Berita – Negara RI tanggal 13 Maret 2007 No 21.
 

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.