Panduan Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi

Panduan Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi

BIBLIOTIKA - Jika Anda mengikuti suatu program asuransi dan mengalami kecelakaan, tentunya Anda perlu tahu serta mengerti tentang peraturan, proses dan bagaimana cara pembayaran klaim dari perusahaan asuransi yang Anda ikuti. Sebagian besar orang malas untuk membaca peraturan polis yang dimiliki.

Pertama-tama, tampaknya Anda harus mengakui hal itu. Kebanyakan orang tidak ingin membacanya. Akibatnya, jika tertimpa musibah kecelakaan, Anda pun tidak yakin dengan langkah yang harus diambil untuk mendapat klaim asuransi.

Sebenarnya, jika Anda teliti, di bagian belakang polis terdapat persyaratan dan peraturan yang secara mendasar harus diketahui pemegang polis. Sehingga bila terjadi sebuah kecelakaan atau masalah lain, Anda tidak perlu bingung.

Coba lihat lembaran polis Anda, bisa ditemukan hal apa saja yang bisa dan dibatasi dalam pembayaran klaim. Tentu perlu diingat, perlu persetujuan dari perusahaan asuransi, karena itu Anda perlu mengerti kebijakan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Seandainya tidak paham, hubungi agen. Ini merupakan jalan teraman. Tanyakan secara detail, hingga Anda bisa berpikir jernih.

Hal-hal yang bisa diambil sebagai langkah awal sehingga tidak membuat Anda kesulitan dalam masalah klaim, terangkum dalam beberapa poin di bawah ini:

Menyimpan informasi berkaitan dengan asuransi mobil yang Anda miliki dalam sebuah tempat penyimpanan khusus. Termasuk formulir yang menyangkut sebuah kecelakaan seperti berkaitan dengan sketsa dari tempat kejadian perkara.

Tetap tinggal di tempat kejadian hingga polisi datang dan tuntas dengan pekerjaannya. Pastikan Anda mengenali dan mendapatkan nama salah seorang (atau beberapa) polisi yang datang. Kemudian terangkan dengan jelas sehingga mereka mendapat informasi dengan lengkap dari Anda. Jangan berasumsi bahwa laporan polisi akan ‘segera membebaskan Anda dari kesulitan’.

Bertukar nama, alamat, nomor SIM dan informasi asuransi dengan pengemudi mobil yang lain yang menjadi pihak ketiga.

Cermati kembali peraturan yang berlaku dari perusahaan asuransi untuk memastikan ganti rugi yang akan Anda terima. Kemudian, buat daftar pertanyaan dan informasi yang ingin diketahui.

Laporkan kecelakaan yang terjadi dengan sedetail-detailnya pada perusahaan asuransi. Sehingga baik Anda maupun pihak ketiga dalam kerusakan yang sekecil apapun yang mungkin diganti akan memperoleh bantuan dari perusahaan asuransi. Bila ini menyangkut kendaraan perusahaan Anda, maka pastikan tempat Anda bekerja pun mengetahui apa yang terjadi.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.