Panduan Menggunakan Handphone sebagai Modem

Panduan Menggunakan Handphone sebagai Modem

BIBLIOTIKA - Pada masa sekarang ini, handphone sudah menjadi semacam solusi bagi banyak kebutuhan akan teknologi informasi. Kalau dulu penggunaannya hanya sebatas untuk komunikasi suara, maka sekarang sudah benar-benar multi media.

Setelah handphone mengenal teknologi pengiriman tulisan atau teks (SMS), kemudian teknologi pengiriman data yang cukup besar, semisal gambar (MMS), maka sekarang handphone sudah menjadi multimedia yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data dalam kapasitas yang relatif besar. Di era inilah kemudian handphone mulai dijadikan sebagai piranti untuk mengakses internet.

Penggunaan handphone sebagai sarana untuk mengakses internet ini merupakan sebuah teknologi yang brilian karena sangat praktis, cepat dan murah. Apalagi rata-rata kecepatannya dalam akses internet bisa dikatakan lebih cepat dibanding akses melalui ISP.

Lebih dari itu, orang pun memiliki banyak pilihan dalam menggunakan handphone sebagai media untuk mengakses internet ini. Kita bisa memilih teknologi GPRS (General Radio Packet Service) yang merupakan versi lebih maju dari jaringan GSM (Global System for Mobile Communication), sebagai wahana untuk mengakses internet di jaringan seluler. Semua operator yang ada di Indonesia pun bisa dibilang telah mengadopsi layanan ini.

Belum lagi kehadiran teknologi baru berbasis CDMA 2000 1x yang dianggap lebih unggul dalam hal akses paket datanya. Dengan layanan PDN (Packet Data Network), semacam GPRS pada GSM, beberapa operator mulai menjagokan layanan CDMA ini.

Keunggulan GPRS adalah karena jaringan GSM yang sudah begitu luas di Indonesia. Sementara keunggulan CDMA 2000 1x adalah kecepatan akses datanya yang lebih cepat dan biayanya yang lebih murah. Hanya saja, untuk jenis CDMA ini, bisa dikatakan kalau jangkauannya masih terbatas. Jadi kedua-duanya merupakan pilihan yang menarik, karena memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri.

Secara umum, kalau kita ingin mengakses internet, maka kita pun setidaknya membutuhkan tiga perangkat sekaligus, yaitu telepon, komputer dan modem. Telepon digunakan untuk mendapatkan sambungan atau hubungan dengan internet, komputer digunakan untuk mengakses data yang diinginkan, sementara modem berfungsi sebagai penghubung keduanya.

Nah, sekarang, dengan adanya handphone yang telah multi media, maka kita pun tidak perlu lagi repot memikirkan hal-hal itu. Sekarang, cukup dengan sebuah perangkat komputer dan handphone saja, maka kita pun sudah dapat mengakses internet. Bahkan, kalau mau mengakses internet di handphone, kita pun hanya perlu satu perangkat saja, yaitu handphone, karena sudah ada modem default di dalamnya.

Koneksi handphone sebagai modem

Bagaimana kalau mau mengakses internet di komputer dengan menggunakan handphone? Seperti yang telah dijelaskan di bab sebelumnya, kita dapat mengakses internet di komputer dengan menggunakan handphone sebagai penangkap sinyal internet. Namun lebih dari itu, kita pun juga dapat sekaligus menggunakan handphone sebagai modem, sehingga kita tidak lagi memerlukan modem konvensional.

Sebagaimana cara menggunakan handphone yang dikoneksikan ke komputer untuk tujuan mengakses internet, maka koneksi handphone dengan komputer untuk tujuan dijadikan sebagai modem pun bisa menempuh tiga cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan infra merah yang dapat menghubungkan handphone dengan komputer tanpa kabel. Cukup didekatkan saja kedua kutub infra merah dalam radius jarak satu meter, maka kedua perangkat ini pun akan terkoneksi.

Cara kedua adalah dengan menggunakan kabel data (data cable). Ada dua jenis kabel data, yaitu kabel data serial dan kabel data USB. Penggunaan media ini tentu saja dengan cara menghubungkan handphone dengan komputer yang dikoneksikan melaui kabel data ini.

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan bluetooth, yaitu koneksi tanpa kabel (nirkabel) yang menggunakan frekuensi khusus, sehingga handphone dapat diletakkan pada jarak yang cukup jauh dari komputer untuk dapat tetap terhubung.

Proses setting GPRS dan koneksi GPRS ke komputer atau laptop juga relatif sama dengan cara setting internet biasa. Yang mungkin agak berbeda hanyalah, pada jenis handphone tertentu, diperlukan driver khusus yang harus diinstal ke dalam komputer. Namun, pada jenis handphone lainnya, cukup menggunakan driver modem standar yang sudah ada di dalam komputer (default).

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.