Panduan Memilih Kartu untuk Handphone

Panduan Memilih Kartu untuk Handphone

BIBLIOTIKA - Saat ini, para pengguna handphone di Indonesia dihadapkan pada beberapa jenis kartu layanan telepon selular. Setidaknya ada sepuluh jenis kartu yang saat ini beredar. Mana yang terbaik dan harus dipilih?

Bicara tentang kartu layanan handphone, sebenarnya tidak ada satu kartu pun yang terbaik bagi semua orang. Satu kartu yang menurut seseorang sangat menguntungkan belum tentu menguntungkan pula bagi orang lain. Oleh karena itu, berikut ini beberapa pertanyaan yang mungkin membantu Anda dalam memutuskan harus menggunakan kartu yang mana.

Seberapa tinggi mobilitas Anda?

Jika Anda seorang profesional yang memiliki mobilitas tinggi hingga jarang berada di satu tempat, sementara Anda terus-menerus berkomunikasi suara dan data dengan pihak lain, mungkin akan lebih baik jika Anda menggunakan kartu pascabayar. Anda tentu tidak ingin khawatir tidak dapat melakukan komunikasi karena pulsa yang tinggal sedikit, bukan?

Seberapa sering Anda berada di luar kota?

Tidak semua operator selular membebaskan biaya roaming. Jika Anda tipe orang yang sering bepergian ke luar kota, tidak ada salahnya bila Anda menggunakan jenis kartu yang menawarkan bebas biaya roaming untuk kawasan nusantara.

Seberapa sering Anda melakukan hubungan internasional dengan menggunakan handphone?

Biaya pulsa sebaiknya dipertimbangkan ketika memilih kartu layanan. Beberapa kartu, misalnya, mungkin menawarkan pulsa lokal yang lebih tinggi daripada operator lainnya. Namun bila Anda sering melakukan hubungan internasional dengan menggunakan handphone, pilihlah kartu yang menawarkan pulsa yang lebih rendah daripada operator lain.

Seberapa kuat dukungan finansial Anda?

Jika Anda termasuk tipe pemboros dan ingin menjaga agar kantong Anda tidak kebobolan untuk membayar pulsa handphone yang membengkak, sebaiknya Anda memilih jenis kartu prabayar. Dengan jenis kartu ini, Anda bisa menentukan seberapa banyak uang yang rela Anda keluarkan perbulan untuk pulsa handphone.

Dimana Anda sering berada?

Kekuatan sinyal tiap kartu layanan berbeda-beda tergantung dari posisi kita. Di posisi A, misalnya, sinyal yang diterima kartu X lebih kuat dibanding kartu Y. Namun di posisi B, justru kartu Y yang memiliki daya tangkap lebih kuat daripada kartu X. Oleh karena itu, lakukan sedikit riset dengan bertanya kiri-kanan mengenai kemampuan daya tangkap sinyal tiap kartu layanan di daerah yang sering Anda kunjungi.

Kartu apa yang banyak dipakai oleh orang-orang terdekat Anda?

Sebaiknya Anda menggunakan kartu yang sejenis dengan kartu yang dipergunakan orang-orang terdekat Anda. Apakah itu keluarga, teman, atau rekan sekantor. Sebab, jika Anda memiliki kartu yang sama, Anda akan lebih menghemat pengeluaran saat bertelepon, karena biasanya tarif bicara antar kartu yang sama lebih murah dibandingkan dengan tarif bicara antar kartu yang berbeda.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.