Panduan Memilih dan Membeli Ponsel Teve

Membeli Ponsel Teve

BIBLIOTIKA - Pesawat ponsel memang makin canggih dan fiturnya kian lengkap dari waktu ke waktu. Salah satu fitur unggulan yang sekarang banyak dicari orang adalah fitur teve analog, dimana sebuah ponsel dapat digunakan untuk menangkap siaran televisi secara analog, sehingga orang pun dapat menikmati acara dan siaran televisi dimana pun, kapan pun dan dalam kondisi apapun.

Berbeda dengan pesawat televisi konvensional yang mengharuskan suatu tempat atau ruangan tersendiri untuk dapat menikmatinya, ponsel teve dapat dinikmati dengan cara yang lebih fleksibel.

Anda juga tertarik untuk membeli ponsel yang dilengkapi dengan teve? Pada saat buku ini ditulis, ponsel teve masih didominasi oleh merek lokal (ponsel produksi Cina yang diberi merek lokal). Karenanya, pilihan atas ponsel teve pun terbatas hanya pada ponsel-ponsel tersebut.

Berikut ini adalah panduan untuk memilih ponsel teve yang tepat, sehingga Anda akan puas menikmatinya.

Siapkan anggaran yang cukup

Di pasaran saat ini ada berbagai merek dan jenis ponsel teve yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi, dari yang paling murah sampai yang paling mahal.

Tentu saja mahal tidaknya harga ini akan berbanding lurus dengan fasilitas yang ada di ponsel tersebut, khususnya pada fitur teve analognya. Karenanya, jangan buru-buru kepincut dengan ponsel teve yang berharga murah jika kemudian hanya akan membuat Anda menyesal karena hasilnya tidak sesuai dengan harapan Anda.

Lakukan cek siaran teve saat membeli

Karena tujuannya adalah untuk mendapatkan ponsel teve yang bagus, maka hal penting yang harus diperhatikan tentunya adalah fitur teve analognya. Karenanya, pastikan Anda mengecek fitur teve pada ponsel tersebut dan pastikan siaran yang ditangkapnya benar-benar jelas, setidaknya tidak membuat mata lelah saat menontonnya. Mintalah penjualnya untuk melakukan setting atas tunner teve di ponsel tersebut, kemudian jalankan fitur tevenya.

Tentu saja siaran televisi di ponsel akan berbeda dengan siaran televisi di rumah yang menggunakan pesawat televisi konvensional. Kalau pesawat televisi di rumah menggunakan antena outdoor, teve di ponsel hanya dilengkapi dengan antena kecil. Karena itu wajar saja kalau hasil tangkapan siaran teve di ponsel tidak sejelas hasil tangkapan siaran teve di rumah.

Tetapi, ada cara pembandingan yang cukup bagus mengenai hal itu. Ingatlah stasiun televisi mana yang dapat ditangkap secara bagus di televisi rumah hanya dengan menggunakan antena internal. Kemudian bandingkan dengan hasil tangkapan siaran yang Anda lihat di teve ponsel. Kalau hasilnya sama, artinya kualitas teve di ponsel itu memang bagus. Namun jika tidak (hasilnya lebih buruk), maka artinya Anda tidak akan bisa menikmati teve di ponsel tersebut secara baik.

Perhatikan kapasitas resolusi layarnya

Pada umumnya, ponsel-ponsel yang dilengkapi dengan fitur teve memiliki ukuran layar sekitar 2 sampai 3 inci. Ukuran layar ini tidak bisa semata-mata menjadi patokan untuk menentukan apakah ponsel itu layak dipilih atau tidak, karena Anda juga harus memperhitungkan berapa besar kapasitas resolusinya.

Bisa saja sebuah ponsel memiliki layar berukuran besar, namun kapasitas resolusinya kecil. Akibatnya, hasil gambar yang ditayangkan akan tampak buram dan melelahkan saat ditonton. Sebaliknya, ada pula yang menggunakan layar kecil tetapi memiliki kapasitas resolusi yang besar.

Idealnya, Anda memilih layar yang berukuran besar, dengan kapasitas resolusi yang sama besarnya. Makin besar resolusi layarnya, makin baik dan makin jernih hasil gambarnya.

Pilihlah yang dilengkapi sensor gerak

Pada saat ini sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan sensor gerak yang akan memudahkan kita dalam menggunakan aneka fitur di dalam ponsel tersebut, termasuk fitur televisi. Kalau memang memungkinkan, pilihlah ponsel teve yang juga dilengkapi dengan sensor gerak, agar nantinya Anda akan lebih mudah dalam mengoperasikan teve di ponsel tersebut.

Dengan adanya sensor gerak, Anda akan dapat leluasa menonton teve dalam posisi potrait ataupun landscape tanpa harus memencet suatu tombol tertentu. Cukup gerakkan ponsel ke posisi yang Anda inginkan, maka tampilan layar pun akan ikut menyesuaikan.

Akan lebih bagus lagi kalau ponsel teve yang Anda pilih tersebut juga dilengkapi dengan sandaran khusus di bagian belakang ponsel, sehingga nantinya Anda tidak perlu memeganginya selama menonton televisi di ponsel. Dengan adanya sandaran khusus, Anda tinggal meletakkannya dan menontonnya dengan nyaman.

Ingatlah kapasitas baterai dan cadangannya

Karena siaran televisi membutuhkan daya atau energi yang besar, maka tentunya juga membutuhkan pasokan energi yang sama besarnya. Dan energi itu disuplai dari baterai di ponsel. Karenanya, apabila baterai yang digunakan memiliki kapasitas yang kecil, besar kemungkinan baterai akan seringkali kehabisan daya. Untuk itu, pilihlah baterai yang memiliki kapasitas daya yang besar, lebih bagus lagi kalau dalam paket penjualan ponsel itu juga dilengkapi dengan baterai cadangan.

Kebanyakan ponsel teve pada masa sekarang ini bukan hanya telah dilengkapi dengan baterai cadangan, tetapi juga telah dilengkapi dengan desktop untuk melakukan charge baterai secara mandiri.

Jadi, dengan fasilitas ini, Anda akan dapat meng-charge baterai tanpa harus memasukkannya terlebih dulu ke dalam ponsel. Dengan cara seperti ini, Anda akan selalu dapat menikmati siaran teve di ponsel tanpa harus khawatir kehabisan baterai di tengah siaran karena telah mempersiapkan baterai cadangannya.

Pastikan ada tempat servis resmi di kota Anda

Karena ponsel teve merupakan perangkat multimedia yang rumit, maka tidak semua tempat servis dapat menangani kerusakan yang mungkin timbul dari ponsel jenis itu. Karenanya, pastikan di kota Anda atau di dekat kota Anda ada tempat servis resmi atas merek ponsel teve yang Anda beli tersebut, agar bila suatu waktu ponsel Anda mengalami gangguan, Anda tidak terlalu repot untuk membereskannya.

Tips tambahan:

Selain ponsel teve analog, ada pula jenis ponsel teve yang disebut sebagai ponsel DVB (Digital Video Broadcasting). Ponsel DVB juga dapat digunakan untuk menonton siaran teve, tetapi ada perbedaan yang sangat besar antara ponsel DVB dengan ponsel teve analog.

Kalau ponsel teve analog dapat digunakan untuk menonton siaran teve tanpa harus mengeluarkan pulsa, maka ponsel DVB dapat menyiarkan siaran televisi, hanya saja secara digital atau streaming. Untuk hal itu tentu saja dibutuhkan sejumlah pulsa untuk dapat mengaksesnya. Karenanya, jangan sampai salah beli ponsel teve jika Anda tak ingin kebobolan pulsa.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.