Panduan Memilih dan Membeli Ponsel Baru

Memilih dan Membeli Ponsel Baru

BIBLIOTIKA - Pada saat ini, setiap bulan selalu saja ada ponsel baru yang diproduksi dan ditawarkan ke konsumen. Setiap bulan ada berbagai macam media yang terbit dan mengupas seluk-beluk ponsel serta memperkenalkan aneka macam ponsel yang baru muncul, yang sedang tren, dan lain-lain. Kalau pada masa dulu orang seringkali kebingungan memilih ponsel karena minimnya pilihan, maka pada masa sekarang orang justru merasa kebingungan memilih ponsel yang ingin dibeli karena terlalu banyaknya pilihan.

Nah, kalau pada saat ini Anda kebetulan ingin membeli sebuah ponsel baru dan Anda masih merasa bingung untuk memilih ponsel yang mana dari merek apa dan yang bertipe seperti apa, panduan berikut ini akan mengurangi kebingungan Anda.

Tentukan kebutuhan dan sesuaikan dengan anggaran

Pertama, tentukan terlebih dulu kebutuhan Anda menyangkut ponsel yang ingin Anda miliki. Apa yang paling Anda butuhkan dari sebuah ponsel? Untuk bertelepon? Untuk berkirim SMS? Untuk menjadi asisten digital yang akan mengingatkan jadwal kerja dan aktivitas keseharian Anda? Untuk memudahkan browsing internet? Ataukah untuk keperluan mengikuti mode dan tren?

Semua tujuan itu sah-sah saja, karena Anda memang memiliki hak untuk menentukan tujuan dari apa yang akan Anda lakukan. Karenanya, setelah Anda memutuskan tujuan dari keinginan Anda untuk membeli sebuah ponsel, maka langkah selanjutnya menjadi mudah. Anda tinggal menyesuaikan jenis ponsel yang akan Anda beli tersebut dengan tujuan Anda yang terpenting.

Kalau memang tujuan terpenting Anda menyangkut ponsel hanyalah untuk bertelepon dan berkirim SMS, maka ponsel standar sudah cukup. Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli ponsel yang dilengkapi kamera, pemutar musik, web browser dan lain-lain.

Begitu pun, kalau tujuan terpenting Anda menyangkut ponsel adalah untuk keperluan penampilan, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari ponsel yang memiliki tampilan fisik menawan, meskipun mungkin memiliki fitur yang minim. Atau, kalau Anda membutuhkan ponsel dengan tujuan untuk dapat digunakan memotret secara mudah, maka pilihan Anda adalah ponsel yang memiliki kapasitas piksel besar pada fitur kameranya, meskipun mungkin tampilan fisik ponsel tersebut tidak istimewa atau biasa-biasa saja.

Selain menentukan pilihan dan menyesuaikan dengan ponsel yang akan dibeli, Anda juga harus menyesuaikannya dengan anggaran yang akan dibelanjakan untuk pembelian ponsel tersebut. Karena sia-sia saja menentukan suatu ponsel tertentu kalau kemudian anggaran Anda ternyata tidak mencukupi. Jadi, kuncinya di sini adalah tentukan terlebih dulu pilihan Anda, lalu carilah ponsel yang sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda.

Carilah referensi atas ponsel yang dipilih

Setelah menentukan tujuan pembelian ponsel, langkah selanjutnya adalah mencari ponsel yang sesuai dengan tujuan itu, serta juga yang sesuai dengan jumlah anggaran Anda. Untuk mengetahui ponsel apa yang sekiranya cocok dengan prasyarat tersebut, Anda bisa menanyakannya kepada kawan-kawan yang sekiranya mengetahui, atau mencari referensi melalui media-media yang mengupas masalah ponsel.

Nah, kalau kemudian Anda telah menemukan beberapa ponsel yang sekiranya dapat Anda pilih, ada baiknya kalau Anda juga mempelajari masing-masing ponsel tersebut untuk menentukan mana yang paling baik untuk dibeli. Seringkali sebuah ponsel memiliki kisaran harga yang sama namun memiliki fasilitas dan kelengkapan fitur yang berbeda. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kemudian, pelajari pula kemungkinan harga jualnya nanti jika Anda ingin menjualnya kembali. Hal ini khusus untuk Anda yang suka berganti ponsel setelah beberapa bulan. Sebuah merek ponsel tertentu terkadang memiliki harga jual kembali yang tinggi, namun ada merek ponsel tertentu lain yang langsung jatuh harganya setelah beberapa bulan diluncurkan.

Tentukan tempat pembelian dan lakukan tes

Di kota Anda pasti ada banyak tempat yang menjual ponsel, dari yang berskala besar sampai yang kecil-kecilan. Di antara begitu banyaknya penyedia dan penjual ponsel, pastilah ada satu atau beberapa yang paling terkenal dan didatangi oleh banyak orang, mungkin karena fasilitas layanannya, mungkin karena selisih harga yang diberikan, atau bisa pula karena hal-hal lainnya.

Kalau Anda merasa ragu ingin membeli ponsel di tempat mana, ada baiknya kalau Anda langsung mendatangi toko-toko penjual ponsel dan bandingkan harga serta pelayanan mereka. Namun, jika Anda tak ingin repot, minta saja rekomendasi teman yang Anda percaya mengenai tempat yang bagus untuk membeli ponsel, lalu datangilah tempat itu. Akan lebih bagus kalau tempat tersebut masih dalam kota tempat Anda tinggal.

Kemudian, setelah Anda menemukan ponsel yang tepat di tempat yang telah Anda pilih, lakukan tes atas ponsel tersebut di tempat itu. Jangan lupa untuk menyiapkan SIM card dari rumah agar nantinya dapat digunakan untuk mengaktifkan ponsel yang akan Anda beli. Yakinkan bahwa ponsel tersebut bisa diaktifkan dan dapat dioperasikan dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk membayarnya.

Jangan lupa pastikan mendapatkan garansi

Garansi adalah sesuatu yang penting untuk setiap pembelian barang elektronik, termasuk pembelian ponsel. Ketika Anda membelinya, jangan lupa untuk memastikan bahwa ponsel baru yang Anda beli tersebut dijamin dengan sebuah garansi resmi.

Dengan adanya garansi resmi, Anda akan terbebas dari kebingungan kalau sewaktu-waktu ponsel baru Anda mengalami gangguan, masalah ataupun kerusakan tertentu, karena masih ada jaminan garansi yang akan membereskan masalah ponsel Anda. Itulah mengapa, sebagaimana yang disinggung di atas, ada bagusnya kalau Anda membeli ponsel di dalam kota tempat Anda tinggal, agar bila sewaktu-waktu Anda butuh mendatangi kembali tempat tersebut, Anda tidak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh

Setelah Anda memutuskan untuk membeli ponsel tertentu yang Anda inginkan, jangan buru-buru membawanya pulang. Lakukan cek terlebih dulu secara menyeluruh atas ponsel baru tersebut. Pertama, lakukan cek atas segel hologram pada dus pembungkus ponsel. Kalau memang segel tersebut baru dibuka ketika Anda akan membelinya, maka artinya dus ponsel tersebut benar-benar belum pernah dibuka dan itu artinya pula ponsel Anda terjamin baru.

Kemudian lakukan pengecekan atas kelengkapan dari pembelian ponsel tersebut, semisal CD driver, aksesoris (headset, handsfree, baterai, dll), kartu garansi, buku manual, dan yang lainnya. Jika ada sesuatu yang menurut Anda kurang lengkap atau kurang beres, jangan ragu untuk menanyakannya pada pihak penjual.

Nah, kalau memang semuanya lengkap dan beres, maka Anda sudah bisa membayar ponsel baru itu dan membawanya pulang.

Tersedia banyak e-book bermanfaat yang bisa Anda miliki
Baca penjelasannya di sini.